Daftar Saga Dragon Ball Super yang Tayang Sejauh Ini

Fans Dragon Ball pada 2015 lalu bersuka cita. Gimana nggak seneng coba, Dragon Ball kembali lagi setelah 18 tahun. Dengan judul Dragon Ball Super, franchise serial Dragon Ball terbaru ini menghadirkan cerita yang lebih fresh. Dan tentu aja ditangani kembali oleh Akira Toriyama.

Serial ini mengambil timeline setelah episode 288-289 atau bab 518-519 dalam manga-nya. Beberapa bulan setelah pertarungan dengan Buu selesai. Dengan demikian, Dragon Ball Super sama sekali nggak melibatkan beberapa karakter di dalam serial Dragon Ball GT dan serial ini pun “dianggap” nggak ada!

Dragon Ball Super berbeda dengan pendahulunya. Manga-nya dibuat bersamaan dengan serial anime-nya. Selain itu, serial anime ini juga berbeda dengan Dragon Ball GT yang dibuat oleh fans meski Akira Toriyama juga terlibat di dalamnya. Plot serial baru ini murni dibuat oleh pengarang aslinya. Yang menarik adalah naskah setiap episodenya ditulis oleh orang yang berbeda.

Sama seperti serial sebelumnya, Dragon Ball Super juga memiliki beberapa bagian cerita atau dalam serialnya disebut Saga atau Arc. Untuk sementara, baru ada 5 Saga dalam serial anime ini. Selain itu, dua movie-nya Battle of Gods dan Resurrection of F masuk dalam Saga tersebut dan dibuat ulang dengan kisah lebih dalam. Berikut daftar Saga yang ada dalam serial Dragon Ball Super!

God of Destruction Beerus Saga

Super Saiya God Goku melawan God of Destruction Beerus jadi pembuka serial anime ini.

God of Destruction Beerus Saga adalah Saga pertama dalam serial baru Son Goku dan kawan-kawan. Saga ini berdasarkan kisah dalam film Battle of Gods. Saga ini mengisahkan tentang kedatangan Beerus dan Whis ke Bumi serta pertarungannya dengan Super Saiya God, which is Goku.

Ada sejumlah perbedaan dalam anime dan movie-nya. Misalnya, Gotenks berubah menjadi Super Saiya saat akan melawan Beerus, tapi dia nggak berubah dalam anime. Kemudian, di anime Goku nggak dipukul atau dimarahi saat menganalisa pertarungan Beerus.

Golden Frieza Saga

Frieza bangkit lagi, seru banget!

Golden Frieza Saga adalah Saga kedua. Saga ini berdasarkan film Resurrection of F. Setelah menghadapi Beerus dan Whis, Goku dan kawan-kawannya kembali menjalani kehidupan normal. Namun, ancaman kembali muncul dengan kebangkitan Frieza yang ingin balas dendam kepada Goku.

Frieza muncul dengan kekuatan baru yang lebih kuat dari sebelumnya. Cuma kali ini Frieza bangkit dari neraka. Dan menariknya, baik di film maupun di anime, kita diperkenalkan form baru Goku dan Vegeta, yaitu Super Saiya Blue!

Sama seperti Saga sebelumnya, di Saga ini juga ada sejumlah perbedaan dari versi movie-nya. Misalnya, di film Goku latihan lebih dulu bersama Whis dan Vegeta ikut sementara di anime Vegeta latihan lebih dulu dengan Whis selama 6 bulan sebelum Goku juga ikut latihan. Di film, Frieza menghancurkan North City untuk menyapa, tapi di anime nggak dilakukan.

Universe 6 Saga

Apa jadinya kalau Goku bertemu musuh baru yang jauh lebih kuat darinya dan juga berasal dari Universe lain?

Universe 6 Saga merupakan Saga kedua dalam manga dan Saga ketiga dalam anime. Saga ini mengisahkan persaingan Beerus dan Champa, sesama Dewa  Kehancuran dari dua universe berbeda, yang bertujuan untuk menguasai Bumi dalam Universe 7 dan juga Super Dragon Ball.

Saga ini merupakan salah satu yang menarik dan serba baru. Musuh-musuh Goku banyak yang baru dan kita akan menemukan orang Saiya versi Universe 6. Plus kita akan melihat juga kekuatan Goku yang baru di sini, yaitu Super Saiya Blue Kaio-Ken.

“Future” Trunks Saga

Seru nih, Goku jadi “jahat” guys di masa depannya Future Trunks!

“Future” Trunks Saga merupakan Saga keempat dalam anime serta Saga ketiga dari manga-nya. Saga ini mengisahkan kembalinya Future Trunks dan pertarungan melintasi ruang dan waktu  dengan Goku Black dan Future Zamasu. Dalam Saga ini juga melibatkan para Dewa Kehancuran, Kaioshin, dan juga Zen-Oh.

Bisa dibilang Saga satu ini sedikit lebih lama tayangnya dibanding tiga Saga lainnya. Karena kita diajak untuk bolak balik dari masa depan ke masa sekarang beberapa kali. Bahkan juga diajak untuk ke Universe 10. Namun menariknya kita akan bertemu lagi dengan Vegito dalam bentuk Super Saiya Blue. Oh iya ada juga “bola semangat” versinya Future Trunks. Penasaran dong gimana bentuknya?

Universe Survival Saga

Sekarang serial Dragon Ball Super udah memasukin Universal Survival Arc, di mana pertarungan ala “Tenkaichi Budokai” ini melibatkan banyak universe!

Universe Survival Saga merupakan Saga kelima dalam serial anime serta Saga keempat serial manga ini. Dalam manga-nya, Saga ini disebut Tournament of Power Saga. Dalam Saga ini, Turnamen adu kekuatan diselenggarakan oleh Zen-Oh. Semua petarung dari alam semesta ikut dengan perwakilan 10 petarung dari setiap Universe. Turnamen ini juga menjadi awal kehancuran alam semesta. Jika tim yang ikut kalah, Universe petarung berasal akan langsung dihancurkan oleh Zen-Oh.

Sampai tulisan ini dibuat, Saga satu ini masih berjalan dan kabarnya akan ada form baru lagi dari Son Goku lho! Kayak gimana ya bentuknya?

 

Itulah sekilas tentang kisah dalam Dragon Ball Super. Menarik ditunggu apakah setelah mencapai 100 episode, anime ini juga akan mencapai puncaknya atau nggak. Mengingat Dragon Ball Z, apabila udah mencapai 100 episode, anime itu udah memasuki babak akhir.

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

0 0