Love Live! Bukan Sekadar Anime Idol Biasa!

Grup Idol μ's dari Love Live! School Idol Project (doc. Sunrise & Lantis)

Anime dalam genre idol bener-bener populer dalam beberapa tahun belakangan. Pasalnya, anime seperti ini berisi semua yang diinginkan oleh seorang otaku: karakter-karakter cewek yang kawaii dan lagu-lagu yang menyenangkan. Salah satu franchise idol ternama di industri anime saat ini adalah Love Live! yang sudah beredar sejak tahun 2010 silam. Apa yang bisa membuat Love Live! sangat besar dan sukses? Nah, sekarang Joypixel akan bahas lebih dalam tentang franchise besar ini. Simak terus ya Joyfriends!

Where It All Started

Love Live! dibuat oleh Sakurako Kimino dan pertama kali diperkenalkan ke dunia dalam majalah Dengeki G’s Magazine pada bulan Juli 2010. Dalam kesempatan tersebut, Dengeki G’s Magazine juga mengumumkan kalau mereka akan bekerja sama dengan Lantis dan Sunrise untuk produksi musik dan video klipnya (dan kemudian anime-nya).  Projek ini pun resmi menjadi kerjasama antara Lantis Dengeki GSunrise

Di tahun yang sama, Love Live merilis single pertama dan kedua mereka, Bokura no Live Kimi to no Life (Agustus 2010) dan Snow Halation (Desember 2010). Snow Halation bisa dibilang lagu Love Live yang paling ngetop dan memorable hingga saat ini. Bahkan bisa dibilang kalau lagu tersebutlah yang bikin franchise ini mulai terkenal kala itu.

Di tahun 2012, Love Live! hadir dalam bentuk manga, ditulis oleh Sakurako Kimino sendiri dan diserialkan kedalam Dengeki G’s Magazine sampai 2014. Manganya sangat populer di kalangan masyarakat lalu kabar muncul pada tahun 2013 kalau ada rencana untuk membuat adaptasi anime dari Love Live!

School Idol Project & μ’s

Adaptasi anime pertama mereka, Love Live! School Idol Project menceritakan kisah Honoka Kousaka  yang mendengar bahwa sekolahnya, Otonokizaka Girls High School akan ditutup tahun depan karena jumlah siswi yang terlalu sedikit. Honoka memutuskan bahwa untuk menyelamatkan Otonokizaka, dia, Kotori dan Umi harus menjadi school idol dan mewakili sekolah mereka untuk berkompetisi dalam Love Live dan menjuarainya.

Mereka mulai merekrut member-member lain mulai dari Hanayo Koizumi, Rin Hoshizora, Maki Nishikino, Nico Yazawa, Nozomi Tojo dan Eli Ayase untuk membentuk grup idol sensasional yaitu μ’s (baca: Muse) yang memiliki arti ‘nine goddess of music’.

Konser perdana 9 anggota μ’s, “Bokura no LIVE Kimi to no LIFE” (doc. Sunrise & Lantis)

Anime ini terbagi menjadi dua season dan kemudian berlanjut ke film berjudul Love Live! The School Idol Movie yang tayang pada tahun 2015. Dalam film ini, mereka diundang ke New York untuk memperkenalkan kultur school idol kepada masyarakat Amerika Serikat demi meningkatkan popularitas kompetisi Love Live. Kisah μ’sberakhir dalam film ini.

Aqours & Sunshine!!

Di tahun 2015, trio Dengeki G’s Magazines, Lantis, dan Sunrise mengumumkan proyek spinoff yang berjudul Love Live! Sunshine!! dengan setting, karakter dan cerita yang berbeda. Sunshine!! berfokus kepada grup baru yaitu Aqours yang ingin mengikuti jejak μ’suntuk mengikuti Love Live! dan menyelamatkan sekolah mereka. Hmmm kok kedengerannya sama ya? Secara luas memang iya mirip, tapi cerita Aqours tidak semulus yang dilalui μ’s.

Di tahun yang sama, Aqours merilis single pertama mereka, Kimi no Kokoro wa Kagayaiterukaiyang kemudian diikuti dengan manga adaptasi Love Live! Sunshine!! pada bulan Mei 2016. Anime Love Live! Sunshine!! dirilis pada bulan Juli 2016 (season 1) dan Oktober 2017 (season 2)

Kisah spinoff ini berpusat pada Chika Takami, seorang siswi dari Uranohoshi Girls High School yang tergila-gila dengan μ’singin mendirikan klub idolnya sendiri bersama sahabatnya, You Watanabe. Pada awalnya, Chika masih kesulitan merekrut anggota, dan harus memiliki setidaknya 5 anggota untuk memulai klub idol mereka. Mulailah dari situ ia bertemu dengan Riko Sakurauchi yang menjadi anggota ke-3 dari grup mereka. Para junior, Ruby, Hanamaru dan Yoshiko menyusul gabung Aqours diikuti oleh Kanan Matsuura, Dia Kurosawa dan juga Mari Ohara. Sembilan cewek ini pun memutuskan untuk menggunakan nama Aqours (baca: Aqua).

