Apa Yang Bisa Kita Harapkan dari Weathering with You?

Yuk nonton film Weathering with You di bioskop! Bakal semantap Your Name nih!

Untuk film animasi Jepang dengan visual terbaik seperti Weathirng with You yang baru-baru ini dirilis, sepertinya kita sudah tidak perlu lagi menunggu selama dulu sampai Studio Ghibli mengeluarkan karyanya. Kini ada Comix Wave Films yang sudah terbukti mampu mengeluarkan karya yang standarnya mumpuni. Dinahkodai Makoto Shinkai, karya-karya seperti 5 Centimeters per Second, The Garden of Words dan Your Name selalu laris di bioskop dan mengumpulkan fans setia dari satu karya ke karya lainnya.

Namun di balik pencapaian selalu ada tanggung jawab besar mengikuti. Judul terakhir, yang akrab juga dengan judul asli Kimi no Na wa, sekarang menjadi film animasi Jepang nomor satu sepanjang masa. Setelah menyingkirkan Princess Mononoke dari Studio Ghibli untuk film animasi dengan pendapatan kotor terbanyak, Your Name mampu juga menggeser karya klasik Spirited Away dari kategori Box Office. Pencapaian yang di luar biasa ini tentu membuat judul berikutnya memikul beban yang luar biasa berat.

Weathering with You atau Tenki no Ko, sudah dirilis di Jepang pada 19 Juli lalu. Indonesia kebagian jatah tayang pada Rabu (21/8) kemarin. Tentunya banyak sekali harapan yang ditaruh untuk film ini, yuk kita bedah aja dari trailer-nya.

Tema dan Musik yang Bercerita

Salah satu ciri khas yang kentara dalam setiap karya Makoto Shinkai adalah kesempurnaan kolaborasi dari setiap unsur di film. Tidak hanya kuat dalam kualitas animasi, rata-rata setiap karya memiliki kesingkronsasian antara musik dan tema.

Dalam Byosoku Go Senchimetoru (5 Centimeters Per Second) dan Kimi no Na wa, lagu temanya mampu menerjemahkan inti dari cerita sekaligus menggambarkan emosi dari para protagonis. Sebut saja “Zen Zen Zense” (“Past Past Past Life”) dari Radwimps yang berisi kisah Taki mengarungi waktu mencari wanita yang paling dia pedulikan.

Di film ini, lagu tema yang diberikan adalah “Ai ni Dekiru Koto wa Mada Aru kai (“Is There Anything Else Love Can Do”) yang lagi-lagi dibawakan oleh Radwimps. Seperti judulnya, kita bisa lihat bakal seperti apa sih filmnya. Sekali lagi tentang cinta, bukan?

Kualitas Animasi yang Ciamik

Bukan mau mengada-ada, namun sejauh ini untuk kualitas animasi, CoMix Wave Films masih menjadi salah satu dari yang terbaik. Kualitas animasinya memiliki ciri khas dan digarap dengan apik. Untuk film anyar mereka ini, dari trailer-nya saja kita sudah disuguhi keindahan rintik-rintik air yang jatuh, dengan detil yang seperti aslinya.

Sepertinya untuk Weathering with You, filmnya akan lebih seperti water porn bagi para penikmat animasi. Sedikit mirip dari karya sebelumnya, The Garden of Words namun lebih masif dan brutal.

Folktale Tenki No Ko

Dari trailer-nya kita bisa melihat kalau cerita utama yang ditawarkan lebih kepada perjalanan sang tokoh utama pria, Hodaka, dalam menjalani petualangan magisnya dengan Hina, sang tokoh utama wanita. Diperlihatkan bila Hina memiliki kemampuan untuk mendatangkan cuaca cerah. Hal ini pun dibocorkan lebih lanjut dalam trailer kedua di mana baik Hina maupun Hodaka memiliki sebuah situs yang memperlihatkan bila orang-orang bisa “memesan” cuaca cerah. Hal ini menjadi sangat krusial karena Tokyo di film ini sedang diguyur oleh hujan yang sangat lebat.

Kualitas Yang Mendekati Your Name

Inilah yang sebenarnya menjadi harapan semua orang, baik penikmat, kritikus maupun para pekerja seni itu sendiri. Setelah kesuksesan Your Name yang mampu menggeser pemain lama yaitu Studio Ghibli, Makoto Shinkai pun naik kelas menjadi setara dengan Hayao Miyazaki. Apakah dengan karya terbarunya ini dia pantas menggandeng predikat tersebut?

Karena jawabannya ada di kalian, kalau udah nonton jangan lupa kasih komentar ya di bawah ini!

Written by
Mulai mengenal pop culture dari manga Dragon Ball dan Doraemon, hingga dihancurkan secara mental dengan Evangelion. Head of Content at JoyPixel.id.

Is the Story Interesting?

0 0

Apa Yang Bisa Kita Harapkan dari Weathering with You

Written by
Mulai mengenal pop culture dari manga Dragon Ball dan Doraemon, hingga dihancurkan secara mental dengan Evangelion. Head of Content at JoyPixel.id.

Is the Story Interesting?

0 0