Huawei FreeBuds 3, ChiFi TWS Baru Dari Huawei!

(Doc. JoyPixel/Iman Ramadhan)

Dunia audio portabel kini dihadapkan dengan fenomena tren baru seiring dengan menghilangnya lubang jack audio di berbagai perangkat telepon genggam kelas flagship. Kini hadir inovasi yang sudah siap menemani hilangnya lubang jack audio: TWS, alias true wireless speaker, JoyFriends. Sesuai namanya, earphone ini sudah nirkabel, alias nggak pake kabel sama sekali, yang membedakan true wireless speaker dengan earphone bluetooth biasa yang masih mengenakan kabel modul. Plus, Huawei kini ingin memadukan produk-produk miliknya menjadi bagian dari dunia fesyen yang canggih nan stylish.

Setelah awal nama dan teknologi TWS ini naik dikenal massa oleh Apple yang menghilangkan lubang jack audio demi lebih terjualnya banyak AirPods, kini Samsung yang awalnya meledek Apple juga meluncurkan Galaxy Buds dan menghilangkan lubang jack audio di smartphone-nya. Brand-brand audio lain pun juga mulai mengembangkan produk TWS. Huawei yang juga menguasai pasar telekomunikasi pun seakan tak mau kalah dengan kompetitornya. Kini Huawei memperkenalkan TWS baru, yaitu Huawei FreeBuds 3. 

Di tengah fenomena TWS, fenomena ChiFi alias Chinese Fidelity juga sedang merebak, di mana merk perangkat audio berkualitas buatan negeri Tiongkok sedang naik-naiknya menawarkan price to performance yang mengagumkan, melawan pemain-pemain besar dunia audio katakanlah seperti Sony, Sennheiser, AKG, dll yang harganya selangit. Dengan rentangan harga di bawah seratus ribu hingga di atas sejuta yang kompetitif berbagai produk dari ChiFi ini menawarkan banyak merek seperti Vido, Knowledge Zenith, CCA, trn, TFZ, BLON, Shanling, Fiio, Tin Audio, xDuoo, dan berbagai merk lainnya. Produknya pun termasuk bermacam-macam, seperti earbuds, in-ear monitor, TWS, hingga Digital Audio Player.

Inikah masa depan dunia audio, terlebih audio portabel, JoyFriends? Bisakah Huawei masuk ke dalam tren ChiFi dan TWS yang sedang marak dengan generasi ketiga FreeBuds, seperti Huawei bisa menjadi punggawa dalam kamera ponsel? Kemudian, fitur-fitur apa aja sih yang hadir pada Huawei Freebuds 3 ini?

NYAMAN DAN ERGONOMIS!

(Source: TechAdvisor.co.uk)

Tampil dengan desain open-fit a la Huawei yang bernama Dolphin Bionic yang khas, Huawei ingin membuat kamu merasakan pengalaman yang nyaman dan maksimal, sehingga tidak akan terlepas saat kamu memakai earbuds ini, seperti yang banyak dikhawatirkan banyak orang. Fitting-nya di kuping saya masih terasa sedikit kurang nyaman dibanding TWS Sony WF-1000XM3. Tetapi, kuping orang kan beda-beda, yah.

Saat FreeBuds-nya dibuka dari tempatnya, desain Dolphin Bionic Design-nya langsung terlihat menonjol sekaligus aneh. Entah kenapa saya ngeliatnya kayak bekas gigi patah atau bentuk tulang gitu. Tapi jangan salah, saat dipegang sangat terasa feel premium-nya, mengingat harga di banderolnya juga tinggi. Pas dipakai juga terasa futuristik gitu, nggak ribet kelilit-lilit kabel.

MINIM DELAY DENGAN CHIPSET BARU!

(Source: MightyGadget.co.uk)

Seperti pada telepon genggamnya, Huawei juga mengembangkang chipset sendiri pada perangkat audio-nya ini, Kirin A1, yang mendukung transmisi sinkron dual-channel untuk mengurangi latensi, alias delay yang disebabkan oleh teknologi bluetooth yang masih banyak terasa di berbagai TWS. Tetapi tidak dengan FreeBuds 3-nya Huawei ini. Saat saya coba mendengarkan lagu dan video tidak terasa delay seperti yang dikhawatirkan banyak orang, termasuk saat nge-gim. Meski saya coba-nya gim ringan seperti Cars Lightning League.

