Deretan Lini Massa Mainan Bandai yang Populer Saat Ini

Kalau kamu kolektor atau suka beli-beli mainan, pasti tahu dong sama Bandai. Tentu kamu kenal dong sama produsen mainan asal Jepang yang udah terkenal di seluruh dunia, berkat mainan-mainan buatannya yang biasanya mengadaptasi dari serial anime atau tokusatsu yang sedang tayang.

Tapi mungkin kamu belum tahu atau justru bingung sebenarnya mainan yang diproduksi Bandai itu ada apa aja. Bahkan mungkin kamu penasaran sebenernya lini massa mainan Bandai itu ada apaan aja. Ada lima lini massa sebenarnya yang terkenal dari Bandai. Simak deh…

S.H.Figuarts

Beberapa lini masa SHF-nya Bandai yang keluar tahun ini.

S.H.Figuarts adalah lini mainan Bandai yang cukup terkenal di dunia. Arti huruf “S” dan “H” dalam SHF sendiri adalah “simple style” dan “heroic action”. Sesuai dengan nama tersebut, SHF dibuat dengan skala 1:12 atau sekitar 14 cm dan didesain agar bisa (baca: dipose) semirip mungkin dengan tubuh asli.

Lini mainan ini terkenal banget di kalangan fans tokusatsu, karena SHF kebanyakan membuat action figures untuk serial Kamen Rider, sebelum akhirnya merambah ke Super Sentai, Metal Heroes, anime, dan belakangan bahkan termasuk pahlawan super dari Barat seperti Batman dan Iron Man.

Satu SHF biasanya dibanderol sekitar Rp 400.000 sampai Rp 800.000 untuk rilisan reguler. Sementara untuk rilisan limited bisa dihargai antara Rp 1.000.000 sampai Rp 1.500.000, mahal yha… Nah, biasanya yang edisi limited ini dirilis dengan box berwarna coklat, sampai-sampai para pecinta edisi limited sering disebut dengan “Box Coklat Lover”. Rumornya sih si box coklatnya sendiri bisa lebih mahal dari isinya.

Super Imaginative Chogokin (S.I.C.)

Salah satu rilisan SIC yang paling dicari sampai saat ini, Kamen Rider OOO TaJaDol Combo.

Sama kayak SHF, lini mainan Bandai ini juga terkenal di penggemar tokusatsu, khususnya Kamen Rider. SIC alias Super Imaginative Chogokin memiliki ukuran yang lebih besar dari SHF, sekitar 18 cm. Tapi, daya tarik SIC sebenarnya bukan dari ukurannya yang lebih besar, melainkan penampakan figur itu sendiri.

Nggak kayak SHF yang dibuat semirip mungkin dengan sumber aslinya, SIC memodifikasi tampilan Kamen Rider jadi jauh lebih sangar (makanya ada kata imaginative di nama lini ini). Ada tiga jenis SIC yang beredar di pasaran, SIC Reguler, SIC Takumi Damashii (TD), dan SIC Kiwami Tamashii (KT).

Reguler, kayak yang dijelaskan di atas, memiliki tinggi sekitar 18 cm dan harganya sekitar Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000. Kalau SIC TD bisa dibilang versi kecilnya versi reguler (sekitar 10 cm, sudah termasuk base), hanya saja dia nggak bisa digerakkan, alias patung, jadi bisa langsung dipajang. Tenang, posenya juga sudah keren kok, harganya juga relatif murah, cuma Rp 80.000 sampai Rp150.000.

Nah, kalau yang SIC KT literally versi mini dari SIC reguler, tingginya sekitar 12 cm dan pose-able. Sama seperti SIC TD, harganya juga relatif murah, sekitar Rp 100.000 sampai Rp 150.000.

Gunpla

Rilisan Gunpla banyak banget! Kamu bisa cari di Kidz Station maupun di sejumlah lapak online, tapi beli yang asli lho!

