Kenapa Gojek Justru Melebarkan Sayapnya ke India?

Gojek
Kira-kira apa yang membuat Nadiem melebarkan sayap Gojek ke India?

Sekitar 3-4 tahun wira-wiri di Indonesia, bisnis startup lokal yang digawangi oleh Nadiem Makarim dengan tagline “Karya Anak Bangsa” ini, nampaknya ingin bereksperimen dengan berekspansi ke negeri orang. Pasalnya Nadiem telah merekrut beberapa orang dari India untuk dijadikan sebagai tim engineering di Gojek sendiri.

Malah awal tahun ini, Gojek juga dikabarkan akan beredar di India. Kira-kira alasannya apa ya?

Seperti dikutip Kompas Internasional, menurut Nadiem, tim engineering dari India sudah sangat mapan. Bukan semata-mata dari segi kemampuan dan kecerdasan, melainkan juga pola pikir atau mindset.

Selain itu juga karena keduanya memiliki kecocokan visi dan kultur yang sama, sehingga hal itu menjadi pilihan bagi CEO Gojek ini untuk mempekerjakan orang-orang dari Bengaluru, India. Nadiem juga mengakui telah mengakuisisi dua perusahaan startup berbasis TI dari India yakni C42 Engineering dan Codelgnition.

Akuisisi perusahaan sebagaimana yang diungkapkan oleh manajemen perusahaan yang bermarkas di kisaran Blok M ini kepada CNN merupakan salah satu tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan keunggulan dari teknologi mereka sendiri dan juga layanan bagi pengguna setianya.

Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Saat ini, layanan telah tersedia di 50 kota di Indonesia. Hingga bulan Juni 2016, aplikasi Gojek sudah diunduh sebanyak hampir 10 juta kali di Google Play pada sistem operasi Android, dan telah tersedia di App Store. Gojek juga mempunyai layanan pembayaran digital yang bernama Gopay. Layanan Gojek kini telah tersedia di Thailand, Vietnam dan Singapura.

Kalau negara-negara sekitar Asia Tenggara dan India sudah, negara mana lagi berikutnya?

Cek lebih banyak asupan informasi teknologi dan tulisan menarik lainnya dari Dian Apriliana.

Written by
die hard fans of unicorn, sushi, flamingo and rose gold thing.

Is the Story Interesting?

0 0