Black Panther Jadi Film Pertama yang Ditayangkan di Arab Saudi

Akhirnya warga Arab Saudi bisa nonton bioskop, thanks to Black Panther! (doc. Marvel Studios)

Sejak dirilis tengah Februari kemarin, film Marvel’s Black Panther sukses memecahkan berbagai rekor yang ada di dunia perfilman, bahkan dikutip Box Office Mojo, film yang dibintangi Chadwick Boseman ini sukses masuk 10 besar daftar Film Berpenghasilan Tertinggi (Highest-grossing Films) sepanjang masa di dunia. Tepatnya berada di urutan 10 dengan pendapatan sekitar US$ 1,3 Milyar.

April ini, film arahan sutradara Ryan Coogler ini kembali mencetak sejarah dengan menjadi film layar lebar pertama yang ditayangkan di Arab Saudi setelah 35 tahun! Riyadh a.k.a. ibu kota Arab Saudi akan menjadi “pendaratan” pertama film Black Panther ini dan akan tayang mulai 18 April di bioskop AMC yang baru-baru ini dibuka. Bioskop AMC di Riyadh sendiri juga menjadi bioskop pertama yang muncul di negara ini.

Pada 1980-an, pemerintah Arab Saudi mengeluarkan peraturan soal pelarangan bioskop di seluruh wilayah negara yang mayoritas berpenduduk muslim ni. Namun, belum lama ini peraturan tersebut dicabut Pangeran Muhammad bin Salman, Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi dan menjadikan penayangan film Black Panther bagian program yang disebut Vision 2030.

Baca Juga :

Dikutip dari ABC News, program tersebut merupakan program reformasi ekonomi dan sosial yang diinisiasi oleh sang pangeran, agar ke depan negara yang setiap tahunnya dikunjungi jemaah haji dari berbagai negara ini nggak lagi terlalu bergantung pada minyak.

via GIPHY

AMC sendiri udah bekerja sama dengan pemerintah Arab Saudi untuk menjalankan program Vision 2030 ini. Rencananya bakal ada 350 bioskop di seluruh wilayah Arab dan negara ini diprediksikan akan menjadi salah satu pasar film terbesar, selain China di Asia.

Kira-kira pendapat warga Arab Saudi setelah nonton Black Panther nanti bakal kayak gimana ya? Atau mungkin Marvel dan Disney bakal mengangkat atau membuat superhero asal Arab Saudi? Well… kita lihat saja nanti perkembangannya JoyFriends…

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

0 0

Black Panther Jadi Film Pertama yang Ditayangkan di Arab Saudi

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0