Mengenal Grade dalam Mainan Gunpla atau Gundam Plastic Model

Udah tahu mau beli Gunpla yang mana? Belum? Wah, cek dulu deh penjelasannya.

Mainan Gunpla atau Gundam Plastic Model merupakan salah satu lini mainan keluaran Bandai yang paling terkenal sejagat raya. Salah satu hal yang unik dari Gunpla adalah karena lini mainan ini memiliki beberapa kelas atau grade yang berbeda untuk rilisannya.

Beberapa di antara kamu, yang mungkin baru mulai suka merakit mainan satu ini atau baru cari tahu soal mainan ini agak bingung soal grade-grade-nya. Apa aja sih bedanya? Mana ya yang oke untuk dibeli?

Kuy lah cek penjelasan di bawah ini dulu biar paham soal grade Gunpla ini guys!

Super Deformed (SD)

Super Deformed alias SD ini merupakan Gunpla dengan bentuk yang unik. Nggak kayak model-model lain yang dibuat sesuai sama bentuk aslinya di anime, lini satu ini dibuat dengan wujud chibi alias imut-imut. Tingginya cuma sekitar 8 cm dan part buat merakitnya juga sedikit. Makanya harga SD ini juga murah, sekitar Rp 80.000 – Rp 100.000 biasanya. Gunpla ini cocok buat kamu yang pengen punya Gunpla unik dan hemat tempat. Kekurangan model ini paling pembagian warna parts yang sedikit, jadinya harus ditambal sama banyak stiker. Jadi kudu sabar nempelin satu-satu.

High Grade (HG)

Nah, kelas High Grade ini merupakan Gunpla yang paling banyak beredar di pasaran. Model kit ini dirilis dalam skala 1/144, jadi Gundam yang tingginya 18 meter di anime jadi berukuran sekitar 13 cm. Penampilan model kit kelas HG ini udah cukup oke setelah dirakit. Tapi kamu bisa aja ngecat ulang atau nambahin panel lining buat menambah detail.

Artikulasinya juga udah oke banget walaupun belum sekeren kelas MG atau PG, tapi yang jelas kamu udah bisa bikin pose yang keren dengan kit ini. Harga HG berkisar Rp 150.000 – Rp 300.000, tapi ada beberapa HG yang berukuran lebih besar kayak Sazabi atau Sinanju harganya juga jadi lebih mahal. HG cocok buat kamu yang baru pertama kali main Gunpla, soalnya masih relatif mudah dirakit tapi tetap menantang.

Master Grade (MG)

Kalau kamu pengen punya Gunpla yang lebih kece, detail yang jelas, dan punya rangka dalam (inner frame), kamu mesti coba kelas Master Grade ini. Grade satu ini bisa dibilang satu kelas di atas HG dan memang lebih mahal, sekitar Rp 400.000 – Rp 800.000-an ke atas. Tapi harga ini sesuai sama kualitas yang kamu dapat, soalnya selain parts yang lebih banyak dan lebih detail, kamu juga bakal dapet decals yang bisa dipakai buat bikin model kit kamu makin realistik. Pembagian warna parts di kelas MG juga lebih bagus dari HG, jadi kamu nggak perlu nambahin cat lagi. MG dirilis dalam skala 1/100 alias sekitar 18 cm.

Real Grade (RG)

Nah, grade ini cocok buat kamu yang pengen punya model kit dengan detail sekelas MG tapi kebetulan keuangan terbatas. Sama kayak MG, RG juga punya inner frame tapi ukurannya 1/144. Jadi Real Grade bisa dibilang MG dengan ukuran HG. Cuma karena tingkat kedetailannya nggak sesuai sama ukurannya, perlu usaha lebih buat merakit model kit kelas ini. Harga RG berkisar antara Rp 300.000 – Rp 400.000.

Perfect Grade (PG)

Perferct Grade adalah kelas tertinggi dalam dunia Gunpla. Dirilis dalam skala 1/60 (sekitar 30 cm), model kit ini terbaik dalam hal detail, mekanik, dan gimmick yang diberikan oleh Bandai. Karena itu juga PG jadi kelas dengan harga paling mahal, sekitar Rp 1.500.000 – Rp 3.000.000! Terus karena ukurannya yang besar, kamu harus menyiapkan space yang cukup luas buat naro model kit kelas ini. Oh iya, keunikan seluruh kelas di atas HG adalah memiliki kokpit yang dapat dibuka dan dilengkapi miniatur pilot mobile suit yang bersangkutan! Keren ya?

Nah jadi itulah kelas-kelas Gunpla yang beredar di pasaran. Gimana? Udah nentuin mau nentuin beli grade yang mana? Awas jangan sampe khilaf ya!

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

3 0

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>