Rahasia Gaya Sitkom Otentik Dalam Wandavision

WandaVision
(doc. Disney)

Rilis pada 15 Januari lalu secara eksklusif di Disney+ Hotstar, Wandavision menghadirkan sebuah pengalaman unik. Bagaimana tidak? Pada episode pertama, penonton dihadirkan pada konsep tontonan hitam-putih ala film jadul.

Bukan cuman absennya warna, tetapi efek film, atmosfir, dan dialog benar-benar mencerminkan tontonan sitkom jadul. Lengkap dengan efek tertawa yang sering kita dengar.

Penggunaan gaya televisi jadul ini bukan asal-asalan lho! Pasalnya, tersembunyi misteri cerita di balik gaya film yang nyentrik ini!

Sutradara Matt Shakman, tidak main-main dalam risetnya mengenai gaya sitkom dari tahun 1950-an hingga 2000-an. Selain membaca berbagai buku terkait produksi sitkom pada masa tersebut, beliau juga mewawancarai Dick Van Dyke, aktor amerika yang telah membintangi berbagai pertunjukan.

“Sebelum memulai proses produksi Wandavision, saya dan Kevin Feige berkesempatan untuk makan siang bersama aktor legendaris Dick Van Dyke. Itu adalah momen yang sangat menarik, karena kami mendapat banyak inspirasi dari cerita beliau.” Jelas Matt Shakman.

Seluruh Aktor Wajib Riset, dan Mendatangkan Penonton Asli

Bukan hanya pihak produser dan tim kreatif. Seluruh aktor yang berperan juga wajib untuk melakukan riset, menonton film-film sitkom jaman dulu, dan mempelajari gaya bergerak, kebiasaan, serta bahasa yang digunakan.

Matt juga mendatangkan penonton-penonton asli ke panggung syuting untuk bisa memperkuat sensasi ‘jadul’. Paul Bettany, selaku pemeran Vision, sampai gugup karena hal ini.

“Saat itu, saya merasa sedikit gugup, karena saya sudah lama tidak berperan di atas panggung.” Ungkapnya.

Lagu dan Score Music Akan Berbeda Sesuai Era

Tidak melulu hitam-putih, Wandavision juga akan merubah gaya mereka seiring waktu. Tentunya, tetap menyesuaikan dengan perkembangan jaman Sitkom. Mengikuti hal ini, lagu dan score musik akan terus disesuaikan menurut era sitkom-nya seiring cerita berjalan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez, yang telah memenangkan penghargaan Oscar dan Grammy, akan menciptakan lagu tema untuk tiap era. Sementara Christope Beck fokus dalam pembuatan scoring.

Wow! Hebat banget ya dedikasi tim ini buat menciptakan suasana otentik dalam Wandavision! Kamu juga bisa menikmatinya di Disney+ Hotstar dengan biaya langganan yang murah banget! Yuk nonton!

Cek lebih banyak lagi artikel bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Leo Agung. Follow juga Facebook dan Instagram Joypixel!

Written by
Pencari gem anime terbaik setiap season, cita-citanya yang paling besar adalah jadi karakter OP di seri isekai.

Is the Story Interesting?

0 0