Kamen Rider Amazons Season 2 – Review: Seperti Drama SMA, Tapi…

User Rating: 8
Meski penampilannya keren, tapi Kamen Rider Amazon Neo itu cengeng banget.

Kamen Rider Amazons Season 2 ini berlatar 5 tahun setelah episode terakhir Season 1, di mana pasca pelaksanaan Operasi Tlaloc, Haruka dan Mamoru pergi mengasingkan diri bersama para Amazon yang berhasil bertahan hidup dari operasi tersebut. Sejak saat itu, Nozama Pharmacy sebagai pihak yang bertanggung jawab atas penelitian sel Amazon bangkrut dan digantikan oleh organisasi pemberantas Amazon bernama Competitive Creatures Control Center alias 4C.

Organisasi 4C inilah yang menemukan protagonis baru kita, Chihiro, dalam sebuah penyerbuan ke “sarang” Amazon. Setelah diperiksa oleh para peneliti 4C, akhirnya ketahuan kalau Chihiro juga memiliki sel Amazon di dalam badannya dan layaknya Amazon lainnya, dia juga ada tendensi buat makan manusia.

Nggak terima terus diperlakukan sebagai bahan eksperimen, Chihiro akhirnya kabur dari 4C dan membawa Amazon Driver yang ia curi dari lab.

Setelah kabur dari 4C, Chihiro bergabung dengan Team X, sebuah kelompok pemburu Amazon independen yang dibuat bersama tiga berandal alay haus perhatian. Mereka menyiarkan kegiatan perburuan mereka di sebuah aplikasi live streaming dan highlight kegiatan pemberantasa Amazon dengan jelas. Tepatnya ketika Chihiro sebagai Kamen Rider Amazon Neo membantai Amazon sasaran mereka.

Amazon yang diburu ini pun beda sama Amazon-Amazon di musim pertama. Nggak kayak Amazon-Amazon sebelumnya yang merupakan hasil percobaan di laboratorium milik Nozama Pharmacy, Amazon tipe baru ini muncul gitu aja secara acak di masyarakat layaknya sebuah wabah.

Perburuan Amazon bareng Team X sekali lagi bikin Chihiro papasan sama tim pemburu dari 4C. Sama kayak tim pemburu Nozama Peston Service, tim ini juga punya satu Amazon sebagai anggotanya. Kali ini Amazon tersebut bernama Iyu.

Amazon cantik ini memiliki pengaruh besar dalam musim kedua dan juga perkembangan karakter cengeng si Chihiro.

Chihiro dengan cepat tertarik sama gadis Amazon ini, karena buat pertama kalinya, dia nggak merasa pengen manusia yang ada di depannya. Sayangnya saat itu Chihiro nggak sadar kalau Iyu adalah Amazon tipe Sigma alias Amazon yang dibuat dari mayat. Yup, Iyu bisa dibilang adalah “sebuah” zombie.

Ironisnya, Iyu mati karena dibunuh oleh ayahnya sendiri yang berubah jadi Amazon. Setelah tahu soal latar belakang Iyu, Chihiro akhirnya join sama tim pemburu ini dan bertekad buat balikin Iyu jadi “normal” lagi.

Kayak drama SMA

Lho kok jadi kayak drama SMA? Emang… Nggak kayak Haruka di Season 1 yang galau karena krisis eksistensial, Chihiro galau karena gebetannya adalah zombie dan melihat dia nggak lebih dari target yang nggak boleh dibunuh. Jujur aja, beberapa episode pertama dari serial ini jadi kurang nyaman buat ditonton gara-gara kegalauan nggak mutu Chihiro dan kealayan tiga berandal Team X itu.

Tapi bukan Kamen Rider Amazons namanya kalo nggak menyuguhkan cerita bermutu. Seiring berjalannya waktu, misteri-misteri mulai terkuak, termasuk apa penyebab munculnya Amazon tipe baru dan identitas Chihiro sebenarnya.

Semakin menarik lagi ketika para cast dari musim pertama mulai muncul satu persatu, mulai dari Haruka, tim Nozama Peston Service, sampai pasangan unik Jin dan Nanaha. Nggak cuma itu, cerita utama dari Season 2 ini pun sebenarnya masih berkutat di tokoh-tokoh dari Season 1. Cast baru yang dihadirkan di Season 2 ini menurut saya nggak lebih dari pemeran pembantu, yang dihilangkan di awal-awal seri pun sebenarnya nggak masalah.

Keunikan utama dari cerita di Season 2 ini adalah nggak ada pihak yang sepenuhnya benar dan nggak ada yang sepenuhnya salah. Semua tokoh yang terlibat dalam kisah ini adalah seorang pahlawan sekaligus penjahat dalam kapasitasnya masing-masing. Kalau di musim pertama kan seenggaknya kita masih bisa menyalahkan Nozama Pharmacy sebagai biang kerok munculnya teror Amazon. Di Season 2 ini sama sekali nggak bisa. Kita sebagai penonton dipastikan akan galau menentukan siapa yang benar dan siapa yang salah dalam kisah ini.

Mamoru yang dimusim pertama sedikit cengeng, di musim kedua ini dia membuktikan dirinya punya tujuan dan tegas.

Contoh: Haruka masih bertahan pada prinsipnya untuk menyelamatkan Amazon yang belum bangkit atau nggak mengganggu manusia. Tapi dia juga nggak ragu buat membunuh Amazon tersebut kalau mulai memangsa manusia, walaupun dia sebenernya kenal personal dengan Amazon tersebut. Atau bagaimana keputusan Shido dan kawan-kawan buat “melepas” Mamoru dan sisa-sisa Amazon yang selamat dari Operasi Tlaloc lima tahun lalu, ternyata berpengaruh dalam munculnya teror Amazon tipe baru saat ini.

Selain kualitas cerita yang semakin keren, adegan-adegan horor nan sadis yang jadi ciri khas serial ini pun makin banyak.  Kamen Rider Amazons Season 2 ini benar-benar mendorong batas kewajaran dalam setiap adegan-adegan horor yang ditampilkan.

Salah dua adegan horor memorable di Season 2 ini adalah saat ayahnya Iyu memangsa keluarganya sendiri dan saat dua Amazon menyedot otak korbannya hidup-hidup lewat telinga. Dalam adegan ayahnya Iyu kita akan disajikan penampakan rumah penuh genangan darah, mayat ibu dan kakak Iyu terbujur di lantai dengan rusuk mencuat dan usus terburai, dan puncaknya adalah momen di mana ayah Iyu mencabut mata anaknya sendiri sambil nyanyi…

Sementara dalam adegan sedot otak kita bakal melihat bagaimana seorang manusia disedot otaknya lewat telinga sementara dia sendiri masih sadar. Oh, dan tentu saja kita juga bakal dikasih lihat sisa-sisa otak keluar dari telinga dan berceceran ke lantai… Benar-benar adegan yang harusnya nggak usah diinget!

Summary
Secara keseluruhan serial Kamen Rider Amazons Season 2 ini worth banget buat ditonton. Khususnya buat yang bosan sama tayangan Kamen Rider kekinian yang kebanyakan gadget.
Good
  • Konflik dan Misteri yang makin menarik
  • Cast Season 1 balik lagi dan tetap berperan penting
  • Adegan horor makin banyak dan makin sadis
Bad
  • Cast baru nggak lebih dari plot devices
  • Protagonis utama alay dan cengeng
8
Great
Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

4 2