Her Blue Sky – Review: Lagi-Lagi Mari Okada Bikin Hancur Hati

User Rating: 8
Her Blue Sky - Review- Lagi-Lagi Mari Okada Bikin Hancur Hati
Her Blue Sky - Review- Lagi-Lagi Mari Okada Bikin Hancur Hati

Team Super Peace Buster kembali dengan film yang heart wrenching; Her Blue Sky atau yang dikenal dengan judul Jepangnya Sora no aosa o shiru hito yo atau Her blue Sky.

Kalau kamu ingat Team Super Peace Buster, pasti langsung inget sama karya awal-awal mereka; Anohana The Flower We Saw That Day (Ano hi mita hana namae wa mada shiranai) sama Anthem of the Heart. Team produksi ini beranggotakan Tatsuyuki Nagai sebagai director, Mari Okada sebagai screen writer, sama Masayoshi Tanaka sebagai character designer.

Kalau udah paham sama nama sutradara Nagai dan screenwriter Mari Okada, kamu pasti nggak bakal kaget bakal ngaduk – aduk perasaan. Kayak yang kamu tahu Mari Okada itu paling seneng kalo yang nonton film tulisannya dia bisa tertawa lepas dan lima menit kemudian jadi nangis nggak karuan. Ini dibuktikan sama karya doi yang akhir – akhir ini paling heart wrenching itu, MSG Tekketsu no Orphan.

Balik ke Film Sora no Aosa o Shiru Hito yo atau Her Blue Sky ini, tema yang diangkat ini adalah musik dan keluarga. Kalo kamu band player pasti relate banget sama cerita ini. Kisah ini berpusat pada Aoi Aioi, seorang bassist yang udah mau lulus SMA dan pengen banget buat ke Tokyo.

Nah, keadaan emosional Aoi dan kakaknya Akane bakal digali banget jadi bumbu film ini yang setelah kehilangan orangtuanya harus melanjutkan hidup berdua. Selain itu ada juga cerita hubungan Akane dengan si mantan, Shinnosuke yang naik turun habis pulang kampung.

Termasuk didalamnya dan ciri khas Tante Mari Okada selalu ada unsur magis di film ini. Digambarkan saat 10 tahun abis putusin ngerantau ke Tokyo, Shinnosuke masih belum sukses. Sampe – sampe muncul Ikiryō (arwah orang hidup) Shinnosuke di tempat nge-band dulu. Di tempat itu dia ketemu Aoi dan masalah berkembang dari sini.

ENJOY THIS ALSO : City Hunter Movie: Shinjuku Private Eyes Review – Klasik & Nostalgia

Chichibu dan Realismenya

Selain itu, kamu juga bakal disuguhin cerita kehidupan di Daerah Chichibu, Saitama. Daerah Chichibu, Saitama ini sejak Ano Hana meledak hampir 10 tahun lalu dan sudah jadi lokasi pilgrimage anime lover seluruh dunia. Memang daerah ini terkenal dengan nama Negeri di Atas Awan. Jadi gara-gara emang saitama itu daerah pegunungan, pada waktu tertentu, kabut bakal menutupi seluruh kota dan cuma Chichibu Bridge yang kelihatan.

Dari Animation Production House Cloverworks, animasi dan pewarnaan di film ini bakal dimanjain sama color swatch yang soft dan ngga tajem seperti film Promare yang release berberapa bulan yang lalu. Yang paling saya appreciate dari animasinya itu pas ada yang main instrumen musik posisi jarinya pas di fret dan nggak ngarang.

Soal musik, sejak animasi Anthem of the Heart (2015) udah kedengeran bagus banget. Aoi pas pake in ear microphone dan main bass pake VOX AP2BS amPlug 2 dia, kamu juga bakal ngerasain sound isolation juga. Hal itu yang bikin saya impressed banget sama sound directing film ini. Kamu harus dengerin sendiri buat ngerasaan, suer, saya aja ampe terharu padahal belum masuk cerita.

Verdict

Meski begitu ada hal yang saya nggak cocok sama film ini. Terutama karena Team Super Peace Buster itu udah beberapa kali bikin film dengan formula yang sama. Membosankan lama-lama. Apalagi dengan di-release dibawah bayang-bayang Ano Hana yang bisa dibilang pencapaian tertinggi Mari Okada. Her Blue Sky ini sedikit terasa underwhelming dalam hal cerita dan presentation.

Penulis: Arfindra Saputra
Editor: Amos Anugrah

Summary
Film ini adalah salah satu anime tentang musik dan magic realism khas Mari Okada, dengan animasi dan sound direction yang hampir excellent!
8
Great
Written by
Watch Anime Weekly | Play Game Routinely | "Omae wa mo Shindeiru" Kenshiro - Serial Tinju Bintang Utara

Is the Story Interesting?

1 0

Her Blue Sky – Review- Lagi-Lagi Mari Okada Bikin Hancur Hati

Written by
Mulai mengenal pop culture dari manga Dragon Ball dan Doraemon, hingga dihancurkan secara mental dengan Evangelion. Head of Content at JoyPixel.id.

Is the Story Interesting?

0 0