Mondo Gascaro Rilis Single Video Klip Terbaru, “Apatis”

Di satu sudut Selatan Jakarta pada Rabu (6/3) pukul 19.00, telah berkumpul seniman lintas dimensi dan medium, namun saling membutuhkan dan berkesinambungan: musik dan film. Para seniman lintas medium ini bertemu di sebuah tempat bernama Kios Ojo Keos; satu tempat yang lebih dari sekadar tempat minum kopi yang bersiap menampung lagu-lagu yang tengah mengudara diselingi diskusi lagu per lagu.

Malam itu dihadiri langsung oleh Mondo Gascaro selaku music director, Ifa Isfansyah selaku produser, dan juga Panji Prasetyo sebagai produser eksekutif yang siap membedah setiap lagu pada album musik tema ini. Uniknya, album musik tema ini adalah yang kali pertamanya dirilis dari sekian banyak film yang telah dilahirkan oleh sang sineas Garin Nugroho lho, JoyFriends.

(Mondo Gascaro saat Premiere Screening Video Klip Apatis. Doc. Locker Media)

Setelah dirilisnya album musik tema untuk film Kucumbu Tubuh Indahku bulan Desember 2018 lalu, kini musisi kenamaan Mondo Gascaro bersama labelnya, Ivy League Music, telah merilis singel terbaru berjudul “Apatis”, beserta video musiknya di kanal YouTube milik sang music director film ini. Perilisan singel “Apatis” sekaligus ditujukan untuk menyambut film karya sineas Garin Nugroho yang akan tayang di sinema-sinema tanah air mulai bulan depan, JoyFriends!

Selain bedah setiap lagunya pada album musik tema, malam itu juga diputar video musik Apatis yang diproduksi oleh Fourcolours Film dengan menggandeng sineas Eddie Cahyono (SITI, 2015), serta dibintangi langsung oleh pemeran utama film ini, Muhammad Khan. Video musiknya sendiri bercerita mengenai kelanjutan kisah hidup Jono, pemeran utama pada film Kucumbu Tubuh Indahku, yang digambarkan berpapasan dengan sang music director, Mondo Gascaro, dalam perjalanan hidupnya.

(Suasana ramainya Premiere Screening ‘Apatis’. Doc. Locker Media)

“Saya selalu percaya bahwa musik dalam sebuah film harus mengikuti suara emosi dari masing-masing karakter, tempat, dan apa yang sedang dilakukan,” ujar Mondo Gascaro.

“Banyak nama komposer musik di Indonesia yang telah bekerja bersama Garin Nugroho untuk mengeksplorasi visi sinematiknya mengenai Indonesia, jadi ini suatu kehormatan untuk dapat berkontribusi untuk visi terbarunya Mas Garin,” lanjutnya.

Hal yang menarik dari album musik tema ini adalah beberapa pembaharuan aransemen dari lagu-lagu Indonesia karya komposer dan pemusik legenda seperti Ismail Marzuki pada lagu “Hanya Semalam” dan “Rindu Lukisan”, “Bimbang Tanpa Pegangan” milik dirigen sekaligus penulis lagu Saiful Bahri, serta singel ‘Apatis’ yang baru kembali dirilis dalam bentuk video musik merupakan lagu ciptaan Inggrid Widjanarko yang dipopulerkan oleh Benny Soebardja pada album LCLR tahun 1978.

Konon, hal ini sengaja dilakukan agar mendukung keselarasan tema film yang semakin terasa otentik dengan nuansa Indonesia di tahun 50-an hingga 70-an, latar film ini berada. Karena menurut sineas Garin Nugroho, scoring musik pada film memainkan satu peranan  yang krusial.

(Mondo Gascaro saat bermain musik di Premiere Screening Video Klip Apatis. Doc. Locker Media)

“Musik Mondo selalu mengandung dua elemen: Memori Indonesia, yang telah lalu dan yang kekinian. Jadi keputusan memilih Mondo untuk mengisi soundtrack film ini adalah keputusan yang tepat,”  ujar Garin Nugroho.

Kucumbu Tubuh Indahku yang dikenal juga Memories of My Body selain sebelumnya sudah pernah tayang perdana di La Biennale Italia 2018 silam dan beberapa Festival Film Internasional, film ini juga memenangkan beberapa penghargaan, lho. Contohnya nih, JoyFriends, film ini berhasil memenangkan kategori Film Terbaik 2018 serta Sutradara Pilihan menurut Majalah Tempo, serta Film Terbaik di Festival Des 3 Continen, Nantes, di negeri Perancis.

Film karya sineas Garin Nugroho bersama produser Ifa Isfansyah ini berkisah tentang perjalanan hidup Rianto, seorang penari tradisional Lengger yang kini menjadi penari kontemporer kaliber internasional dan menetap di Tokyo. Perjalanan Rianto yang hidupnya penuh dengan trauma berhubungan dengan perjuangan dengan sisi maskulinitas dan sisi feminin, di mana ia meragukan jenis kelaminnya sendiri. Satu langkah yang termasuk berani untuk mengangkat tema yang sensitif di Indonesia ini.

Album musik tema Kucumbu Tubuh Indahku sudah tersedia di layanan streaming musik favoritmu sejak Desember lalu, tapi nggak ada salahnya juga untuk kamu membeli CD-nya juga lho. Filmnya sendiri akan hadir di sinema kesayangan kamu mulai 18 April 2019.

Mondo Gascaro beserta rekan bandnya menutup malam itu dengan lagu-lagu yang dimainkan secara unplugged, menutup malam premiere screening video musik Apatis dengan begitu manis. Gimana, sudah semakin tak sabar, JoyFriends?

Seorang mahasiswa yang hobinya kuliah sekaligus figuran di band @nextgentheband & @valdivieso_band | Gemar memotret di akun @ishoothem dan menulis gan

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>