Apa Arti S.W.O.R.D Dalam Wandavision dan Jagat Marvel?

WandaVision Marvel

Kalian yang sudah ngikutin WandaVision sampai episode keempat kemarin, pasti sudah mengetahui misteri yang terkuak dalam dunia Wanda dan Vision. Salah satu hal paling penting di episode baru itu, adalah organisasi bernama S.W.O.R.D.

Monica Rambeau, anak perempuan dari Maria Rambeau, yang muncul di film Captain Marvel kini kembali beraksi. Ia merupakan salah satu agen dari organisasi S.W.O.R.D yang merupakan singkatan dari Sentient Weapon Observation Response Division. (Divisi Observasi dan Respon Senjata Hidup)

Ibu dari Monica adalah pendiri dari S.W.O.R.D, kita tahu dari penjelasan dalam film. Akan tetapi organisasi apa sih sebenarnya S.W.O.R.D itu? Dan apa hubungannya dengan keseluruhan MCU?

Perbedaan Dalam Komik dan MCU

Pertama kali muncul dalam seri komik Astonishing X-Men volume ketiga, S.W.O.R.D merupakan organisasi kerabat S.H.I.E.L.D yang beroperasi di luar angkasa. Dalam komik, S.W.O.R.D memiliki kepanjangan Sentient World Observation and Response Departement. (Departemen Pengawas dan Respons Dunia Hidup) Mereka bertugas untuk melindungi bumi dari ancaman dunia luar, atau dalam jangkauan yang tidak bisa diraih oleh S.H.I.E.L.D.

Di komik, anggota S.W.O.R.D merupakan campuran mutant-alien berkekuatan super. Organisasi ini dipimpin oleh Abigail Brand, alien-mutant dengan kekuatan pyrokinesis.

Sementara dalam jagat film Marvel, huruf W dari ‘world’ diganti dengan kata Weapon. Secara spesifik, organisasi ini mengawasi dan merespon ancaman luar angkasa dan misi khusus yang membutuhkan campur tangan agen. Akan tetapi setelah peristiwa Snap di Infinity War, mereka beralih pada robotik, teknologi nano, dan kecerdasan buatan.

‘Senjata hidup’ yang dimaksud dalam film ini bisa banyak hal. Kita bisa anggap bahwa mereka mengawasi pribadi-pribadi dengan kekuatan super seperti para Avenger. Bisa juga orang-orang dengan akses senjata, namun salah satu potensi yang bisa saja terjadi, adalah hadirnya X-men dalam MCU yang selama ini ditunggu para fans.

Lebih Banyak Mutant di MCU?

Perlu diketahui bahwa sejak tahun lalu, 20th Century Fox yang selama ini memproduksi film-film X-men telah menandatangani perjanjian mereka dengan Disney. Artinya, kehadiran para mutant sudah bisa dipastikan pada film-film MCU di masa depan.

Sangat disayangkan bahwa fase keempat MCU harus mengalami penundaan. Salah satunya disebabkan oleh pandemi Covid-19, film MCU yang ditunggu-tunggu seperti Black Widow dan Doctor Strange in the Multiverse of Madness mengalami penundaan produksi.

Kita lihat saja bagaimana nanti kedepannya untuk fase keempat Marvel ini. Sekarang, kamu bisa nikmatin dulu WandaVision lewat platform Disney+ Hotstar dengan biaya langganan mulai dari Rp.39.999,00 per bulan.

Cek lebih banyak lagi artikel bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Leo Agung. Follow juga Facebook dan Instagram Joypixel!

sumber

Written by
Pencari gem anime terbaik setiap season, cita-citanya yang paling besar adalah jadi karakter OP di seri isekai.

Is the Story Interesting?

0 0