Deretan Anime Bertema Mecha Terbaik Sepanjang Masa (Part II)

Nah, apa sih anime bertema mecha terbaik menurut kamu? Ada nggak di daftar ini?

Melanjutkan dari daftar pertama, kami bakal kembali membahas apa aja anime bertema mecha terbaik yang pernah dibuat sejauh ini. Nggak bisa dipungkiri, genre anime ini memang cukup populer dan banyak di antara daftar-daftar ini yang masih menjadi bahan perbincangan sampai sekarang. Seperti dikutip MyAnimeList, berikut daftar lanjutannya!

Macross Plus

Anime ini merupakan sekuel pertama dari anime legendaris Chojikuu Yousai Macross. Meski hadir dalam bentuk OVA, tentu layak untuk diikuti. Mengambil latar 30 tahun setelah kedamaian tercapai antara  manusia dan alien bernama Zentradi. Teknologi kemudian meningkat dengan hadirnya kecerdasan buatan (A.I.) yang mendekati sempurna.

Fokus cerita pun berkutat di Isamu, Guld dan Myung pernah menjadi teman semasa kecil, tapi setelah kecelakaan 7 tahun yang lalu, mereka berpisah. Dengan kembalinya Myung, sengketa lama kembali muncul. Dan ketika teknologi A.I. yang nggak stabil dan ilegal dipasang di tubuh Sharon Apple, idol virtual yang diproduseri Myung, situasinya pun makin memburuk.

 

Top wo Nerae! (Gunbuster)

Mimpi Noriko Takaya adalah menjadi pilot luar angkasa seperti ayahnya, Laksamana Yuzo Takaya. Sang ayah gugur saat Noriko masih kecil karena serangan pasukan alien di luar angkasa. Setelah masuk  di Sekolah Pilot Luar Angkasa Okinawa, Noriko dipilih oleh instruktur Kouichiro Ohta sebagai seseorang yang memiliki potensi besar. Dia harus meyakinkan semua orang, terutama dirinya sendiri, bahwa dia dapat mencapai tujuannya dan menjadi seorang pilot hebat meski dia hanya gadis biasa.

Meski hadir dalam bentuk OVA serta animasinya yang agak jadul, plot serta karakter yang disajikan tetap menarik. Plotnya masih sederhana, tapi tertutupi dengan suguhan aksi robot, drama, dan lelucon di dalamnya.

 

Kidou Senshi Gundam: Dai 08 MS Shoutai (Mobile Suit Gundam: The 08th MS Team)

U.C. 0079 – Di tengah perang yang telah setahun terjadi, Letnan Muda Shiro Amada dipindahkan ke Asia Tenggara untuk memimpin Tim MS ke-8 Batalyon Kojima, sebuah pasukan kecil yang mengendarai Gundam tipe RX-79. Dalam pertempuran di hutan, dia menghadapi pilot Zeon bernama Norris Packard dan jatuh cinta pada Aina Sahalin, seorang pilot yang terlibat dalam pengujian armada Zeon. Hubungan ini diketahui Federasi. Akibatnya, Federasi meragukan Shiro. Sehingga Shiro harus membuktikan kesetiaannya di medan perang atau gugur sebagai pengkhianat.

Banyak fans Gundam menganggap anime ini merupakan salah satu franchise seri Gundam terbaik. Alasannya, meskipun bukan dibuat serial melainkan OVA, perkembangan sikap karakter yang ingin menjadi yang terbaik disuguhkan berbeda dari biasanya dan menarik. Setiap karakter memiliki ambisi pribadi masing-masing selain memenangkan perang.

 

Tenkai Knights

Beberapa dasawarsa yang lalu, terdapat sebuah planet mirip kubus bernama Quarton. Planet ini dihuni oleh batu yang dapat berubah bentuk yang disebut Tenkai. Quarton dilanda perang antara dua faksi yang berlawanan: Corekai yang dipimpin oleh Beag dan Corrupted yang dipimpin oleh mantan Kesatria Tenkai bernama Villius yang kejam. Satu-satunya yang cukup kuat untuk mengalahkannya adalah Kesatria Tenkai: Bravenwolf, Tributon, Valorn, Lydendor, dan Dromus.

Merasa dirinya kalah, Vilius melepaskan Tenkai Dragon, yang kemudian dikalahkan oleh lima Kesatria dan pecahannya tersebar di seluruh planet ini. Para pahlawan ini nggak pernah terlihat lagi, tapi Corrupted telah kembali dan lebih kuat dari sebelumnya. Di planet Bumi pada tahun 2034, di Kota Benham, empat pria remaja bernama Guren, Ceylan, Toxsa, dan Chooki menemukan sebuah portal antar-dimensi menuju Quarton di mana mereka dipilih oleh Wali untuk menjadi generasi baru Kesatria Tenkai dan mencegah Vilius menguasai dua dunia.

