Cardcaptor Sakura: Clear Card Arc Eps 1 – Review: Sakura Mulai Dewasa

User Rating: 8
Siap-siap nostalgia di Cardcaptor Sakura: Clear Card Arc guys!

Yang kangen Cardcaptor Sakura mana suaranya!? Akhirnya, setelah penantian lebih dari satu dekade, anime besutan Clamp ini resmi merilis season terbaru, Cardcaptor Sakura: Clear Card Arc. Sebenernya saya nggak memasang ekspektasi apa-apa waktu Clamp mengumumkan keberlanjutan petualangan Sakura. Soalnya, semua kartu udah terkumpul, Eriol juga udah balik ke London, emang mau ada apa lagi?

Pertanyaan saya langsung dibanting begitu melihat trailer-nya, dan elemen yang ada di mahoujin Sakura. Detil yang asalnya dominan bintang, matahari, bulan, tiba-tiba jadi kompleks dan banyak banget yang nambah.

banyak elemen baru di mahoujin-nya Sakura.

Waktu memencet tombol play, yang kebayang pertama sebenernya lagu-lagu up-beat ala Catch You Catch Me yang dinyanyiin Megumi Hinata atau Tobira wo A62kete dari ANZA. Menit tiap menit, ada rasa nostalgia begitu ketemu temen-temen Sakura, jokes garing Yamazaki, Yukito yang masih charming, semuanya ngangenin. Begitu selesai menonton episode pertama, dari lagu opening sampai upcoming next episode, yang kebayang pertama di kepala tuh “Astaga, mereka mulai dewasa.”

Kejutan apa lagi yang udah disiapin dari episode pertama ini?

Sakura udah nggak lagi pakai sepatu roda

Gila Sakura udah nggak main sepatu roda lagi nih.

Sakura sekarang udah dewasa, guys. Kayak di anime season pertamanya, Sakura identik dengan roller blade yang selalu nemenin dia setiap berangkat sekolah. Tetapi, roller blade  merah yang iconic itu nggak nemenin Sakura di hari pertamanya masuk sekolah di SMP Tomoeda. Tampilan pecicilan dan “gedubrak-gedubruk” juga udah nggak ada lagi di season ini.

Syaoran pulang ke Jepang!

Syaoran bukan kayak Rangga, nggak tega bikin Sakura nunggu ratusan purnama.

Yes, you read it right. Sakura nggak akan berpetualang sendiri karena Syaoran kembali ke Kota Tomoeda. (Katanya sih) Syaoran bakal stay di Tomoeda dan nggak akan pergi-pergi lagi. Waktu perpisahan Sakura-Syaoran, Syaoran masih kelihatan shy-shy cat. Tapi sekarang udah nggak ada lagi tuh Syaoran yang tiba-tiba mukanya memerah. Somehow it feels like too fast, karena belom apa-apa Syaoran udah nongol lagi. Kirain Sakura harus nunggu ratusan purnama gitu kan…

Sakura Clear Card, musuh baru atau upgrade kekuatan?

Siapa dia? Master untuk kekuatan baru Sakura?

Ya, dari judulnya aja – Cardcaptor Sakura: Clear Card Arc, ketahuan dong kartunya jadi clear. But then, tebakan kartu baru Sakura ternyata bukan baru yang literally baru. Kartu-kartu lama yang tetiba berubah jadi transparan kayak jadi sinyal there’s something big gonna be happen. Terlebih sosok misterius berjubah khas Clamp ini ngasih kunci segel Sakura lewat mimpi.

Key of seal yang baru, the bigger the merrier.

The new key of seal is one of my favorite. Sealed of key dari yang berbentuk burung terus berubah bentuk bintang, both of them looks so cute with simple design (mau bentuk released atau masih bentuk kecil leontin ya). Nah, di desain yang baru ini bentuk bintangnya lebih besar, lebih banyak sudut, dan lebih tajam. Nggak ada sudut-sudut bintang yang ujungnya ‘membulat’, udah nggak ada kesan chibi imut lagi. See? Even kunci segelnya aja ikutan kelihatan lebih dewasa.

Clamp kayaknya nggak pernah kehabisan akal buat bikin anime-nya keliatan cantik. Karena (lagi-lagi) detail di desain kartunya cantik dan dinamis banget. Kemunculan Gale (kartu pertama yang ditangkap Sakura) yang ujug-ujug, nggak ada tanda-tanda yang bisa dirasain Sakura, Kero-Chan, ataupun Yue, ditambah semua kartu Sakura yang udah berubah jadi clear card, perjalanan Sakura sekarang nggak akan mudah.

Sebenernya agak bete sih liat gap teknologi yang digunakan di era Sakura. Ketika semuanya udah make smartphone (yang even hp-nya udah minim tombol layaknya hp sekarang), tapi Tomoyo masih keukeuh make handycam yang jadul banget (apakabar kamera mirrorless yang lebih praktis dan nggak ribet?). Loncat antara Sakura lulus SD dan masuk SMP mungkin hanya berselang beberapa bulan, tapi ketika dulunya handphone Sakura masih hp tanpa layar, terus tiba-tiba udah make smartphone. Well, gap teknologi ini sebenernya juga nggak mengganggu jalan cerita sih. Cuma kan jadi gatel aja.

Overall dari segi drama masih cukup gemes untuk dinikmati, tapi opening act-nya nggak gemes, malah bikin penasaran kayak gimana petualangan Sakura nanti. Kalau kamu udah nonton juga, boleh banget loh kasih komentar di kolom komentar atau berkicau di media sosial kami.

Summary
Anime satu ini bener-bener harus ditonton sama kamu yang ngikutin anime Cardcaptor Sakura di era 1990-an. Soalnya perjalanan Sakura sekarang kelihatannya bakal jadi lebih kompleks.
Good
  • Every details matter. Detilnya cantik semua!
  • Sakura and the gank terlihat mulai dewasa, tapi nggak ngilangin jokes lama.
  • Clue yang dimunculin di episode ini juga bikin penasaran.
Bad
  • Syaoran balik-nya terlalu cepet, kalo nge-php dikit kan bisa bikin lebih kangen lagi.
  • Gap teknologi, kalo disambungin sama season sebelumnya jadi loncat terlalu jauh
8
Great

Is the Story Interesting?

2 1