Mengenal Jason David Frank, Sang Ranger Hijau Legendaris! (Part I)

Ini dia salah satu penampilannya sebagai Ranger Hijau sekitar dua tahun lalu. (doc. Saban)

Jason David Frank. Beberapa di antara kamu pasti familiar dengan nama itu. Kalau pun nggak, pasti semua tahu Tommy Oliver si Ranger Hijau (dan Putih) dari serial Mighty Morphin Power Rangers kan? Yap, Jason David Frank adalah aktor dari Tommy Oliver dalam serial “original” Power Rangers 24 tahun lalu.

Pria kelahiran 1973 ini disebut-sebut sebagai Ranger paling terkenal sepanjang masa, dengan total penampilan 242 episode sejak 1993-1997, 2004, dan 2013. Nggak cuma itu, dia juga berperan dalam Mighty Morphin Power Rangers: The Movie (1995), Turbo: A Power Rangers Movie (1997), dan belum lama ini tampil sebagai cameo dalam Power Rangers (2017) bersama Amy Jo Johnson (Kimberly). Pasti pada penasaran kan gimana ceritanya JDF bisa jadi Ranger paling ngetop?

Awalnya ingin jadi Ranger Merah

Jadi begini ceritanya. JDF awalnya ikut audisi MMPR sebagai Jason, Ranger Merah, tapi sayangnya dia gagal dan peran itu jatuh ke Austin St. John. Nggak lama kemudian, dia coba lagi ikut audisi dan kali ini berhasil, dia secara resmi di-cast sebagai Tommy Oliver sang Ranger Hijau dan tampil perdana pada episode 17 yang berjudul Green with Evil, Part I: Out of Control.

Uniknya, karakter Tommy Oliver awalnya cuma bakal nongol 10 episode. Namun, karena Tommy ternyata berhasil menarik perhatian penonton, akhirnya karakter tersebut terus diperpanjang sampai akhir musim pertama.

Pada masa itu JDF sebenarnya juga udah direkrut sebagai pemeran utama untuk serial VR Troopers, serial Saban lainnya yang mengadaptasi Metalder, Spielban, dan Shaider; bahkan udah sempat syuting buat episode pilot. Tapi akhirnya batal karena JDF ditarik balik ke MMPR Season 2, masih sebagai Tommy Oliver yang dapet kekuatan baru, kekuatan Ranger Putih.

Setelah 3 musim MMPR, kisah JDF sebagai Tommy Oliver masih berlanjut ke Power Rangers Zeo (1996) sebagai Red Zeo Ranger, dan lanjut lagi ke Power Rangers Turbo (1997) sebagai Red Turbo Ranger pertama. Nah, pada pertengahan Power Rangers Turbo, JDF dan 3 aktor lainnya akhirnya digantikan dengan aktor-aktor baru.

Jason David Frank dan kawan-kawan dalam perannya sebagai Power Rangers Zeo. (doc. Saban)

JDF baru kembali lagi ke serial Power Rangers pada 2002, tepatnya pada episode Forever Red dalam serial Power Rangers Wild Force. Episode tersebut menceritakan para Ranger Merah dari berbagai generasi harus menyatukan kekuatan buat melawan sisa-sisa Machine Empire, musuh dalam serial Power Rangers Zeo.

Setelah itu JDF bergabung dalam cast serial Power Rangers Dino Thunder, masih sebagai Tommy Oliver, tapi dalam serial ini selain menjadi Black Dino Ranger. Ia juga berperan sebagai mentor bagi para Rangers yang baru. Penampilan terakhirnya sebagai Tommy Oliver/Ranger Hijau ada dalam serial Power Rangers Super Megaforce (2014) yang menjadi perayaan 20 tahun franchise Power Rangers.

Tampil sebagai Ranger juga di sebuah webseries

JDF juga sempat muncul sebagai Ranger Hijau dan Ranger Putih dalam webseries Super Power Beatdown yang dibuat oleh channel Bat in The Sun di Youtube. Webseries tersebut berisikan film-film pendek di mana dua tokoh superhero bertarung satu sama lain. Penampilan perdana JDF dalam webseries tersebut adalah sebagai Ranger Putih dan berhadapan dengan Scorpion dari Mortal Kombat. Lalu dia tampil lagi untuk kedua kalinya, kali ini sebagai Ranger Hijau dan melawan Ryu dari Street Fighter. Kedua video tersebut laris manis di Youtube dengan total penonton lebih dari 20 juta!

Kesuksesan tersebut membuat Bat in The Sun kembali bekerja sama dengan JDF dan membuat web series reality show tentang JDF yang berjudul My Morphing Life pada 2013 lalu. Musim pertamanya berkisah tentang pencapaian dia sebagai praktisi bela diri, kembalinya JDF ke serial Power Rangers, hingga kisah-kisahnya saat menghadiri berbagai convention. Saat ini season 2-nya akan tayang di ConTV, sebuah layanan streaming ala Netflix tapi khusus bagi para pecinta pop culture.

Written by

Penggemar Tokusatsu dari lahir.

Self-proclaimed kolektor Gunpla.

#YNWA

Is the Story Interesting?

0 0

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>