Siapa Gogeta, Karakter Fusion Goku dan Vegeta di Dragon Ball?

Ini nih yang ditunggu-tunggu para fans Dragon Ball di seluruh dunia, Gogeta kembali! (doc. Toei Animation)

Selain Broly, salah satu karakter paling ditunggu dalam film Dragon Ball Super Broly adalah Gogeta. Buat kamu yang belum tahu siapa Gogeta, karakter ini merupakan hasil fusion antara Goku dan Vegeta. Mungkin JoyFriends bertanya-tanya dan belum tahu apa bedanya Gogeta dan Vegito.

Sama-sama fusion Goku dan Vegeta, tapi kok namanya beda? Apa beda nama artinya, kekuatannya juga beda meskipun hasil fusion dari orang yang sama? Daripada penasaran, kami bakal mengulas singkat pertanyaan-pertanyaan tersebut. Terlebih buat kamu yang baru ngikutin serial yang diciptakan Akira Toriyama ini lewat Dragon Ball Super.

Untuk serial, pertama kali muncul di Dragon Ball GT

Super Saiya 4 Gogeta saat melawan Yi Xing Long (doc. Toei Animation)

Sebagai pengingat, Gogeta muncul dalam serial itu pertama kali di Dragon Ball GT. Kala itu, Yi Xing Long alias Naga Bintang Satu menjadi musuh terakhir dan musuh terkuat yang pernah Goku hadapi. Meski menggunakan wujud Super Saiya 4, Goku dan Vegeta masih kewalahan. Kemudian, Vegeta menyarankan untuk menggunakan fusion. Goku terkejut karena Vegeta menentang ide fusion ini sebelumnya.

Dalam wujud Super Saiya 4, Gogeta mampu mengungguli Yi Xing Long. Sayangnya, karena memiliki kekuatan yang luar biasa, batas waktu fusion ini hanya bertahan selama 10 menit. Gogeta pun gagal menghabisi Yi Xing Long karena kembali ke wujud Goku dan Vegeta. Akhirnya, Goku-lah yang mengalahkan Yi Xing Long.

Namun perlu dicatat serial ini nggak ditangani langsung sama Akira Toriyama, jadi bisa dibilang untuk keresmian karakter ini nggak “seresmi” karakter Gogeta saat muncul di dunia Dragon Ball Z, tepatnya lewat Dragon Ball Z Fusion Reborn.

Secara resmi muncul di Dragon Ball Z Fusion Reborn

Super Saiya Gogeta dalam film Fusion Reborn

Kemunculan pertama Gogeta secara resmi di dunia Dragon Ball ialah kala muncul dalam film Dragon Ball Z Fusion Reborn. Dalam film ini, awalnya Goku mampu mengalahkan wujud pertama Janemba. Namun, ketika Janemba berubah dalam Super Form, Goku kewalahan menghadapinya. Bahkan, dengan bantuan Vegeta yang baru saja meninggal, mereka berdua nggak mampu mengimbangi kekuatan Janemba.

Goku pun menyarankan untuk melakukan fusion. Dia mengajari Vegeta tarian fusion agar mereka bergabung menjadi petarung yang kuat. Vegeta gagal dalam kesempatan pertama karena jari telunjuknya tidak terhubung dengan baik. Hasilnya, Goku dan Vegeta bergabung menjadi Veku yang kekuatannya lemah dan bukan tandingan Janemba.

Baca Juga :

Di kesemptan kedua inilah akhirnya Goku dan Vegeta berhasil melakukan tarian fusion dengan baik. Super Gogeta pun muncul dan mengalahkan Janemba. Setelah keduanya kembali ke wujud asal, Goku dan Vegeta pun berpisah. Vegeta kembali ke alam kematian.

Di Dragon Ball Super Broly, Gogeta resmi masuk canon

Dalam film Dragon Ball Super Broly, kemunculan Gogeta memang jadi kejutan buat para fans, sehingga ditunggu-tunggu kehadirannya oleh para fans. Karena film ini udah tayang di Jepang, tapi belum tayang di Indonesia, kami bakal mengulas sedikit demi menghindari spoiler.

Goku dan Vegeta melakukan fusion pertama kali dalam serial Dragon Ball Kai untuk melawan Majin Buu. Namun, nama yang mereka gunakan saat itu bukanlah Gogeta, tapi Vegito. Fusion yang mereka lakukan pun melalui bantuan anting Potara. Hal ini karena Vegeta nggak mau melakukan tarian fusion yang gerakannya memalukan bagi pangeran bangsa Saiya.

Akan tetapi di film ini, ketika Broly muncul dan mengancam orang-orang yang mereka sayangi, akhirnya Vegeta mau untuk melakukan tarian fusion untuk melahirkan petarung kuat bernama Gogeta. Kemudian Gogeta-lah yang kemudian berani menghadapi Broly. Dan bisa dibilang kehadiran Gogeta di film ini akhirnya mewujudkan salah satu “impian” para fans Dragon Ball di seluruh dunia.

Seperti apa perbedaan kekuatan Gogeta dan Vegito?

Kekutan Super Saiya Gogeta mencapai level 2,500,000,000 (doc. V Jump)

Dalam serial Dragon Ball Kai, Goku dan Vegeta menggunakan anting Potara untuk bergabung menjadi Vegito. Dalam wujud ini, Vegito mampu mengungguli Majin Buu. Ketika Vegito di dalam tubuh Majin Buu, dia kembali ke wujud asal. Namun sebenernya Vegito itu dapat bertahan dalam waktu yang sangat lama, selama anting Potara nggak dilepas.

Dalam Dragon Ball GT, Gogeta mampu mengungguli Yi Xing Long yang sebelumnya mampu mengungguli Super Saiya 4 Goku dan juga Vegeta. Gogeta bahkan bersikap sombong kalau dia mampu mengalahkan Yi Xing Long hanya dengan satu jari. Sayangnya, sebelum Gogeta mengalahkan Yi Xing Long, dia kembali ke wujud asal karena batas waktu.

Menurut Daizenshuu 7, yaitu buku ensiklopedia Dragon Ball, hasil fusion menggunakan anting Potara lebih kuat daripada menggunakan tarian fusion. Namun, hasil fusion menggunakan tarian fusion mampu mengeluarkan kekuatan yang lebih kuat dibanding menggunakan anting Potara.

Baca Juga : Mengenal Super Dragon Ball Heroes, Arcade Game Paling Laku di Jepang!

Siapa yang nggak sabar liat Gogeta? (doc. Toei Animation)

Dari penjelasan singkat di atas, bisa dikatakan Gogeta lebih kuat daripada Vegito karena mampu mengeluarkan kekuatan yang lebih kuat. Sementara, Vegito belum bisa mengeluarkan kekuatan penuh karena belum diperlihatkan secara detail. Namun meski lebih kuat, kembali lagi kalau Gogeta hanya dapat muncul dalam waktu sebentar.

Kalau kamu harus memilih, siapa sih yang akan kamu pilih di antara Gogeta dan Vegito? Kamu bisa share jawaban kamu di kolom komentar di website ini maupun di Instagram kami ya JoyFriends!

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

1 0

Siapa Gogeta, Karakter Fusion Goku dan Vegeta di Dragon Ball?

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0