Figma vs SHF: Enaknya Beli Yang Mana Ya?

Buat JoyFriends yang punya hobi ngoleksi mainan pasti udah kenal banget sama lini mainan SHF dan Figma. Bahkan, kamu yang nggak hobi ngoleksi mainan juga pasti tahu lini mainan ini. Dua lini mainan ini diproduksi oleh perusahaan yang berbeda. SHF hasil pabrikan Bandai, sementara Figma produksi Max Factory dan didistribusikan oleh Good Smile Company (GSC).

Kedua mainan ini bisa dibilang memiliki ukuran yang sama. Figma dan SHF sama-sama memiliki skala 1/12. Artinya, kurang lebih tinggi figure-nya antara 12-16 cm. Dengan skala ini, keduanya hampir pasti menjadi buruan kolektor mainan karena nggak makan tempat, kecuali kalau udah ngoleksi banyak.

Jika kamu mengidolakan karakter tertentu dan kedua lini mainan ini akan merilis mainannya, mana yang akan kamu beli? Kamu nggak usah bingung. Kami bakal kasih ulasannya buat kamu yang ingin khilaf.

VARIAN

figma 394 Hatsune Miku V4X (doc. figma)

S.H.Figuarts Kamen Rider Gills (doc. Bandai)

Kedua mainan ini fokus pada serial tertentu. Kalau Figma lebih fokus ke serial anime, sementara SHF lebih fokus pada serial tokusatsu. Namun, akhir-akhir ini SHF mulai merambah karakter superhero dari Marvel dan DC juga lho. Bahkan, ada pula SHF yang berdasarkan serial anime populer seperti Dragon Ball.

Jadi, buat kamu yang nge-fans sama superhero Jepang dan Amerika, SHF adalah mainan yang tepat buat kamu koleksi. Buat kamu yang demen karakter anime yang pengin dijadiin koleksi, kamu bisa coba beli Figma.

DETAIL

figma 169 Super Sonico (doc. figma)

SHF Shadow Moon (doc. Bandai)

Buat kamu penggemar tokusatsu, lini SHF layak dikoleksi. Dari segi detail armor-nya lebih terlihat. Nggak cuma itu aja. Weapon-nya pun dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Figma pun nggak mau kalah soal detail. Dari ujung rambut hingga ujung kaki, Figma sangat memperhatikan detail yang sama dengan anime­-nya. Bahkan, kamu bisa ubah ekspresi wajah mainan kamu sesuka hati.

Buat kamu yang pengin hal baru dengan otak-atik ekspresi mainan kamu, belilah Figma. SHF dari karakter anime juga menyediakan part ekspresi wajah. Namun, hanya karakter anime tertentu aja yang dirilis SHF sehingga pilihan mainannya pun terbatas.

JOINT

figma 266 Bruce Lee (doc. figma)

SHF Bruce Lee (doc. Bandai)

Salah satu kelemahan figma ada di bagian joint alias sendi yang terlalu terlihat. Di beberapa rilisan figma, sendi ini terlihat mengganggu dan aneh pada karakter yang pakaiannya agak terbuka. Sementara, SHF menyajikan joint yang lebih rapi. Soalnya, rilisan SHF kan kebanyakan memakai armor. Jadi, joint-nya cukup rapi dan terlihat tidak aneh.

Buat kamu yang lebih suka dengan joint yang nggak mengganggu, SHF adalah pilihan yang tepat.

STAND BASE

 

Figma Stand Base (doc. figma)

SHF Stand Base (doc. Bandai)

Dengan bentuk capit, stand base SHF akan terlihat melingkar di perut mainan kamu. Dengan stand base seperti ini, SHF punya kamu akan terlihat aneh saat difoto. Kamu harus jeli dalam membentuk pose SHF kamu agar saat difoto jadi nggak kelihatan aneh.

Berbeda dengan SHF, Figma memiliki stand base berbentuk join male. Lubang female-nya di bagian punggung figure-nya. Dengan stand base seperti ini, kamu bisa membuat pose beragam tanpa terganggu.

HARGA

Dari segi harga, Figma memiliki beberapa pilihan. Untuk figma reguler, kisaran harganya antara ¥3.000  hingga ¥6.000  (sekitar Rp390.000  hingga RP780.000 rupiah), sementara untuk figma edisi khusus dan terbatas harganya lebih mahal hingga 1 jutaan lebih. Sementara, SHF memiliki kisaran harga yang sama yaitu antara 400.000 rupiah hingga 800.000 rupiah tergantung dari jenis SHF-nya.

Itulah perbedaan SHF dan Figma yang bisa menjadi referensi buat nambahi koleksimu. Saran dari kami, pilihlah figure yang cocok dengan kebutuhanmu. Namun, menyesal membeli lebih baik daripada nggak beli sama sekali. Bukan begitu, JoyFriends? Happy hunting and shopping!

Written by
Just an ordinary boy who trapped in a man's body.

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>