“Kami memulai strategi audio baru, dengan pasar audio premium. Dengan ditenagai oleh chip Kirin A1 buatan kami, FreeBuds 3 mewakili inovasi suara cerdas terbaru,” ujar Lo Khing Seng, Deputy Country Director, Huawei CBG Indonesia. “Dengan memudahkan FreeBuds 3 untuk terhubung ke perangkat lain menggunakan aplikasi kami sendiri, visi Huawei Ecosystem yang menyeluruh sudah semakin dekat.”

Semua ini karena TWS ini dilengkapi dengan BT-BLE dual-mode Bluetooth 5.1 SoC bersertifikat 5.1, teknologi transmisi Dual Channel Huawei Isochronous, dan prosesor audio 365 MHz terdepan di kelasnya. Koneksi bluetooth-nya pun terbilang stabil, berkat antena yang berkinerja tinggi di chipset Kirin AI dan encoder yang dioptimalkan, menjamin kalau menghilangkan suara bising di luar. Benarkah? Terus ikuti pembahasan kami, JoyFriends!

KEDAP SUARA, SERASA DUNIA MILIK BERDUA

(Source: androidpit.com)

Pengen kayak diflm-film yang kalau lagi dengerin lagu kayak dunia milik kamu dan earphone? Nah, FreeBuds 3 ini sudah dilengkapi fitur Active Noise Cancelling (ANC) yang bikin suara bising di luar ini hilang dengan cara mengetuk dua kali di earbud bagian kiri secara real time, didukung dengan chipset cerdas AI a la Huawei. Sayangnya saat saya coba mendengarkan musik secara langsung, suara bising di Lucy In the Sky SCBD, saat launching masih sedikit bocor, alias masih masuk ke kuping.

ANTI BISING SAAT MENELPON!

(Source: Huawei)

Takut kalau lagi nelepon dalam kondisi berisik atau angin lagi kenceng jadi ganggu kualitas kamu nelepon? Tenang aja, FreeBuds ini memiliki fitur yang menjadi solusi untuk masalah kamu. Dengan fitur Bone Voice, secara otomatis FreeBuds 3 bisa ngebedain suara pengguna yang sedang menelpon dengan suara kebisingan di belakang dengan menggunakan getaran suara dari mulut penggunanya.

Kalau kamu lagi jogging, sepedahan dengan kecepatan 20km/jam, atau lagi jalan di tengah angin yang berhembus tiba-tiba ada yang nelpon nawarin gaji, kamu nggak usah khawatir akan nggak kedengeran suaranya. Struktur ‘bone’ pada FreeBuds 3 ini sudah dilengkapi dengan Aerodynamic Mic Duct Design yang bisa menghalau suara angin yang lewat untuk ngilangin suara berisik secara efisien.

CHI-FI, HI-FI

(Doc. JoyPixel/Iman Ramadhan)

Untuk sound-nya, sayangnya belum bisa saya bawa audisi untuk critical listening. Selain karena harus  bergantian dengan jurnalis lain saat launching, fitur Noise Cancelling juga juga tidak terlalu optimal, sehingga suara orang banyak masih sedikit terdengar, mungkin juga karena fitting-nya juga kurang cocok di kuping saya. Tapi sekali lagi, kuping orang beda-beda, loh!

Sebagai Chinese-Fidelity menyasar pasar premium, Huawei memasukan sebuah driver dinamis berukuran 14mm dan tabung bass yang terselip yang sudah di-tuning sedemikian rupa udah siap membuat kamu ngerasa ada di dalam studio, terasa nyata nggak metalik. Secara kasat mata sih kualitas suara yang dihasilkan FreeBuds 3 ini sudah termasuk enak, bukan hanya untuk audiophile saja, untuk yang awam pun sudah lebih dari cukup. Soundstage-nya tidak terlalu luas, stereo-imaging nya lumayan oke, dan vokal mid-nya termasuk maju. Bass yang dijanjikan besar pun nggak terlalu boomy.

DESAIN MUNGIL, MUDAH DI BAWA KE MANA-MANA!

(Doc: JoyPixel/Iman Ramadhan)

Dibalut dengan casing bulat minimalis nan manis dan mungil, kesannya terlihat futuristik dan mudah dibawa ke mana-mana, termasuk ditaruh di saku dan tas. Entah berbahan apa casingnya, tapi saat dipegang terasa enteng, dan cukup kokoh. Huawei FreeBuds 3 ini udah siap banget dibawa di segala suasana dengan desainnya ini. Pun, menurut pendapat pribadi saya, desain generasi ketiganya ini jauh lebih futuristik dibanding dua sebelumnya.

