Kamen Rider Makin Banyak Form dan Gadget, Buat Apa Sih?

Nyadar nggak sih, semakin ke sini formnya Kamen Rider tuh jadi banyak banget?

Fans setia serial Kamen Rider pasti sadar kalau dalam 10 tahun terakhir para pahlawan bertopeng ini mulai dijejali dengan form dan gadget unik, tapi kadang kelewat banyak. Sebut aja Kamen Rider W dengan Gaia Memory atau Kamen Rider Fourze dengan 40 Astro Switch-nya.

Sebenarnya apa sih yang bikin serial “Pengendara Bertopeng” makin ke sini, semakin banyak gimmick kayak form dan gadget yang bejibun? Seperti dikutip Geek Volcano, jawabannya ternyata simpel: buat jualan mainan!

Sebagai sebuah tayangan televisi untu bocah-bocah, sebenarnya nggak aneh kalau franchise ini juga fokus buat bikin mainan atau bahasa kerennya Collectible Items. Hanya saja, beberapa tahun belakangan tren “banyak gimmick banyak mainan” bagi sebagian besar fans dirasa mulai berlebihan.

Belt Kamen Rider OOO (Ozu) ini salah satu yang jadi gimmick unik Kamen Rider masa kini.

Bandingin aja, di era Kuuga misalnya, fans cuma perlu beli satu belt tanpa embel-embel lainnya agar dapat merasakan “berubah” jadi Kuuga, termasuk form-form yang dia punya. Sementara di jaman sekarang, satu paket DX Belt cuma bisa buat “berubah” jadi base form macam Drive Type Speed atau Gaim Orange Arms. Mau “berubah” ke form lainnya? Ya harus beli gadget lainnya dulu.

Awalnya gara-gara Kamen Rider Black RX!

Konsep banyak form sendiri sebenarnya udah dimulai sejak jaman serial Kamen Rider Black RX. Anak 1990-an pasti inget dong waktu Kotaro Minami berubah jadi RX Robo dan Bio. Nah, waktu serial tokusatsu paling populer ini bangkit lagi di tahun 1999 lewat Kuuga, konsep tersebut dipakai lagi dan terus bertahan sampai sekarang.

Konsep itu terus dikembangkan sampai muncul ide untuk menggunakan gadget tambahan agar dapat berganti form. Nah, yang pertama menggunakan konsep ini adalah Kamen Rider Ryuki yang tayang pada 2001 lalu. Waktu itu untuk pertama kalinya seorang Rider punya gadget tambahan, sebuah satu set kartu. Ryuki juga jadi serial pertama yang punya lebih dari tiga Kamen Rider, lebih tepatnya 13 Rider!

Nah sejak saat itu lah, kita dikenalin dengan berbagai gadget lainnya seperti handphone (Faiz), garpu tala (Hibiki), robot serangga (Kabuto), tiket kereta (Den-O), dan seekor kelelawar (Kiva). Kartu sendiri tampaknya jadi konsep favorit buat para kreator Kamen Rider, setelah Ryuki kartu juga digunakan oleh Blade dan Decade.

Salah satu Kamen Rider yang form-nya cukup banyak yaitu Kamen Rider Drive, yang terkenal dengan bannya. Ya, ban mobil guys…

Memasuki era pasca-Decade alias Heisei phase 2 (ingat, bukan Neo-Heisei, Kaisar belom ganti), gadget yang digunakan para Rider pun makin unik dan aneh. Sebut aja Gaia Memory (USB), Medal (koin), Astro Switch (literally switch), dan Lockseed (gembok). Ini semua nggak lepas dari usaha Toei dan Bandai menjual mainan lebih banyak dari sebelumnya.

Bahkan sejak Decade, kini tiap serial Kamen Rider punya lini mainannya sendiri! Lini mainan ini biasanya berupa action figure yang dapat berganti-ganti form, nggak kayak SHF yang “udah jadi”.

Beberapa nama lini mainan itu antara lain:

  • Bandai: Final Form Ride Series (KR Decade)
  • W Form Change Series (KR W)
  • Wizard Action Please! Series (KR Wizard)
  • Arms Change Series (KR Gaim)
  • Tire Koukan Series (KR Drive)

Final Form Ride Series, BladeBlade dari Kamen Rider Decade jadi yang paling unik. Tapi juga agak ganggu sih.

Jadi begitulah kurang lebih alasan kenapa Kamen Rider makin ke sini makin banyak form dan gadget-nya. Semua itu tidak lebih dari usaha Toei dan Bandai untuk membuat kita khilaf, saudara-saudara! Yah, tapi selama ceritanya tetap menarik buat diikutin, nggak masalah kan ya?

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

1 0