5 Mobile Suit Legendaris yang Dipiloti Char Aznable

Char Aznable, antagonis legendaris dalam serial Mobile Suit Gundam ini menginspirasi tokoh antagonis lainnya dalam serial Gundam yang berlanjut di awal 2000-an.

Penggemar Gundam tentu nggak asing dengan nama Char Aznable, antagonis utama dalam serial original Mobile Suit Gundam yang tayang pada 1979. Karakter yang memiliki nama asli Casval Rem Deikun ini dikenal sebagai antagonis yang berkarisma dan pilot mobile suit yang memiliki kemampuan di atas rata-rata.

Sebagai pilot mobile suit atau orang awam sebut robot tempur dalam serial Gundam ini, Char menguasai berbagai medan perang pertempuran, baik di darat hingga luar angkasa. Pemuda berambut pirang ini juga telah menggunakan banyak mobile suit sepanjang hidupnya. Bahkan kalau dihitung ada lima buah mobile suit legendaris yang pernah digunakan oleh komandan yang dijuluki the Red Comet.

Penampakan GunTank Early Type di Mobile Suit Gundam Origin I

RTX-65 Guntank Early Type

RTX-65 Guntank adalah seri mobile suit yang diproduksi secara massal pertama kali yang digunakan oleh Earth Federation pada tahun UC 0065. Teknlogi yang digunakan pada Guntank pada dasarnya masih mendekati teknologi tank biasa dibandingkan mobile suit.

Dilengkapi dengan dua large canon dan delapan barrel senapan mesin, RTX-65 biasa digunakan untuk antisipasi huru-hara di koloni luar angkasa. Lalu kenapa mobile suit “biasa” ini masuk dalam daftar ini? RTX-65 Guntank Early Type menjadi bagian penting dalam sejarah sang Komet Merah karena Guntank adalah mobile suit pertama yang digunakan oleh Char Aznable.

Berlatar pada UC 0068, beberapa hari setelah pembunuhan ayahnya, Zeon Zum Deikun, di koloni luar angkasa, Char (yang saat itu masih bernama Casval Rem Deikun) dan adiknya, Artesia, akan dilarikan ke Bumi dengan bantuan dari keluarga Ral. Char dan adiknya dijemput dengan RTX-65 dari lokasi persembuyian keluarga Deikun untuk dibawa ke pelabuhan luar angkasa di mana pesawat yang akan mereka gunakan ke Bumi menunggu.

Namun, di tengah perjalanan mereka dihadang oleh pasukan Guntank yang dipimpin oleh keluarga Zabi. Pada saat itulah Char mengambil alih Guntank yang mereka naiki dan mulai menembaki pasukan Guntank tersebut. Char, yang saat itu baru berusia 9 tahun, sukses menghabisi hampir seluruh lawan yang menghadang mereka.

Ini dia Zaku II legendaris milik Char Aznable

MS-06S Zaku II Commander Type Char Aznable Custom

Zaku II Commander Type adalah mobile suit yang menjadi asal julukan Char Aznable, Red Comet. Dengan warna merah menyala dan tiga kali lebih cepat dari Zaku biasa, Char bersama mobile suit ini menjadi mimpi buruk Earth Federation. MS-06S Zaku II Commander Type pertama kali digunakan dalam One Year War dan merupakan upgrade dari Zaku II type F. Zaku baru ini mendominasi dalam perang yang mereka hadapi dan selalu digunakan oleh pilot-pilot terbaik Zeon. Namun, superioritas mereka mulai berakhir ketika Earth Federation meluncurkan mobile suit mereka, RX-78-2 Gundam.

Zaku II Commander Type dilengkapi dengan satu shoulder shield di bahu kanan dan dua Vulcan Gun. Sementara untuk senjata lainnya, Char memilih menggunakan Heat Hawk Type 5, sebuah kapak dengan mata pisau super panas yang mampu membelah armor kendaraan atau mobile suit lawan; Twin 280mm Zaku Bazooka, bazoka dengan kekuatan ledakan tinggi yang sanggup menumbangkan sebuah kapal perang; ASR-78 Anti-Ship Rifle, senapan laras panjang, yang sesuai namanya, digunakan untuk menghadapi kapal perang; dan 120mm Machine Gun, senjata standar untuk mobile suit tipe Zaku.