Untuk pairing-nya pun juga saya coba cukup mudah, meski tidak menggunakan device Huawei. Tapi ya karena ingin membangun ekosistem Huawei sendiri, pairing-nya nggak semudah sesama device Huawei.

SENTUHAN FUTURISTIK

(Source: engadget)

Males megang handphone atau Digital Audio Player kamu untuk mindahin lagu atau mau jeda lagu? Tenang aja, FreeBuds 3 ini sudah dilengkapi dengan teknologi kontrol yang intuitif dan mempermudah kamu, JoyFriends. Kamu cukup ketuk dua kali di bagian kanan untuk memulai lagu yang ingin kamu mainkan atau ganti lagu, bisa juga kamu ketuk di sebelah kiri untuk menghidupkan maupun mematikan fitur ANC, alias Active Noise Cancelling, JoyFriends.

Canggihnya, saat earphone-nya kamu cabut dari telinga, secara otomatis lagunya akan berhenti, dan akan berlanjut saat earphone-nya kamu taruh lagi di kuping.

NGGAK USAH KHAWATIR BATERAI HABIS!

(Doc. Alma Hanifa)

Terus kalau ini nirkabel, berarti harus pakai baterai dong? Kalau lagi asik-asik dengerin lagu pas lagi traveling atau sedang dalam perjalanan terus habis gimana, dong?

Kamu sama sekali nggak usah khawatir, JoyFriends. Pasalnya, Huawei FreeBuds 3 ini dapat bertahan selama 4 jam pemakaian sekali ngisi baterai, di mana kalau kamu menggunakan casingnya, daya tahan baterainya bisa sampai 20 jam. Belum lagi dipermudah dengan fitur pengisian daya dengan nirkabel maupun dengan kabel, yang bisa mengisi baterai dari 0% ke 70% hanya dalam jangka waktu 30 menit! Ditambah fitur reverse charging ini berlaku loh untuk FreeBuds 3. Yang berarti handphone kamu yang memiliki fitur reverse charging terutama device Huawei seperti Mate 30 Pro bisa banget jadi power bank untuk mengisi baterai earphone ini. Pokoknya, jangan khawatir deh, JoyFriends!

Gimana JoyFriends, canggih kan Huawei FreeBuds 3 ini? Tersedia dalam dua warna, yakni hitam dan putih (bukan yang Deddy Corbuzier itu), earphone nirkabel ini sudah dapat di Pre-Order mulai tanggal 26 November 2019 hingga 2 Desember 2019 dengan harga Rp2.299.000, JoyFriends! Di dalamnya kamu sudah mendapatkan charger nirkabel gratis (15W) dan casing silikon.

Earphone TWS besutan Huawei ini sudah dapat kamu Pre-Order di berbagai situs e-commerce seperti JD.ID, Blibli, Shopee, dan Lazada. Kalau kamu mager pesen lewat online, kamu bisa banget langsung samperin Huawei Experience Store (HES), Erafone, atau diler-diler Huawei lainnya.

Terus kamu nggak usah khawatir JoyFriends, earphone nirkabel ini bergaransi selama 12 bulan, dan juga bisa diganti baru dengan program purna jual Huawei, yakni 1 to 1 Exchange. Tapi inget, klaim garansinya hanya berlaku kalau perangkatnya memiliki masalah kerusakan mesin dan bukan disebabkan oleh kelalaian kamu, JoyFriends. Kalau itu terjadi, kamu bisa langsung pergi ke pusat layanan Huawei untuk mendeteksi dan mengganti dengan unit yang baru.

Misalkan kamu nggak mau pergi ke Huawei Experience Store, kamu bisa juga langsung hubungi tim layanan Huawei seminggu full melalui hotline, Facebook, Instagram, dan Live Chat di jam 09.00 sampai 21.00. Kalau kamu mau tau informasi lebih lanjut, bisa langsung coba klik link ini. 

Gimana, totalitas kan Huawei melayani kamu demi pengalaman terbaik JoyFriends dengan Huawei? Meski memiliki beberapa kekurangan, Huawei dapat menyajikan salah satu TWS android terbaik. Jika terus dikembangkan, Huawei akan terus menjadi punggawa di dunia audio. Makannya yuk, jangan sampai ketinggalan Pre-Order Huawei FreeBuds 3 sekarang, JoyFriends!

Seorang mahasiswa yang hobinya kuliah sekaligus figuran di band @nextgentheband & @valdivieso_band | Gemar memotret di akun @ishoothem dan menulis gan

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.