Animator Indonesia Dalam Film Disney-Pixar Soul, dan Fakta Unik Lainnya!

Hal-hal yang harus kamu ketahui dari Souls buatan Disney dan Pixar!
(doc. Disney-Pixar)

Soul, film animasi terbaru Disney-Pixar yang baru saja rilis hari natal lalu, menceritakan kisah emosional yang hangat tentang kehidupan dan kebahagiaan. Diproduksi oleh orang-orang yang ikut menciptakan Monster.Inc, Up dan Inside Out, penonton akan mengikuti petualangan Joe Gardner di alam setelah kehidupan.

Joe Gardner adalah guru musik sekolah menengah yang mendapatkan kesempatan untuk bermain musik dengan grup jazz terbaik di New York. Akan tetapi sebuah kecelakaan yang tidak beruntung membawanya ke alam setelah kematian, hingga ia sampai ke The Great Before, tempat misterius dimana jiwa-jiwa yang baru lahir mendapat kepribadian, minat, dan bakat sebelum turun ke Bumi.

Joe bertemu dengan 22 (Twenty-Two), jiwa baru yang tidak memiliki keinginan untuk turun ke Bumi. Mereka berdua bekerja sama agar Joe bisa kembali ke raganya yang masih dalam posisi koma. Selama perjalanan, Joe mendapat jawaban kehidupan yang selama ini ia cari.

Ini dia lima fakta menarik dari The Souls yang harus kalian ketahui!

Desain Jiwa Terinspirasi Dari Raspberry

Ada cerita menarik dari sutradara Pete Docter dalam menciptakan desain dari para jiwa. Ia berpikir bahwa untuk menyampaikan pesan dalam film, dibutuhkan lebih dari sekedar hasrat ekspresif yang memuaskan. Ia menceritakan bahwa pengalaman kecil seperti menikmati raspberry yang enak juga berpengaruh dalam kehidupan.

“Saya tidak selalu ingat setiap momen dalam hidup saya. Kerapkali momen-momen tersebut datang dan pergi tanpa kita sadari, lewat film ini saya ingin kita semakin berpikir lebih luas terhadap apa yang hidup tawarkan, dan apa yang kita tawarkan untuk kehidupan.”

Animator Indonesia Ikut Bekerja Dalam Pembuatan Film

Soul Melibatkan talenta aktor dari seluruh dunia, salah satunya adalah Paulie Alam dari Indonesia. Ia pertama kali bekerja untuk Disney Pixar pada tahun 2017, dan ikut berperan dalam berbagai deskjob dalam film Coco, Onward, dan Toy Story.

Mendesain Dua Dunia yang Berbeda

Dalam Soul, penonton akan dibuat terpukau dengan kontras kehidupan kota besar dengan alam kosmik.

Menggambarkan kehidupan kota besar seperti New York dapat dilakukan dengan dokumentasi gambar atau riset langsung, namun membuat dunia kosmik seperti The Great Before adalah hal berbeda. Pengawas animasi Jude Brownhill mengaku bahwa desain dunia kosmik tersebut terinspirasi dari karya seni Ronald Searle, dan dari karya Disney lain: 101 Dalmatians.

“Searle dan 101 Dalmatians mempengaruhi bagian besar dalam Souls, seperti bentuk bangunan, properti, furnitur, bahkan lipatan baju.” kata Jude.

Musik Oleh Musisi Global Ternama

Menjadi salah satu bagian penting dalam film, tim produksi tidak bisa main-main untuk menciptakan musik yang memorable. Untuk itu mereka mengundang Jon Batiste untuk menghasilkan aransemen dan kunci musik jazz original untuk Souls.

Soul
(doc. Disney Pixar)

Hadir pula Trent Reznor dan Atticus Ross dari Nine Inch Tails, untuk menciptakan musik dalam Soul.

Semua permainan musik dari anime Joe Gardner merupakan performa asli Jon Bautista. Para animator menggunakan referensi dari gerakan jari, tarikan nafas, hingga detail dari permainan Jon.

‘Konselor’ yang Diciptakan Lewat Teknologi Terbaru

Sosok ‘konselor’, yang ada di alam The Great Before, berperan sebagai kekuatan alam yang dibuat agar bisa dimengerti manusia. Masing-masing dari mereka mempunyai ekspresi unik sendiri yang merepresentasikan kesabaran, keceriaan, dan kecenderungan agresif atau pasif.

Untuk bisa hadir dengan unik, tim animator mencari referensi dari berbagai hal seperti patung Swedia, lampu sorot, dan alam. Pengawas karakter Michael Comet mengembangkan teknologi yang menciptakan jenis kurva baru yang memungkinkan animator membuat animator 2D dalam dunia 3D.

Soul
(doc. Disney Pixar)

Kamu sekarang dapat menikmati Souls yang hadir secara eksklusif di Disney+ Hotstar. Hanya dengan membayar mulai dari Rp40.000 per bulan, library film yang besar baik dalam dan luar negeri bisa kalian akses dengan bebas!

Cek lebih banyak lagi artikel bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Leo Agung. Follow juga Facebook dan Instagram Joypixel!

Written by
Pencari gem anime terbaik setiap season, cita-citanya yang paling besar adalah jadi karakter OP di seri isekai.

Is the Story Interesting?

0 0