Mobile suit Char satu ini tidak kalah ikonik saat ia mengganti menjadi Quattro

MSN-00100 Hyaku Shiki

Hyaku Shiki adalah mobile suit yang digunakan oleh Char dalam serial Zeta Gundam yang tayang pada tahun 1985. Char, yang bergabung dengan Anti Earth Union Group dengan nama Quattro Bajeena, menggunakan Hyaku Shiki dalam menghadapi Titans, sebuah kelompok tiran yang berambisi menguasai pemerintahan Bumi.

Titans sendiri tadinya merupakan kelompok elit bentukan Earth Federation yang pada awalnya ditugaskan untuk memburu sisa-sisa Zeon usai One Year War. Namun seiring berjalannya waktu mereka justru menjadi brutal dan menghalalkan segala cara untuk mencapai misinya.

MSN-00100 Hyaku Shiki merupakan mobile suit yang dikembangkan oleh Anti Earth Union Group sebagai kelanjutan dari proyek Gundam. Sebagaimana mobile suit Char lainnya, Hyaku Shiki juga memiliki warna yang mencolok, namun bukan merah melainkan emas metalik, ditambah dengan huruf kanji 100 (/Hyaku) di kedua bahunya, membuat Hyaku Shiki mudah dikenali dalam medan pertempuran. Hyaku Shiki sendiri dilengkapi dengan dua Vulcan Gun di kepala, 2 beam saber, dan 1 beam rifle.

Mobile suit terakhir yang dipiloti Char ini sungguh luar biasa kekuatannya

MSN-04 Sazabi

Setelah Char membentuk faksi Neo Zeon pada tahun UC 0093, ia secara spesifik meminta mobile suit baru yang sesuai dengan gaya bertempur dan kekuatan newtype-nya kepada para mekanik Neo Zeon. Hasil dari permintaan tersebut adalah MSN-04 Sazabi, sebuah mobile suit dengan warna merah menyala dan memiliki tinggi 25,6 meter. Ukuran tersebut jauh lebih besar dibanding ukuran mobile suit pada umumnya, tapi karena Sazabi memakai armor ringan dan memiliki banyak thruster membuat Sazabi tetap jauh lebih cepat dibanding mobile suit lain.

Sazabi juga mobile suit pertama yang menggunakan kokpit psycoframe, sistem revolusioner ini memungkinkan pilot berkekuatan newtype untuk mengendalikan mobile suit melalui psycowave. Untuk persenjataan, Sazabi dilengkapi dengan sepasang beam saber, enam funnel, mega particle canon, satu beam shot rifle, satu long beam rifle, satu tameng dan satu beam tomahawk. Funnel sendiri sebuah senjata yang dapat dikendalikan dari jarak jauh berkat psycommu system yang terpasang di kokpit psycoframe.

Meski tidak masuk anime, tapi Nightingale termasuk salah satu yang paling kuat dalam deretan mobile suit legendaris Char

MSN-04II Nightingale

MSN-04II Nightingale muncul dalam novel Mobile Suit Gundam: Beltorchika’s Children dan merupakan versi novel dari MSN-04 Sazabi. Walaupun disebut sebagai mobile suit, spesifikasi dan wujud raksasa Nightingale yang mencapai 27,8 meter lebih mirip dengan mobile armor dibanding sebuah mobile suit. Sama seperti Sazabi, Nightingale juga menggunakan psycoframe dan dilengkapi dengan funnel sebagai ciri khas unit mobile suit yang menggunakan kokpit psycoframe. Persenjataan yang dimiliki pun hampir sama dengan Sazabi ditambah dengan micro missiles dan sepasang lengan tambahan dibalik front skirt.

Writer : Harith Jobs

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.