Kamen Rider Zi-O the Movie: Over-Quartzer – Review: Penutup Era!

User Rating: 6

Di mana ada pertemuan pasti ada perpisahan. Jika sebelumnya kita sudah pernah membahas serial Kamen Rider Zi-O, kini giliran film terakhirnya yang akan kita review JoyFriends.

Over Quartzer merupakan film penutup dari serial Kamen Rider Zi-O. Sekaligus perkenalan untuk rider baru, Zero-One dan era baru, Reiwa. Buat kamu yang belum nonton, bahasan ini mengandung spoiler ya JoyFriends!

Cerita

Over Quartzer dirilis pada Juli 2019 mengisahkan petualangan Sougo membantu Krim Steinbelt dari serangan musuh yang ingin menulis ulang sejarah dengan membunuh leluhurnya. Belt-san pun tak tinggal diam dan meminta bantuan Sougo dan juga Shijima Gou (Kamen Rider Mach).

Kamen Rider Mach & Krim Steinbelt Return In Kamen Rider Zi-O: Over ...

Shijima Gou (Mach) via tokunetwork

Sougo pun pergi untuk menyelamatkan leluhur Belt-san tepatnya pada abad ke-15 atau yang lebih dikenal dengan era Sengoku. Di era tersebut terjadi perang Nagashino antara Oda Nobunaga dengan Takeda.

Di tengah perjalanan, Sougo dihadang oleh Rider jahat yakni Zamonas dan Zonjis. Rupanya keduanya adalah orang yang ingin merubah sejarah tersebut, mereka mengincar leluhur Belt-san, Clara Steinbelt.

Clara Steinbelt | Kamen Rider Wiki | Fandom

Eru Aoba sebagai Clara Steinbelt

Menulis Ulang Sejarah

Zamonas dan Zonjis tak sendiri, mereka adalah anggota dari Over-Quartzer yang dipimpin oleh Tokiwa Sougo (Kamen Rider Barlckxs). Tentu saja bukan Sougo yang kita tahu JoyFriends. Sougo yang merupakan pimpinan dari Over-Quartzer ini memiliki tujuan jahat, yakni menghapuskan era Heisei.

Picture of Kamen Rider Zi-O the Movie: Over Quartzer

Tokiwa Sougo (Jubah Merah) pemimin Over-Quartzer via Google

 

Jika kamu liat dengan seksama, ketiga Evil Rider tersebut berasal dari era Showa. Zamonas merupakan anagram dari Amazon, yang didesain dari Amazon Alpha & Neo (Amazon web series). Lalu, Zonjis merupakan penggabungan J dan ZO, sementara Sougo atau Barlckxs merupakan paduan dari Black & Black RX.

Barlckxs (Kiri) Zonjis (Tengah) Zamonas (Kanan) via Google

Karena ketiganya seharusnya masuk dalam era Heisei, namun mereka malah masuk ke dalam era showa sehingga membuat mereka tidak tercatat dalam sejarah. Hal ini lah yang membuat Sougo ingin mengubah era Heisei dengan membentuk Over-Quartzer.

Special Form

JEFusion | Japanese Entertainment Blog - The Center of Tokusatsu ...

Zi-O Oma Form via JEFusion

Seperti sudah ciri khas dari Kamen Rider untuk menampilkan form khusus untuk filmnya. Hal itu juga di lakukan oleh Zi-O dengan menampilkan Oma Form. Dengan dominasi warna emas, serta jarum jam besar di punggung yang berbentuk seperti jubah.

Cek lebih banyak artikel bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Bani.

Summary
Zi-O berpusat pada era Heisei, namun mereka tetap memasukan elemen Showa di dalamnya yang membuat kita bernostalgia ke era Rider yang kebanyakan bermotif serangga itu. Selain nostalgia, film ini juga menyajikan masa depan dengan memperkenalkan Rider baru dan era baru, meski dikemas dengan Unclimax.
Good
  • Desain 'Evil Rider' yang sangar
  • Nostalgia dengan 'bentuk' baru
Bad
  • Tidak ada Rider utama dari seri lain
  • Alur yang tertebak
  • Special form yang 'maksa'
6
Fair
Written by
Dengan Kekuatan Bulan Akan Menghukum Mu!!! ~Shadow Moon~

Is the Story Interesting?

0 0