Gunpla alias Gundam Plastic Model rasanya adalah lini mainan Bandai yang paling laris seantero jagat saat ini. Lini ini termasuk dalam jenis model kit alias harus dirakit dulu sebelum dipajang (kecuali kamu mau majang runner). Pertama dirilis pada tahun 1980, Gunpla terus berjaya sampai sekarang seiring terus berjalannya serial robot-robotan ini. Range harga yang sangat luas, mulai dari Rp 90.000 hingga Rp 3.000.000 bahkan lebih, membuat model kit ini bisa dinikmati oleh banyak orang.

Gunpla pada dasarnya dibagi menjadi lima grade atau kelas yang berbeda, Super Deformed (SD), High Grade (HG), Real Grade (RG), Master Grade (MG), dan Perfect Grade (PG). SD menampilkan versi chibi atau imut dari robot-robot yang nongol di serial Gundam, relatif mudah dirakit tapi hampir nggak bisa dipose karena sendinya terbatas. HG merupakan varian yang paling gampang ditemui di pasaran, dengan skala 1:144 (biasanya sekitar 13-14 cm) membuatnya mudah buat diletakkan di lemari pajangan. Perakitannya masih cukup gampang dan detail yang ditawarkan juga oke. Real Grade sederhananya adalah versi ribet dari HG, sama-sama memiliki skala 1:144, tapi RG memiliki inner frame dan detail yang sekelas dengan Master Grade.

Nah, MG sendiri adalah Gunpla dengan skala 1:100 (sekitar 17-18 cm), memiliki inner frame, dan detail yang jauh lebih baik dari HG . Biasanya juga sudah termasuk stand dan miniatur pilot robot yang bersangkutan. Yang terakhir adalah PG, berskala 1:60 (sekitar 30 cm) dan memiliki tingkat kedetailan yang sangat tinggi. Tingkat kedetailan yang tinggi itu otomatis membuat PG sangat rumit untuk dirakit, plus harganya paling mahal.

Saint Cloth Myth

Candaan di kalangan pecinta mainan yang koleksi mainan Saint Seiya adalah mereka merupakan pedagang emas!

SCM atau Saint Cloth Myth adalah lini mainan Bandai yang dibuat berdasarkan tokoh-tokoh dari serial anime Saint Seiya.  Sejak dirilis 2003 silam, lini ini sudah memproduksi hampir seluruh karakter dalam Saint Seiya. Hebatnya lagi seluruh SCM yang dirilis hampir selalu mendapatkan tanggapan positif dari para penggemarnya.

Nah, keunikan utama dari action figure ini adalah kita bisa (dan harus) memasangkan armor alias cloth ke tubuh figure-nya. Lebih uniknya lagi, cloth itu sendiri bisa dibentuk sesuai dengan konstelasi bintang yang bersangkutan. Harga SCM sendiri sebenarnya bisa dibilang cukup mahal, sekitar Rp 500.000 sampai Rp 3.000.000. Namun, harga tersebut sebanding dengan kualitas yang ditawarkan pada produk mainan ini.

Figuarts Zero

Figuarts Zero paling lagu sampai saat ini adalah serial Dragon Ball.

  Dari namanya aja langsung ketahuan kalau lini ini masih “saudaraan” dengan SHF. Cuma berbeda dengan SHF yang bisa dipose dengan bebas, Figuarts Zero nggak bisa dipose alias patung. Zero sendiri berarti zero articulation. Meski begitu, bukan berarti lini ini ngak layak untuk dikoleksi, kualitas sculpting dan presisinya tetap sangat tinggi seperti SHF. Pose-pose yang dibuat juga sudah pasti oke dan keren, bahkan dalam beberapa rilisan sudah termasuk dengan efek (kalau SHF kan harus jajan part efek secara terpisah).

Figuarts Zero berfokus pada karakter-karakter dalam serial anime, sebut saja One Piece, Doraemon, Naruto, dan Sailor Moon. Range harga yang ditawarkan pun cukup luas, mulai dari Rp 180.000 hingga Rp 800.000 (reguler).

Kamu sendiri koleksi lini mainan Bandai yang mana?

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>