Mengenal Kyuranger, Super Sentai Dengan Anggota Terbanyak

The ultimate saviors, Uchuu Sentai! Kyuranger! (doc: Toei)

Bicara soal Super Sentai, pasti di benak kamu adalah pahlawan super berjumlah 5-6 orang. Namun, ada pula Super Sentai yang jumlahnya lebih dari 6 orang. Mahou Sentai Magiranger adalah Super Sentai pertama yang anggotanya lebih dari 6, tepatnya berjumlah 8 orang.

Setelah sekian lama, rekor itu akhirnya dipatahkan oleh Uchu Sentai Kyuranger. Bahkan, Kyuranger memegang rekor dengan anggota inti terbanyak yaitu 9 orang dan total anggota terbanyak yaitu 12 orang. Setelah serialnya tamat, nggak salah kalau membahas mereka satu per satu.

Lucky (Shishi Red)

kyuranger

(c) Toei/TV Asahi

Lucky berasal dari Planet Luth dalam Shishi System. Kebanyakan Sentai merah biasanya menjadi anggota awal. Namun, Lucky menjadi anggota kelima Kyuranger. Lucky ternyata adalah keturunan kesatria legendaris Orion. Setelah mendapat kekuatan Orion, Lucky mendapat upgrade form, Shishi Red Orion. Dua tahun setelah pertarungan dengan Don Armage, Lucky melanjutkan impiannya menjelajah luar angkasa ditemani Garu.

TRIVIA:

  1. Dalam sistem 88 rasi bintang, Lucky mewakili rasi bintang Leo (Shishi Red) dan Orion (Shishi Red Orion). Jurus andalannya, Regulus Impact, berdasarkan bintang Regulus, bintang paling terang dalam rasi Leo.
  1. Catchphrase Lucky yaitu “Alright, Lucky!” dan “Let’s Test Your Luck” berdasarkan horoskop yang sering digunakan untuk meramal keberuntungan.

Stinger (Sasori Orange)

(c) Toei/TV Asahi

Stinger merupakan mata-mata Shou Ronpo yang bergabung dengan Jark Matter. Hal ini dilakukan untuk mencari sang kakak, Scorpio. Dia berasal dari Sasori System. Stinger menjadi saksi pembunuhan Dr. Anton dan berpura-pura menjadi musuh Kyuranger sebelum akhirnya mengungkap motifnya. Dua tahun setelah pertarungan melawan Don Armage, Stinger menjadi komandan baru Kyuranger.

TRIVIA:

  1. Dalam sistem 88 rasi bintang, Stinger mewakili rasi bintang Scorpius. Jurus Antares miliknya berdasarkan bintang Antares, bintang paling terang dalam rasi Scorpius.
  1. Kisah Stinger mirip dengan tiga anggota Liveman dan Captain Marvelous, yaitu dikhianati oleh orang terdekatnya.

Garu (Ookami Blue)

(c) Toei/TV Asahi

Garu merupakan klan Wolfman terakhir dan ditemukan di Planet Jagjag dengan Kyutama di lehernya. Biasanya, dia mengakhiri kalimat dengan kata “-garu” atau “-ki”. Setelah mengalahkan Don Armage, dia berpetualang bersama Lucky.

TRIVIA:

  1. Dalam sistem 88 rasi bintang, Garu mewakili rasi bintang Lupus.
  1. Nama Garu berasal dari kata “garuru”, onomatopoeia suara serigala.
  1. Serangan Garu yang dipengaruhi kekuatan Shishi Red Moon berdasarkan mitos manusia serigala dan bulan. Bedanya, jika manusia serigala menjadi lebih ganas karena efek bulan, Garu menjadi lebih tenang dan cerdas.

Enjoy read also: Bukan Cuma Ryusoulger, Inilah Deretan Sentai Bertema Dinosaurus

Balance (Tenbin Gold)

(c) Toei/TV Asahi

Balance merupakan robot dan rekan dari Naga Ray. Dia adalah anggota ketujuh Kyuranger yang bergabung. Setelah kekalahan Don Armage, dia dan Naga melanjutkan misi mencari harta karun yang ditinggalkan Jark Matter.

TRIVIA:

  1. Dalam sistem 88 rasi bintang, Balance mewakili rasi bintang Libra.
  1. Karena lahir 26 Maret, membuat zodiak Balance yaitu Aries, yang merupakan sisi berlawanan Libra dalam sistem roda Zodiak.
  1. Balance merupakan Gold Ranger yang paling cepat muncul di antara semua Gold Ranger (episode 2) dan Gold Ranger pertama yang tidak menjadi Ranger keenam.

Champ (Oushi Black)

kyuranger

(c) Toei/TV Asahi

Champ merupakan android berwujud banteng. Dia merupakan salah satu dari tiga anggota Kyuranger yang pertama muncul. Champ juga menjadi pegulat dengan nama Yagyuu Juubee. Setelah pertarungan terakhir melawan Don Armage, Champ kembali ke dunia gulat.

