Perbandingan Antara Action Figure NECA dan McFarlane!

NECA Predator Series 15, kece banget nggak sih!?

Kalau sebelumnya kami udah membahas perbandingan antara SHF dan Revoltech, kali ini kami bakal membahas action figure NECA dan McFarlane, yang merupakan produsen mainan dari Amerika Serikat.

NECA alias National Entertainment Collectibles Association adalah pabrik mainan yang berdiri sejak 1996 dan bermarkas di New Jersey. Sementara McFarlane Toys didirikan oleh Todd McFarlane, kreator Spawn, pada 1994 silam. Kedua pabrikan ini terkenal dengan produknya yang mencakup berbagai franchise pop culture di Amerika Serikat, mulai dari TV series, game, sampai film layar lebar.

Sama seperti dalam ulasan SHF dan Revoltech, ulasan ini juga akan membahas kedua pabrikan ini dalam empat poin; yaitu varian, detail, artikulasi, dan tentu saja harga. Tentunya biar kamu nggak bingung mau beli yang mana waktu buka online shop maupun pas datang ke toys fair.

Varian

(Kiri: The Walking Dead Series 8-McFarlane. Kanan: Aliens Series 9-NECA)

Kayak yang udah dibilang sebelumnya, kedua pabrikan ini terkenal karena memproduksi berbagai mainan dari berbagai franchise pop culture  di Amerika Serikat, sebut saja Aliens, Predator, The Walking Dead, Robocop, dan lainnya.

Dalam beberapa kesempatan kedua pabrikan ini bersaing head to head dengan membuat mainan yang sama seperti Robocop versi film tahun 1980-an dan Alien dari film Alien. McFarlane sendiri juga terkenal dengan figur-figur horornya dalam seri Todd McFarlane’s Monsters Playsets. Selain itu, McFarlane juga memiliki action figure pemain-pemain NBA (basket) dan NFL (American Football). Jadi buat kamu penggemar kedua olah raga tersebut bisa banget ngelirik McFarlane.

Nggak cuma action figure, NECA dan McFarlane juga memproduksi berbagai pernak-pernik pop culture lainnya. NECA punya board game, statue, bahkan hiasan rumah kayak lampu meja dan bantal sofa. Sementara McFarlane produksinya masih sekitaran mainan walaupun nggak kalah keren, kayak statue dan diorama. Keduanya juga membuat replika 1:1 properti berbagai franchise yang mereka punya, kayak kapak Kratos dari God Of War (NECA) dan hidden blade para assassin dari Assassin’s Creed (McFarlane). Secara umum, NECA lebih unggul karena memiliki franchise dan variasi produk yang lebih beragam.

Detail

(Kiri: Connor-McFarlane, Kanan: Ezio-NECA)

Untuk perkara detail, kedua pabrikan ini menurut kami cukup seimbang. Keduanya berusaha memberikan detail terbaik di tiap produknya. Terlebih lagi keduanya bermain di pasar pop culture Amerika Serikat yang kebanyakan karakter-karakternya memiliki wajah asli, bukan pahlawan bertopeng macam Kamen Rider atau tokoh-tokoh anime yang wajahnya nggak realistis. Sculpting wajah NECA dan McFarlane memang belum sekelas Hot Toys, tapi udah lebih dari cukup untuk membuat action figure yang kece.

Detail lainnya yang nggak kalah kece adalah detail di bagian badan, lebih tepatnya pada pakaian. Kedua pabrikan ini nggak ragu buat menggunakan bahan karet untuk memberikan efek lentur dan membuat pakaian yang digunakan action figure tersebut terlihat lebih real. Belum lagi detail-detail kecil lainnya seperti kancing atau aksesoris yang digunakan oleh karakter tersebut, nggak dilupakan oleh NECA dan McFarlane.

Joint/Artikulasi

Nah, di poin ini kami menilai NECA menang jauh dibandingkan McFarlane. Hampir seluruh action figure yang dirilis McFarlane itu minim artikulasi. Nggak usahlah bahas 30 titik artikulasi kayak yang NECA buat di action figure Donatello skala ¼, McFarlane ngeluarin action figure dengan 14+ titik artikulasi ala SHF aja jarang banget.

Belum lagi figur keluaran McFarlane itu pada dasarnya bisa dibilang “setengah-patung”. Jadi walaupun figur tersebut punya joint, posenya yang oke itu cuma satu. Hal ini keliatan jelas di seri action figures The Walking Dead. Jadi buat kamu yang pengen bikin action figures-nya bergaya aneh-aneh, McFarlane jelas bukan buat kamu.

Harga

Dua kura-kura ini total harganya sekitar Rp 3.000.000 lho!

Harga pasaran action figure NECA dan McFarlane Toys di Indonesia sama-sama berkisar antara Rp 250.000 – Rp 3.000.000 tergantung seri dan ukuran/skala. Sementara untuk yang statue biasanya dihargai lebih dari Rp 3.000.000 guys.

Dari perbandingan-perbandingan tadi, memang bisa dibilang kedua lini mainan tersebut sama-sama punya kualitas terbaik. Namun, balik lagi ke selera kita masing-masing. Kalau kamu pengen yang artistik dan jarang kamu pose alias lebih suka dipajang, McFarlane cocok buat kamu. Misal kamu hobi foto-foto mainan ya, NECA adalah pasangan yang pas buat kamu.

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>