Dragon Ball Super Episode 131 – Review : Akhir Terbaik untuk Awal Baru

User Rating: 7
Menurut kamu Arc selanjutnya dari Dragon Ball Super bakal seperti apa ya? (doc. Toei Animation)

Dragon Ball Super episode 131 akhirnya jadi penanda serial ini untuk selesai… setidaknya untuk sementara waktu, kurang lebih satu tahun lah ya. Pasalnya setelah Universe Survival Arc selesai pada Minggu (25/3), kita udah tahu kalau serial ini bakal berlanjut ke Dragon Ball Super Movie yang tayang Desember mendatang. Ah ya, nggak ketinggalan juga soal kelanjutan serialnya yang mungkin akan tayang 2019 nanti.

Warning! Spoilers ahead! Please watch the film first before you read it

via GIPHY

Seperti yang kamu tahu, ending dari Universe Survival Arc ini cukup memorable dan juga fenomenal. Soalnya di episode ini kita akhirnya melihat duet yang nggak terbayangkan sebelumnya! Ya, nggak lain nggak bukan ialah duet antara Goku dan Frieza, dua seteru abadi di Dragon Ball, yang bahkan sampai dibikin movie-nya berkali-kali, termasuk Dragon Ball Z : Resurrection ‘F’.

Duet antara Goku dan Frieza ini bener-bener jadi penutup (untuk sementara waktu) yang cukup mengejutkan dan juga jadi salah satu duet idaman banget. Soalnya selain Vegeta, kapan lagi Goku punya partner bertarung yang memiliki kekuatan yang setara dengan dirinya. Bahkan Gohan yang anaknya aja nggak bisa sampai sebegitunya, plus Android 17 yang cukup superior di Arc tersebut masih kalah dari Frieza dalam beberapa hal.

Di sisi lain, Dragon Ball Super episode 131 ini kita juga melihat Jiren yang tadinya nggak percaya masalah kepercayaan antar teman, tiba-tiba jadi percaya dan malah kembali mengeluarkan kekuatannya yang sangat menyeramkan. Bahkan ketika udah dihajar tiga orang, Goku, Frieza, dan Android 17, ternyata Jiren masih aja kuat banget. Namun menurut saya, Goku sebenernya jauh lebih kuat.

Baca Juga :

Bayangin aja, gimana caranya Goku yang udah lemes banget nggak bisa gerak dan udah terluka parah setelah menggunakan Ultra Instinct yang udah dikuasainya, tiba-tiba bisa berdiri lagi dan mampu menghajar Jiren dengan kekuatannya yang ternyata masih tersisa. Dengan kekuatan Super Saiya 1 aja, bersama Frieza dengan kekuatan normalnya, mereka akhirnya dapat mengalahkan Jiren dan memaksanya untuk keluar arena.

Kurang “sinting” apalagi coba Goku kekuatannya. Bener-bener luar biasa banget bukan? Ya tapi tentu Goku nggak bakal seperti itu kalau bukan karena dukungan teman-temannya.

Durasinya terlalu singkat

Meskipun menghadirkan pertarungan paling epic ketiga, setelah Goku pertama kali mendapatkan Ultra Instinct sampai di episode 130 kemarin, durasi cerita episode terakhir ini terlalu singkat. Seharusnya sih dikemas dengan waktu yang dua kali lebih lama dari biasanya. Apalagi anime ini bisa dibilang akan hiatus selama kurang lebih satu tahun, dilihat dari narasi di mana kita akan kembali bertemu Goku dan kawan-kawan lagi di masa mendatang. Plus juga Frieza di akhir kembali mendapatkan pasukannya. Bakal ada lagi kan berarti?

Apa yang kamu khawatirkan dari Dragon Ball Super guys? (doc. Toei Animation)

Nah, menurut saya durasinya seharusnya dapat lebih lama, mengingat setelah pertarungan di antara keduanya selesai, tiba-tiba langsung jumping ke adegan para jagoan Universe 7 udah kembali di Bumi bersama Beerus dan juga Wish. Setelah itu langsung aja selesai, tanpa ada bridging cerita yang seharusnya lebih mengalir dan nggak lompat-lompat.