TRIVIA:

  1. Dalam sistem 88 rasi bintang, Champ mewakili rasi bintang Taurus. Jurus andalannya, Aldeberan Impact berdasarkan bintang Aldeberan, bintang paling terang dalam rasi Taurus.
  1. Kisah Champ mirip dengan BullBlack (Gingaman). Mereka berdua ingin balas dendam pada penjahat yang membunuh orang yang mereka yang sayangi.
  1. Helm Champ saat berwujud Oushi Black mirip dengan Makito Ozu (Magi Green/Magiranger) karena sama-sama berwujud kepala banteng. Bedanya, tanduk di helm Champ lebih panjang.
  1. Nama samaran Champ saat bergulat adalah Yagyuu Juubee. Nama ini berdasarkan samurai legendaris bermata satu, Yagyuu Juubei Mitsuyoshi.

Naga Ray (Hebitsukai Silver)

(c) Toei/TV Asahi

Karena Naga Ray berasal dari Hebitsukai System, dirinya tidak memiliki emosi. Bersama Balance, Naga melakukan pencurian di berbagai planet. Naga sempat dicuci otaknya dan diubah menjadi jahat menjadi Dark Naga oleh Akyanba. Karena kejadian ini, menyebabkan Seiza Blaster dan Kyutama miliknya kena dampaknya. Naga pun berubah menjadi Hebitsukai Metal. Kekuatan ini masih ada meski Naga terbebas dari pengaruh Akyanba. Setelah kekalahan Don Armage, dia dan Balance melanjutkan misi mencari harta karun yang ditinggalkan Jark Matter.

TRIVIA:

  1. Dalam sistem 88 rasi bintang, Naga mewakili rasi bintang Ophiuchus.
  1. Tempat asal Naga Ray mirip dengan Planet Vulcan dari Star Trek. Ambisi Naga Ray agar memiliki emosi, mirip dengan tujuan Letnan Komandan Data dalam Star Trek: The Next Generation.
  1. Nama Naga berasal dari hewan mitologi Hindu mirip ular yaitu naga. Uniknya, wujud ranger Naga juga berwujud ular.
  1. Naga Ray merupakan ranger pertama sejak Agri (Gosei Black/Goseiger) yang punya motif ular. Naga juga menjadi Silver Ranger pertama yang dicuci otaknya oleh musuh sejak yang dialami Gosei Knight dari Goseiger.

Enjoy read also: 5 Perbedaan Antara Super Sentai dan Power Rangers

Hammie (Chameleon Green)

kyuranger

(c) Toei/TV Asahi

Hammie berasal dari Chameleon System. Hammie menjadi salah satu dari tiga anggota awal Kyuranger. Semasa kecil, dia merupakan anggota shinobi yang dilatih Ninja Master. Setelah pertarungan terakhir melawan Don Armage, Hammie memutuskan untuk berkarir sebagai guru.

TRIVIA:

  1. Dalam sistem 88 rasi bintang, Hammie mewakili rasi bintang Chamaeleon.
  1. Hammie merupakan Green Ranger wanita pertama. Sebenarnya, ada juga Midoninger, tapi hanya muncul di V-Cinema, bukan di serial. Mele juga dianggap sebagai Green Ranger wanita pertama, tapi dirinya bukanlah anggota inti Gekiranger, bahkan dirinya dianggap bukan ranger.
  1. Hammie mirip dengan Fuuka (ShiroNinger) dan Tsuruhime (NinjaWhite) karena mereka merupakan anggota termuda dan sama-sama keturunan klan ninja.
  1. Perubahan dan catchphrase Chameleon Green Moon diambil dari serial Sailor Moon (“Make up” saat berubah dan “you will be punished” saat bertarung). Sailor Moon juga sudah diparodikan oleh Radietta Fanbelt (Carranger) dan Punishment Sailor Sisters (Kakuranger).

Enjoy read also: Budaya, Biang Kerok Perdebatan Super Sentai dan Power Rangers

Raptor 283 (Washi Pink)

kyuranger

(c) Toei/TV Asahi

Raptor merupakan android tipe 283 yang dibuat oleh Rebellion dari Washi System. Raptor juga menjadi wakil komandan kapal ORION. Setelah pertarungan terakhir melawan Don Armage, Raptor memilih tetap tinggal di kapal ORION sebagai pilot.

TRIVIA:

  1. Dalam sistem 88 rasi bintang, Raptor mewakili rasi bintang Aquila. 
  1. Washi Pink merupakan Pink Ranger pertama dan Sentai cewek pertama yang memiliki motif elang. Biasanya, motif elang digunakan Sentai cowok.
  1. Nomor 283 yang dimiliki Raptor bukanlah asal-asalan. Dalam Goroawase (permainan kata dalam Bahasa Jepang), 283 bisa dibaca tsu-ba-sa, yang berarti sayap.
  1. Suara Raptor 283 diisi oleh M • A • O, alias Mao Ichimichi, yang berperan sebagai Luka Millfy/Gokai Yellow (Gokaiger).