Banyak yang berpendapat bila eksekusi Tenkai Knights lebih cocok untuk anak-anak. Akan tetapi suguhan yang disajikan lebih mendalam dari anime untuk anak-anak lainnya. Meski nggak ada plot yang mengagumkan, guyonan yang gampang dipahami bisa menjadi sebuah nilai tambah.

 

Giant Robo the Animation: Chikyuu ga Seishi Suru Hi (Giant Robo the Animation: The Day the Earth Stood Still)

10 tahun yang lalu, Dr. Shizuma dan rekan-rekannya menemukan “Shizuma Drive” yang merupakan bentuk baru dari energi terbarukan dan dapat didaur ulang. Meskipun mereka harus membayar mahal kesuksesan mereka dalam sebuah bencana yang ingin dilupakan dunia. Namun, semua nggak berjalan lancar saat organisasi rahasia Big Fire muncul dengan ambisi menguasai dunia. Demi ambisi ini, mereka telah mendapatkan dua dari tiga sampel Shizuma drive yang misterius dengan fungsi yang tidak diketahui. Namun, sampel ketiga yang dicuri oleh Dr. Shizuma dalam pelariannya diselamatkan oleh Daisaku, sebuah Giant Robo. Kemudian, perjuangan pun dimulai antara Ahli Keadilan dan Big Fire demi mengendalikan sampel terakhir saat Big Fire melepaskan senjata terkuat mereka, Eye of Volger. Setelah itu, semua kebenaran tersembunyi terungkap di balik bencana 10 tahun yang lalu sebagai titik awal segalanya.

Anime ini berusaha menyajikan plot yang bagus untuk penonton. Cerita yang disajikan menarik dengan tambahan animasi yang bagus, musik latar, serta karakternya. Meski ada celah karena anime ini bukanlah serial melainkan OVA, anime ini masih layak untuk masuk daftar anime mecha terbaik sepanjang masa.

 

Megazone 23

Penggila motor bernama Shogo tidak sengaja memiliki motor prototipe milik pemerintah. Karena dikejar oleh agen pemerintah yang kejam, dia berencana untuk menyelamatkan dirinya dengan memperlihatkan motor itu ke publik dalam sebuah acara live TV yang diselenggarakan oleh seorang penyanyi populer. Tapi, Eve yang cantik pun memiliki rahasia sendiri dan pemerintah memiliki lebih banyak rahasia yang disembunyikan selain motor militer yang bisa berubah. Saat Shogo mulai mengungkap misteri motornya, dia menemukan sebuah rahasia yang menyakitkan tentang kota dan dunia yang menurutnya dia tahu.

Yang menarik dari anime ini adalah adanya 3 bagian yang berbeda. Setiap bagian disutradarai oleh orang yang berbeda. Hal ini membuat cerita yang disajikan menarik. Meski bagian selanjutnya agak menurun dibanding bagian pertamanya. Selain itu, anime yang hadir di era 80-an ini menghadirkan musik J-Pop yang khas era itu.

 

Five Star Stories

Ladios Sopp sedang menuju Bastogne. Di sana ada presentasi tentang dua Fatima yang baru terbangun. Fatima adalah android yang dirancang untuk menjadi kopilot robot raksasa yang disebut Mortar Headds. Kedua Fatima ini adalah kenalan Sopp. Dan selama diperkenalkan, diharapkan mereka memilih pilot yang akan menjadi mitra.

Format layar lebar yang disajikan anime ini menarik meski diangkat dari manga. Namun, hanya sebagian dari manga-nya yang didaptasi. Hal ini yang menjadi celah dari anime ini. Dari segi cerita, pda awalnya hanya terkesan pengenalan cerita, tapi aksinya meningkat jelang akhir.

 

Haja Taisei Dangaio (Dangaioh)

Empat remaja pemilik kekuatan psikis – Mia Alice, Roll Kran, Lamba Nom dan Pai Thunder – dicuci otaknya oleh seorang ilmuwan bernama Dr. Tarsan untuk dijadikan pilot robot raksasa Dangaioh. Tapi, saat ingatan mereka perlahan kembali, mereka menggunakan kemampuan mereka serta Dangaioh untuk berperang melawan kekuasan Kapten Galimos dan Bajak Laut Luar Angkasa, Bunker.

Banyak anggapan kalau Dangaioh kurang begitu bagus. Padahal, dari segi cerita menarik. Menggabungkan kekuatan psikis untuk mengendalikan robot adalah hal baru. Mungkin kelemahan yang disajikan adalah kapan 4 karakter pemilik kekuatan psikis diculik nggak dijelaskan rinci, serta bagaimana proses otak mereka dicuci. Namun tetap judul ini layak masuk daftar anime mecha terbaik sepanjang masa.

 

Itulah 15 anime bertema mecha terbaik yang memiliki kekuatan dan kelebihan masing-masing. Adakah yang menjadi favorit kamu? Apa ada judul yang masih kamu anggap layak masuk anime bertema mecha terbaik? Coba deh kamu tulis di bawah dengan alasan ya pastinya!

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

0 0