It’s Joke! -Mari Ohara (doc. Sunrise & Lantis)

Perjalanan Aqours nggak semulus μ’s karena mereka gagal menyelamatkan sekolah mereka meski berhasil memenangkan Love LiveCerita Aqours masih akan berlanjut dalam project movie mereka sendiri yang berjudul Love Live! Sunshine!! The School Idol Movie Over the Rainbow dan dirilis pada tanggal 4 Januari 2019.

Promotional Image untuk movie Aqours (doc. Sunrise, Dengeki G & Lantis )

Love Live! School Idol Festival! & After School Activities

Saking suksesnya serial anime dari School Idol Project , para produser berkolaborasi dengan Bushiroad dan KLab untuk membuat game musik rythm, Love Live! School Idol Festival! atau Love Live! SIF! yang diluncurkan pada tahun 2013. Pada tahun 2016, mereka memasukan karakter dari Aqours kedalam game nya. Game nya sendiri memiliki 2 fitur utama yaitu cerita dan live. Kalian juga bisa melakukan gacha untuk mendapatkan kartu dari karakter favorit mulai dari kartu R (Rare) hingga UR (Ultra Rare).

Home menu Love Live! SIF! (doc. Bushiroad & KLab Games)

Kalau School Idol Festival berlaku untuk smartphone, Love Live menyediakan platform game untuk para pemain arcade dengan After School Activities. Diperkenalkan pada tahun 2016, cara bermainnya mirip dengan SIF! namun dengan elemen 3D untuk Live. Ada beberapa jenis kartu yang ada di game ini, seperti Member Cards, Skill Cards & Profile Cards. 

Menu Utama After School Activities (doc. Bushiroad & Square Enix)

Project game baru yaitu Love Live! School Idol Festival ALL STARS akan rilis tahun ini, yakni versi ultimate dari SIF dimana elemen 3D akan masuk seperti yang ada di After School Activities. 

All Stars! (doc. Bushiroad & KLab Games)

The Seiyuus as Real Idols

Seiyuu dari μ’s (doc. Dengeki G)

Selain mengisi suara para idol di anime, para seiyuu atau voice actor/actress mengadakan konser live kepada para fans, mulai dari μ’s hingga Aqours. μ’smengadakan konser mereka pada tahun 2012 di Yokohama. Kesuksesan konser tersebut membuat μ’s akhirnya mengadakan konser tahunan sebelum mengakhirinya pada tahun 2016 dengan μ’s Final LoveLive! 〜μ’sic Forever.

Para Seiyuu dari Aqours (doc. Dengeki G)

Sementara itu Aqours, hingga tulisan ini dirilis, tengah dalam masa tur konser ketiga mereka yang bertajuk Love Live! Sunshine!! Aqours 3rd LoveLive! Tour ~WONDERFUL STORIES~. Konser ini diadakan di tiga kota: Saitama (9-10 Juni), Osaka (16-17 Juni), dan akan berakhir di Fukuoka pada tanggal 7-8 Juli 2018 mendatang. Oh iya, mereka juga akan mengadakan konser di Anisong World Matsuri di Los Angeles, Amerika Serikat, pada tanggal 4 Juli 2018!

The Future of The Franchise

Perfect Dream Project (doc. Sunrise & Lantis)

Setelah μ’s dan Aqours apa yang bisa dinantikan oleh para fans? Pertanyaan itu tidak lama langsung direspon oleh Dengeki G, Sunrise & Lantis dengan memperkenalkan Perfect Dream Project, yang memberikan 9 karakter baru dari Nijigisaki High School Idol Club dimana 3 karakternya berasal dari kartu N di game SIF. Karin Asaka, Kasumi Nakasu, Setsuna Yuki,  Ai Miyashita, Ayumu Uehara, Rina Tennoji, Kanata Konoe, Shizuku Osaka, dan Emma Verde akan menjadi wajah-wajah baru dalam franchise idol yang terus berkembang ini!

 

Is the Story Interesting?

6 1