Dorayaki: “Donat” Jepang yang Populer Bukan Cuma Karena Doraemon

Coba tebak, Dorayaki tuh makanan apa sih?

Nama Dorayaki udah bukan sesuatu yang asing lagi di telinga kita, terutama pecinta kuliner Jepang. Salah satu makanan ringan khas dari Jepang ini tentu kamu tahu dari manga maupun serial televisi Doraemon. Soalnya animanga tersebut berpengaruh banget buat memperkenalkan Dorayaki ke berbagai belahan dunia, seperti Indonesia salah satunya.

Anyway, pernah nggak sih, lagi nonton Doraemon terus tiba-tiba jadi ikutan laper, gara-gara Doraemon cemilin salah satu makanan kesukaannya yang kadang dibilang mirip donat ini? Tapi pasti kamu pernah bertanya-tanya, sebenarnya makanan apa sih? dan kenapa bisa populer banget di kalangan masyarakat Jepang, bahkan sampai sekarang di Indonesia? Nih, kami kasih tahu penjelasannya!

Enjoy read also: Kokoro Mazesoba Sajikan Kuliner Jepang yang Tidak Biasa!

Roti berbentuk unik ini merupakan makanan ringan yang berasal dari castella, yakni bolu Jepang. Teksturnya kalau dimakan sedikit chewy dan thick, bentuknya mirip pancake, tapi Dorayaki ini pancake-nya dijadiin burger dan umumnya memiliki isi pasta kacang merah. Tapi berhubung adanya kemajuan teknologi serta informasi, maka banyak ragam Dorayaki yang mulai di jual di pasaran, nggak cuma kacang merah tapi ada juga cokelat, keju, dan lain lain.

Filled with red bean paste

Dikutip dari Japantimes kata Dorayaki, dora sendiri berarti ‘gong’ dalam bahasa Jepang, lalu Yaki sendiri berarti ‘cooked on a dry heat’. Adapun menurut Jpinfo awal mula terciptanya Dorayaki adalah karena dulu ada tokoh samurai bernama Benkei meninggalkan gongnya di rumah, salah satu petani Jepang saat berusaha menyembunyikan diri. Namun gong tersebut tertinggal dan akhirnya dimanfaatkanlah gong itu untuk keperluan masak pancake oleh petani, alhasil jadilah Dorayaki, pancake berbentuk bulat seperti gong. Yeah so logic.

Enjoy read also: Midnight Diner: Tokyo Stories – Review: Cerita Makan Malam Berfaedah

Makanan ringan Jepang ini udah dikenalkan ke publik lewat manga berwajah kucing gemuk yang memiliki warna biru menggemaskan. Siapa lagi kalau bukan Doraemon dan sahabatnya, Nobita. Manga Doraemon ini mulai dipublikasi sejak 1969, kemudian diadaptasi menjadi bentuk visual dalam serial televisi. Lama kelamaan semakin banyak yang menonton dan banyak orang tahu akan makanan kesukaan Doraemon ini.

Anyway, buat kamu yang tiba-tiba lagi baca artikel ini terus mendadak bm, di Jakarta khususnya, udah available Dorayaki di beberapa tempat, salah satunya adalah Dorayaki Addict yang bertempat di Kuningan City, Kota Kasablanka, Puri Indah Mall dan masih banyak lagi. Ah ya, ada juga yang di Selatan di sebuah toko bernama Cosmo, tepatnya di seberang SMAN 70 Bulungan.

well, selamat makan Dorayaki guys!

Written by
die hard fans of unicorn, sushi, flamingo and rose gold thing.

Is the Story Interesting?

2 0