Spada (Kajiki Yellow)

(c) Toei/TV Asahi

Spada berasal dari Kajiki System yang sebenarnya sudah dikuasai Jark Matter. Dia menjadi salah satu dari tiga anggota inti yang muncul. Spada mulai memasak saat masih kecil agar bisa merawat adik-adiknya. Dua tahun setelah pertarungan melawan Don Armage, Spada akhirnya mewujudkan cita-citanya membuka restoran.

TRIVIA:

  1. Dalam sistem 88 rasi bintang, Spada mewakili rasi bintang Dorado.
  1. Spada dalam Bahasa Italia berarti pedang, menyesuaikan dengan wujud Sentai Spada yang memiliki motif swordfish (ikan pedang).
  1. Karena Spada adalah chef, dia suka membuat kata-kata yang berdasarkan masakan. Selain itu, Spada juga menggunakan kata meister yang mendeskripsikan dirinya sebagai food-meister, seorang chef profesional.
  1. Spada mirip dengan Genta Umemori (Shinken Gold/Shinkenger) karena mereka berdua ahli memasak dan ahli menggunakan pedang.

Shou Ronpo (Ryu Commander)

kyuranger

(c) Toei/TV Asahi

Shou Ronpo merupakan pemimpin Rebellion dan komandan Kyuranger. Dia berasal dari Ryu System. Shou Ronpo menjadi anggota ke-10 Kyuranger sebagai Ryu Violet kemudian berevolusi menjadi Ryu Commander. Dua tahun setelah pertarungan melawan Don Armage, Shou Ronpo masih di Rebellion sebagai Komandan Tertinggi. Posisi komandan Kyuranger diserahkan kepada Stinger.

TRIVIA:

  1. Dalam sistem 88 rasi bintang, Ryu Commander mewakili rasi bintang Draco.
  1. Nama Shou Ronpo berasal plesetan kata Bahasa Cina yaitu xiaolongbao, yang berarti roti bakpao.
  1. Shou Ronpo mirip dengan Doggie Kruger (Dekaranger) dan Wise God Torin (Kyoryuger) karena sama-sama menjadi mentor Ranger meski wujudnya bukan manusia.
  1. Quote perkenalan Shou Ronpo mirip dengan catchphrase Souji Tendou yaitu “Walking to the path of heaven” dari Kamen Rider Kabuto.
  1. Shou Ronpou sama-sama memiliki masalah sakit punggung dengan Dr. Ulshade (Kyoryuger). Uniknya, keduanya sama-sama Ranger berwarna violet.

Enjoy read also: Sambutlah Super Sentai Era Reiwa, Mashin Sentai Kiramager

Kotaro Sakuma (Koguma Skyblue & Ooguma Skyblue)

(c) Toei/TV Asahi

Kotaro merupakan anak yang menentang Jark Matter di Bumi bersama adiknya Jiro. Setelah terinspirasi oleh Stinger, dirinya bergabung dengan Rebellion. Kotaro mendapat Kyutama dari pendahulu Shou Ronpou yaitu Big Bear.

TRIVIA:

  1. Dalam sistem 88 rasi bintang, Koguma Skyblue mewakili rasi bintang Ursa Minor dan Ooguma Skyblue mewakili rasi bintang Ursa Major.
  1. Motif hewan Kotaro berdasarkan namanya yaitu Sakuma. Kata kuma dalam Bahasa Jepang berarti beruang.
  1. Kotaro Sakuma diperankan oleh Shota Taguchi, yang memerankan Chihiro remaja dalam Kamen Rider Amazons musim kedua.
  1. Karena rasi bintang yang Kotaro dan Don Armage wakili, mereka bisa dibilang berlawanan. Kotaro mewakili rasi bintang Ursa Minor yang memiliki bintang Polaris, petunjuk arah utara. Sementara, Don Armage dari rasi bintang Crux, petunjuk arah selatan.

Tsurugi Ohtori (Houou Soldier)

kyuranger

(c) Toei/TV Asahi

Tsurugi adalah manusia pertama yang berpetualang ke luar angkasa. Namun, kecelakaan saat berada di Houou System membuatnya sekarat hingga dirinya diselamatkan oleh Houou Kyutama. Tsurugi juga berperan dalam menciptakan Raptor 283. Dia pernah bertarung bersama Orion untuk membebaskan luar angkasa dari ancaman Jark Matter.

TRIVIA:

  1. Dalam sistem 88 rasi bintang, Tsurugi mewakili rasi bintang Phoenix.
  1. Ohtori Tsurugi dalam Bahasa Jepang berarti Pedang Phoenix. Nama ini berdasarkan senjata andalannya, Houou Blade.
  1. Toei masih belum memberikan pernyataan resmi apakah Tsurugi atau Shou Ronpo yang menjadi ranger keenam Kyuranger.
  1. Helm Houou Soldier yang bentuknya seperti phoenix mirip dengan helm MagiRed. Uniknya, kepakan sayap phoenix dalam helm Houou Soldier seperti membentuk huruf kanji Oh, yang berarti raja, yang menggambarkan phoenix sebagai “raja” para burung.

Cek untuk lebih banyak lagi artikel tentang TOKUSATSU atau tulisan-tulisan lainnya dari Roisul Umam, Joyfriends!

Editor : Steve Harrington

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

20 21