Lawan Food Waste Bareng Food Vengers!

Food Vengers

Pernah nggak sih kamu karena kekenyangan atau karena ternyata tiba-tiba kurang selera makan, terus makanannya nggak diabisin dan dibuang gitu aja? Kesannya sepele dan biasa-biasa aja, tapi tau nggak sih, kalau hal sekecil ini bisa ngasih dampak luar biasa ke alam semesta ini. 

Mirisnya, Indonesia terkenal dengan makanan khasnya yang lezat-lezat dan seringkali diagung-agungkan kenikmatan dan kekayaan rasanya, tapi berbanding terbalik dengan data bahwa Indonesia menempati urutan kedua produsen limbah makanan terbesar setelah Arab Saudi. Indonesia sendiri juga menyumbang 350 kg limbah makanan pertahun, setiap orangnya.

Nggak bisa bayangin kan gimana lezatnya masakan Indonesia kemudian malah jadi limbah makanan tanpa arti yang malah nyusahin manusia dengan bikin bumi makin panas karena pemanasan global? Padahal di sisi lain, Indonesia juga masih mengalami kelaparan di beberapa bagian daerah. Menurut lokadata, indeks kelaparan di Indonesia lebih buruk dari Vietnam dan Filipina, 

Nah, di sini, teman-teman dari LSPR Communication & Business Institute jurusan International Relations lagi buat kampanye keren untuk ngelawan limbah makanan ini yang bertajuk Food Vengers, dengan tagline utamanya, End Waste.

Reza Pahlevi ketika menyampaikan pendapat dan materinya. (doc. Food Vengers)

Food Vengers ini bukan hanya sekedar proyek kampanye media sosial, lho. Food Vengers sudah melaksanakan webinar-nya pada Jumat, 15 Januari 2021 dari jam 15.00 sampe 17.00 yang bertajuk Be Wise, Don’t Waste yang disponsori oleh damoGO dan partner spesial, yakni FoodBank of Indonesia. Selain itu, Food Vengers juga mengedukasi kamu lewat podcast-nya yang bertaju

Lini pembicara pun nggak nanggung-nanggung. Ada Gerry Ang (culinary content creator), Reza Pahlevi (content creator), Alifah Fairuz (Communication Officer Foodbank of Indonesia), dan Muhammad Farras (COO & Co-founder DamoGO). Asik, kan?

Webinar ini dibuka dengan sambutan oleh Ibu Prita Kemal Gani selaku CEO dari LSPR, Mam Candy Hernandez selaku dosen dan Head of International Relations Festival, serta sambutan ini ditutup oleh sang penggagas acara, Sarah Alma Hanifa.

Pengemasan webinarnya pun terbilang asik, santai, dan rapi. Sang MC sekaligus moderator,  Galuh, bisa ngendaliin acara dengan sangat baik; rasanya jadi kayak kamu lagi dengerin podcast karena pembicaraan yang ngalir banget. Nyaris nggak ada dead air, belum lagi pemberi materi yang responsif dengan pemaparan yang jelas, dan yang pasti ngebuka wawasan! Belum lagi waktu webinarnya nggak kerasa kalau udah dua jam. 

Sejujurnya, saya sendiri kurang aware dengan isu ini, yang ternyata berbahaya. Pemaparan-pemaparan di webinar ini bikin saya makin terbuka. Dijelaskan apa perbedaan Food Waste dan Food Lost; di sini pula diberi tahu langkah-langkah lebih lanjut apa saja yang bisa kita lakukan selain menghabiskan makanan. 

Di sesi tanya jawab, pertanyaan JoyPixel pun dijawab oleh para narasumber. Salah satunya adalah Gerry Ang yang memaparkan kalau di industri food & beverages hotel sendiri sudah mulai memikirkan bahan-bahan apa yang dapat digunakan untuk membuat berbagai menu, yang tentunya selain mengurangi budget, namun pastinya juga mengurangi foodwaste.

Sesi akhir tanya jawab pun habis dan segera berganti dengan pengumuman tiga pemenang dari kuis yang diselenggarakan oleh Food Vengers, dan tentunya foto bareng dong untuk dokumentasi selesainya acara ini diselenggarakan!

Penyerahan donasi ke pihak FoodBank of Indonesia (doc. Iman Ramadhan)

Nggak berhenti sampai situ, hasil penjualan tiket untuk webinarnya ini dan dana dari damoGO disumbangkan seluruhnya ke pihak FoodBank of Indonesia lho, JoyFriends! Nantinya dana ini untuk dana operasional FoodBank of Indonesia untuk memberikan makanan berlebih kepada orang yang lebih membutuhkan.

Jadi setelah ini, apa kamu masih tega mau nggak ngehabisin makanan lagi? Kalo kamu masih penasaran soal Food Vengers ini, langsung aja mampir ke akun Instagram-nya!

Cek lebih banyak asupan informasi bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Muhammad Iman Ramadhan. Jangan lupa juga kunjungi FacebookTwitterInstagram, dan YouTube JoyPixel!

Pemain bass di sonicwaves | Gemar memotret | Menulis di JoyPixel dan blog pribadi | Demen musik, film, series, game, komik, gadget dan banyak hal lainnya, makannya cocok kan di JoyPixel.

Is the Story Interesting?

0 0