Deretan Anime Bertema Mecha Terbaik Sepanjang Masa (Part I)

Menurut kamu apa anime bertema mecha terbaik yang pernah dibuat?

Anime bertema mecha merupakan salah satu dari sekian banyak genre anime yang paling banyak dibuat. Hal tersebut dikarenakan genre ini cukup populer, baik di Jepang maupun di luar Jepang seperti Amerika maupun Eropa, termasuk juga di Indonesia.

Tapi kamu salah lho kalau mengira anime mecha yang keren dan mendunia cuma Gundam. Karena sebenarnya banyak yang lainnya yang juga terkenal dan malah lebih hits dari Gundam. Seperti dikutip MyAnimeList, sampai saat ini ternyata ada kurang lebih 15 anime mecha terbaik yang pernah dibuat. Apa aja itu? Simak deh!

Tengen Toppa Gurren Lagann

Dengan premis cerita yang cukup biasa tentang anak laki-laki yang ingin mengubah takdir, kamu nggak akan sangka kalau suguhan di anime ini bakal jadi seru dan penuh dengan pertarungan epik. Cerita yang disuguhkan adalah saat Kamina dan Simon menyerbu batas desa atas paksaan sesepuh desa. Namun, semua ini berubah ketika Simon tersandung sebuah gadget — hal yang akan mengubah hidup semuanya seketika.

 

Shinseiki Evangelion (Neon Genesis Evangelion)

Pada usia 14 tahun, Shinji Ikari dipanggil ayahnya ke kota Neo Tokyo-3 setelah terpisah beberapa tahun. Shinji menolak tugas menjadi pilot robot raksasa bernama EVA01 untuk melindungi dunia dari penjajah misterius bernama “Angel” karena nggak pernah tahu alasan untuk itu. Meski demikian dia tetap melakukannya dan mengalami banyak konflik batin atas keputusan ini.

Evangelion adalah salah satu anime terkenal di era 90-an. Banyak anggapan bahwa anime ini terdapat kontroversi di dalamnya yang akan dibahas di lain kesempatan. Meski demikian, banyak yang suka dengan anime ini terlepas dari kontroversinya.

 

Code Geass: Hangyaku no Lelouch (Code Geass: Lelouch of the Rebellion)

Kekaisaran Britannia menyerang Jepang dengan menggunakan senjata robot raksasa yang disebut Knightmare Frames. Sekarang, Jepang disebut Area 11 dan penduduk yang tersisa hanya mereka yang berusia 11 tahun. Lelouch, seorang warga Britannia yang tinggal di Jepang saat itu bersumpah kepada temannya, Suzaku, bahwa dia akan menghancurkan Britannia.

Yang berbeda dari Code Geass dengan yang lainnya adalah anime satu ini nggak melulu soal robot. Ada unsur sejarah di dalamnya. Dengan mengambil tema kolonialisme, kita seolah belajar sejarah melalui anime. Dua tema yang jarang digabungkan.

 

Aldnoah.Zero

Tahun 1972, misi Apollo 17 menemukan gerbang rahasia menuju Mars di permukaan Bulan. Kemudian, terjadilah perang antara Bumi dan Mars. Tentara Mars pun turun dari langit dan mengendarai robot raksasa. Mereka berniat untuk memusnahkan umat manusia.

Aldnoah.Zero merupakan anime bertema fiksi ilmiah yang berkutat soal perang dua kubu. Gen Urobuchi sebagai penulis naskah yang dikenal membuat plot-twist yang nggak terduga serta Hiroyuki Sawano sebagai pengarang soundtrack-nya membuat Aldnoah.Zero layak diikuti. Meski ada anggapan bahwa eksekusi yang dihadirkan kurang memuaskan, tapi bukan berarti anime ini layak untuk dilewatkan.

 

Eureka Seven

Renton Thurston adalah laki-laki berusia 14 tahun yang tinggal dengan kakeknya yang bekerja sebagai montir di sebuah kota terpencil. Setiap hari, dia memimpikan berada bersama kelompok pilot pesawat “Light Finding Operation (LFO)” bernama “Gekkostate” dan mengendarai “Trapar”. Ketika seorang gadis muda bernama Eureka mengendarai LFO asli bernama “Nirvash typeZERO”, dia meminta kakek Renton untuk melakukan tune-up. Renton secara nggak sengaja mengarahkan perhatian militer ke garasi. Akibatnya, garasi dihancurkan dan Renton dipaksa untuk mengirimkan antarmuka tipe baru bernama “Amita Drive” kepada Nirvash. Setelah pertarungan sengit dengan Nirvash menghancurkan militer LFO, Renton diundang ke Gekkostate.

Anime ini memiliki elemen plot-twist tentang petualangan, kesedihan, dan juga kebencian. Perkembangan sikap karakter di dalamnya merupakan salah satu yang hal yang dinanti. Sikap karakter yang membuat kesalahan lalu memperbaikinya menggambarkan sifat yang jarang ada dalam anime mecha dan layak masuk daftar anime mecha terbaik.

 

Full Metal Panic!

Sousuke Sagara, seorang spesialis militer berusia 17 tahun yang bekerja untuk organisasi rahasia MITHRIL, ditugaskan untuk melindungi kandidat terakhir bernama Kaname Chidori. Untuk menyelesaikan tugas ini, Sousuke harus berhadapan dengan musuh dari masa lalunya serta pencuri celana dalam (?). Sayangnya, bagian terberat dari misinya adalah nggak cuma melindungi Miss Chidori tapi juga terbiasa hidup di antara anak-anak SMA. Sebuah hal yang nggak mudah bagi orang yang dibesarkan di medan perang.

Full Metal Panic menggabungkan unsur mecha dan komedi. Komedi yang disuguhkan nggak terlalu buruk. Gabungan ini yang membuat kamu dapat dengan mudah menikmati anime ini.

Kidou Keisatsu Patlabor 2 The Movie (Mobile Police Patlabor 2: The Movie)

Film ini mengambil latar 3 tahun setelah kejadian Patlabor 1. Setelah penghancuran tim buruh PBB di Asia Tenggara, mereka memulai rencana pencegahan teroris yang mengancam untuk mengirim gelombang kejut ke seluruh militer Jepang. Dengan bukti pengambilalihan militer, anggota SVD yang tersebar harus berkumpul untuk mempertahankan kota dari bahaya. Yang lebih buruk, dalang dibalik operasi tersebut nggak lain adalah mantan guru Nagumo dan mantan kekasih Tsuge.

Berbeda dari daftar anime mecha terbaik di atas yang berupa serial, kali ini judul yang disuguhkan adalah film layar lebar. Ceritanya pun menarik. Tipu daya politik, kesetiaan yang berubah, serangan teroris, ancaman perang, serta aturan pemimpin adalah hal yang disuguhkan dalam film ini. Baik film Patlabor 1 maupun film kedua sama-sama menyuguhkan hal yang menarik.

Adakah ada diantara daftar anime mecha terbaik di sini yang pernah kamus tonton? Berikan komentar di bawah ini dan jangan lupa lanjutkan ke part 2 di sini!

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

1 0