Kamen Rider Zi-O Review: Thank You, Heisei

User Rating: 7
Desain Kamen Rider

Pasti banyak dari JoyFriend yang tumbuh di era Heisei. Sebuah era yang ditandai dari pergantian kaisar di jepang. Era ini sekaligus menjadi kalender untuk serial tokusatsu, mulai dari Toei hingga Tsuburaya. Mereka menandai serialnya berdasarkan dari pergantian kaisar tersebut. Review kali ini akan berpusat pada serial Kamen Rider Era Heisei, dimulai oleh Kuuga (2000) dan di akhiri oleh Zi-O (2018). Yups, kita akan membahas Kamen Rider Zi-O sebagai Kamen Rider penutup Heisei.

Kita akan berfokus di seri terakhir Heisei, Zi-O. serial yang tayang perdana pada 2 September 2018 ini memiliki total episode sebanyak 49. Serial ini sekaligus ‘perayaan’ ke-20 untuk era Heisei.

Enjoy read also: Kamen Rider ZI-O – Early Review : Perkenalan yang Buruk

Zi-O bercerita tentang Tokiwa Sougo, seorang remaja berusia 18 tahun yang bermimpi menjadi seorang Raja. (Ou dalam Bahasa Jepang) Sougo tidak mengetahui jika di masa depan dirinya menjadi raja sungguhan. Namun, ia tak menjadi raja yang seperti yang diinginkan. Sougo menjadi penguasa yang kejam, dan terus menindas rakyatnya, hal itu diperburuk karena ia menguasai seluruh kekuatan Heisei Rider yang membuat dirinya kian tak tertandingi.

https://static.tvtropes.org/pmwiki/pub/images/sougo.jpg

 

Dua orang pemberontak dari masa depan, Myoukouin Geiz (Kanan) dan Tsukuyomi (Kiri) memiliki rencana kembali ke masa sebelum semua ini terjadi, tepatnya sebelum Sougo berubah menjadi Ohma Zi-O. (Zi-O yang jahat) Semula rencana mereka berjalan lancar. Namun mereka dihadang oleh Time Jacker yang mencegah Geiz dan Tsukuyomi untuk merubah sejarah.

Rider ke-20 di era Heisei ini memiliki tema yang cukup unik, yakni Jam. Hal ini bisa kamu temui pada bentuk armor dan belt-nya. Gak cuma itu musuhnya Zi-O, Time Jacker juga berasal dari jam/waktu. Time Jacker terdiri dari tiga orang yaitu Uhr (Tengah), Aura (Kanan), dan Schwartz (Kiri). Uhr berasal dari Bahasa Jerman, sementara Aura diambil dari Bahasa Spanyol, Hora. jika keduanya diterjemahkan ke Bahasa Indonesia memiliki arti jam/waktu. Schwartz juga berasal dari bahasa Jerman yang berarti Hitam. Hanya Schwartz yang tidak menggunakan jam/waktu dalam namanya.

Tumblr

Untuk berubah (Henshin), Sougo memerlukan sebuah item bernama Rider Watch. Selain memiliki kekuatan Zi-O, Rider Watch juga menyimpan kekuatan dari semua Rider pendahulu Zi-O (Kuuga-Build). Bukan hal yang mudah untuk mengumpulkan semua Rider Watch, karena sougo harus berhadapan dengan Time Jacker dan Another Rider.

Battle Watches | Kamen Rider Fan Fiction Wiki | Fandom

Another Rider merupakan rider yang lahir dari manusia yang tengah putus asa lalu dibujuk oleh Time Jacker utuk memperoleh kekuatan. Jika berhasil mengalahkan Another Rider, maka Sougo akan mendapatkan kekuatan Rider aslinya dan bisa ia gunakan untuk mengalahkan Another Rider. Sayangnya…Rider aslinya sudah tidak dapat berubah (henshin) lagi karena sudah memberikan kekuatan mereka untuk Sougo.