Malah sebenernya saya berharap, seenggaknya ketika Goku akhirnya menguasai Ultra Instinct, pertarungannya dengan Jiren dalam form tersebut terjadi dalam tiga episode. Jadi kita tahu lebih banyak lagi kekuatan dari Ultra Instinct yang telah dikuasai Goku. Ketika anime-nya selesai untuk sementara waktu ini, kita jadi terasa di-PHP-in bukan?

Menebak kelanjutannya seperti apa

Kalau kamu udah melihat teaser dari Dragon Ball Super Movie, tentu kamu udah melihat teaser dari siapa antagonis yang akan dihadapi Goku. Memang belum jelas seperti apa sih, tapi sekilas bisa aja dia another God of Destruction or another Saiyan from another universe. Yang jelas sampai review ini saya tulis, Toei Animation masih belum memberikan informasi lebih.

Menurut saya pribadi sih, setelah Dragon Ball Super episode 131 ini tentu akan ada Arc baru di mana Goku bakal menggunakan kekuatan Ultra Instinct-nya lagi dalam menghadapi musuh-musuh kuatnya. Bisa jadi setelah movie-nya yang akan rilis Desember mendatang tayang, cerita lebih lengkap atau lebih dalamnya akan menjadi Arc pertama. Itu yang dilakukan Toei Animation setelah Dragon Ball Z : Battle of Gods tayang dan diadaptasi jadi serial Dragon Ball Super.

via GIPHY

Baca Juga :

Akan tetapi bisa jadi juga Arc yang baru nanti bakal menceritakan konklusi perseteruan Goku dan Frieza lagi, sebelum akhirnya seri Dragon Ball ini benar-benar selesai. Apalagi Dragon Ball Super ini kembali ditangani oleh sang kreator, Akira Toriyama dan membuat Dragon Ball GT bukan lagi cerita resmi dan bisa dibilang another universe of the story. Dan ya, bisa jadi nantinya Frieza kembali “gila” dan kemudian memburu sang bola naga super untuk kepentingan jahatnya yang lain.

Namun, bisa jadi juga Arc yang baru akan mengangkat kisah Saiya lebih dalam lagi. Mengingat Vegeta punya janji untuk datang ke Universe 6 bertemu dengan Saiyan di sana. Belum lagi pertarungan antara Goku dan Hit yang belum juga selesai. Plus rasa penasaran saya akan Jiren yang ingin menang melawan Goku, tapi biasanya musuh Goku ini akan jadi teman dan bakal membantu Goku nantinya dalam melawan musuh barunya.

Itu sih tebakan saya. Nggak tahu kalau kamu, yang jelas pasti bisa beda dan bisa sama. Yang jelas sih ini merupakan akhir cerita untuk awal baru yang tentu aja ditunggu-tunggu guys. Sampaikan di kolom komentar ya kalau kamu punya pendapat.

Summary
Dragon Ball Super episode 131 jadi episode pamungkas untuk keberlangsungan serial Dragon Ball sampai saat ini. Setidaknya para fans harus menunggu kepastian sampai movie-nya rilis pada Desember mendatang. Meskipun epic, tapi durasinya terlalu singkat. Seharusnya bisa lebih lama agar fans puas.
Good
  • Pertarungannya epic
  • Duet Goku dan Frieza yang sangat mengejutkan dan memang ditunggu-tunggu
  • Seenggaknya bukan akhir cerita Dragon Ball Super yang sebenarnya
Bad
  • Durasi ceritanya yang terlalu cepat dan singkat
  • Semestinya kehidupan setelah Universe Survival Arc ini digambarkan dengan waktu yang lebih lama
7
Good
Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

1 0

Dragon Ball Super Episode 131 – Review – Akhir Terbaik untuk Awal Baru

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0