Samsung S8 dan iPhone 7, Mending Beli yang Mana Nih?

iPhone 7 atau Samsung S8
Dua smartphone ini memang paling bikin galau. Sama-sama canggih dan keren, tapi balik lagi kamu butuhnya apa.

Kalau udah ngomongin masalah gadget, memang nggak ada habis-habisnya. Baru muncul satu, udah keluar lagi seri barunya. Mau beli merk A, eh ternyata merk B ngeluarin produk terbaru yang spesifikasinya nggak kalah canggih. Apalagi kalau ngomongin dua raksasa dalam bidang gadget di Indonesia Samsung dan iPhone, yang belum lama ini merilis Samsung Galaxy S8 dan iPhone 7.

7 September lalu, Apple mengumumkan iPhone 7 alias seri terbaru mereka. Pengumuman seri terbaru ini dilakukan di Bill Graham Civic Auditorium, San Francisco, Amerika Serikat oleh CEO Apple, Tim Cook. Nggak seperti seri Apple sebelumnya, iPhone 7 ini merupakan water resistant dan memiliki static home button.

Sempat jadi bahan ejekan, iPhone kali ini menghilangkan lubang headphone. Namun, Apple berhasil membuktikan kalau haters gonna hate. Mengutip dari 9to5mac.com iPhone 7 merupakan top selling smartphone pada kuartal pertama 2017.

Seakan nggak mau kalah, Samsung juga meluncurkan seri Samsung S8 dan S8+ pada April lalu. Fitur yang diusung pun nggak kalah mewah. Dengan tambahan iris scanner untuk membuka kunci pada layar, Samsung juga menyematkan on-screen keys. Dengan layar yang juga lebih besar dari S7, seri ini sukses membukukan penjualan 30% lebih tinggi daripada Galaxy S7 selama masa pre-order.

Kamu yang baru mau ganti smartphone karena udah waktunya ganti, atau ingin upgrade karena kebutuhan semakin meningkat dan butuh specs yang lebih tinggi, coba pertimbangin dulu deh. Memang Samsung S8 dan iPhone 7 ini canggih, update banget pula. Tapi kalau kamu galau, coba cek pertimbangannya dulu nih…

Secara desain sih Samsung S8 lebih unggul karena keunikannya di masa kini. (doc. Samsung)

Secara desain S8 lebih unik

Sekilas, nggak terlalu terlihat perbedaan yang mencolok pada iPhone 7 dan iPhone 6. Perbedaannya yang terasa saat pertama kali menyentuh iPhone 7 ialah static home button dan hilangnya lubang headphone. Secara keseluruhan, iPhone ini nggak punya perbedaan yang signifikan dibanding pendahulunya.

Di sisi lain, Samsung S8 secara mengejutkan mengubah desain dibanding pendahulunya. Fingerprint yang biasanya terletak pada home button, kini dipindahkan ke belakang, meskipun mungkin bagi beberapa orang dirasakan kurang nyaman dengan peletakan fingerprint seperti ini. Dengan jargon “infinity display”, S8 membuktikan kalau kalimat tersebut bukan cuma bualan. Dikutip dari Gordon Kelly yang dicantumkan dalam forbes.com, berikut perbandingannya:

  • Galaxy S8 – 148.9 x 68.1 x 8.0 mm (5.86 x 2.68 x 0.31-inch), 155g (5.36 oz)
  • iPhone 7 – 138.3 x 67.1 x 7.1 mm (5.44 x 2.64 x 0.28 in) and 138 g (4.87 oz)

S8 memang lebih tebal dan dan berat, tapi sepadan dengan layarnya yang 5% lebih lebar dibanding iPhone 7. Selain itu, dengan layar edge-nya, Samsung S8 juga lebih nyaman saat digenggam. Ditambah lagi dengan kapasitas penyimpanan yang dapat ditambahkan dengan micro SD pada Samsung S8, membuatnya lebih unggul dari kompetitornya.

Kamera kurang lebih sama, tapi…

Lagi-lagi, S8 lebih unggul dari sisi ketajaman kamera. Masing-masing dibekali 12 MP pada kamera utama. Sedangkan S8 memiliki 8 MP pada kamera depan dibandingkan iPhone 7 dengan 7MP.  Bedanya, Samsung dibekali f1/.7 aperture dibandingkan f1/.8 pada iPhone 7. Dengan kata lain, lebih banyak cahaya yang bisa menggapai image sensor pada Samsung, sehingga memunculkan ketajaman yang berbeda.

Untuk kamu yang hobi foto-foto atau selfie, tentu kamera jadi perbandingan paling penting. Secara iPhone terkenal dengan kameranya yang juga oke, bahkan ada iklan di Eropa yang menggunakan salah satu seri iPhone lho.

iPhone itu terkenal memiliki kamera yang canggih dan jernih. Makanya smartphone ini jadi yang paling diidam-idamkan. (doc. Apple)

Back to what you need

Memang masih ada hal lain seperti performance dan daya tahan baterai. Namun, pilihan kembali kepada kebutuhan kamu apakah Samsung S8 atau iPhone 7. Secara keseluruhan, fitur yang diberikan oleh Samsung S8 lebih lengkap, mulai dari headphone jack, wireless charging, iris scanner, sampai kapasitas memori yang bisa disematkan micro SD.

Tapi balik lagi, tergantung kebutuhan kamu apa dan juga budget kamu berapa.

Writer: Muhammad Iko Gautama

NB: Penulis merupakan seorang penggemar budaya pop culture Jepang. Selain musik, penulis juga merupakan penikmat anime. Penulis juga pernah mewawancarai SCANDAL langsung pada 2013 lalu.

Cek lebih banyak informasi bergizi seputar pop culture atau tulisan-tulisan menarik lainnya dari Satria Perdana.

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0