Another Riders | Villains Wiki | Fandom

Sepanjang serinya kamu akan dibawa bernostalgia melintasi waktu, tepatnya di era Heisei. Mungkin terdengar sama seperti yang dilakukan oleh Kadoya Tsukasa (Decade). Jika pada Decade kamu akan melihat Alternate World. Sementara, Zi-O menampilkan rider asli dari seri-seri sebelumnya, seperti adanya kemunculan Takumi Inui (Faiz), Kazuma Kenzaki (Blade), Kiryu Sento (Build) dan Rider-Rider lainnya.

Zi-O memiliki seri spesial di awal penayangannya, Hokkan Keikaku. Seri ini berisi 16 episode, di dalamnya biasa membahas episode yang sedang tayang, atau episode berikutnya, makanya episode-episode pada seri ini diberi nama 1.5, 2.5, dst. Atau bisa juga kamu sebut editor’s cut. Karena terkadang, seri yang berdurasi 15 menitan ini memberikan sudut pandang si sutradara dalam seri ini.

Enjoy read also: Para Kamen Rider yang Kembali Dalam Kamen Rider Zi-O

Time Paradox

Tema melintasi waktu memang bukan hal baru bagi serial Kamen Rider. JoyFriend bisa menemukan tema serupa pada Den-O (2007) dan Decade (2009). Zi-O melakukan hal yang cukup berbeda dengan 2 seri yang disebutkan tadi. Di dalam serinya kamu akan menemui Time Paradox yang cukup rumit jika kamu tertinggal beberapa episode sebelumnya.

Siap beraksi begini penampakan kamen rider woz | Film-tv

Tidak hanya menghadirkan cerita yang rumit, Time Paradox disini juga melahirkan Rider baru, Kamen Rider Woz (Atas). Woz sejatinya adalah ‘tangan kanan’ dari sang raja iblis Zi-O. namun karena Time Paradox tadi, mengisahkan adanya ‘Alternate Future’. Dimana di linimasa itu, Zio berhasil dikalahkan oleh Geiz yang memimpin para pemberontak untuk menggulingkan Zi-O dari tahtanya. Tak hanya Woz, Geiz pun mendapat ‘hadiah’ dari Time Paradox ini. yaitu form baru, Geiz Revive. Di dalamnya terdapat 2 form, Shippu (Kanan) dan Gouretsu (Kiri).

Jual Kamen Rider S.H.Figuarts Kamen Rider Geiz Revive True Savior ...

Enjoy read also: Inilah Gadget Yang Dipakai Kamen Rider Zi-O dan Geiz

Thank You, Heisei Rider!

Terima Kasih, ungkapan untuk era yang mengubah sudut pandang mengenai Kamen Rider atau ‘Satria Baja Hitam’. Era ini berhasil menunjukkan bahwa Kamen Rider tidak hanya bersumber dengan kekuatan yang sama atau monoton, namun mereka datang dari berbagai macam sumber. Mulai dari artefak zaman purba (Kuuga dan Agito), Battle Royal (Ryuki), alat-alat canggih (Faiz, Blade, Kabuto), Time Traveler (Den-O), hingga vampir (Kiva) pun bisa menjadi pahlawan.

Cek untuk lebih banyak lagi informasi terkait Kamen Rider Zi-O dan tulisan-tulisan menarik lainnya dari Bani.

Editor: Amos Anugrah

 

Summary
Zi-O adalah paket komplit pelepas rindu bagi kamu yang tumbuh bersama era Heisei. Mulai dari cerita hingga beberapa Rider pendahulu yang menjadi cameo di dalamnya. Zi-O masih bisa menyajikan cerita yang cukup apik, terutama sebagai penutup dari sebuah era dan bukan hanya mengincar pasar anak-anak saja, namun juga dewasa.
Good
  • Nostalgia dengan Rider Heisei terdahulu
  • Alur cerita yang tidak monoton
  • Time Paradox
Bad
  • Design armor berbentuk Jam
  • Karakter utama, Sougo kurang gagah
  • Form-form yang terkesan maksa (Trinity, Grand Zi-O)
7
Good
Written by
Dengan Kekuatan Bulan Akan Menghukum Mu!!! ~Shadow Moon~

Is the Story Interesting?

2 0