Deretan Anime Olahraga Terbaik Versi JoyPixel!

Olahraga menjadi salah satu genre yang banyak ditemui dalam industri anime. Genre ini digemari karena berkaitan dengan olahraga yang digemari pembaca. Rata-rata komikus di Jepang mengangkat olaharaga terkenal dalam karyanya seperti sepakbola, tenis, basket, dan baseball.

Semakin populernya genre olahraga membuatnya tidak hanya digemari oleh cowok, tapi juga cewek. Padahal, secara kasar, genre olahraga ini ibarat battle, yang identik dengan cowok, tapi dengan bumbu olahraga. Dengan menjamurnya anime bergenre olahraga, diharapkan penonton juga memiliki semangat yang sama untuk berolahraga. Inilah anime bergenre olahraga pilihan JoyPixel.

HAIKYUU!!

Anime Olahraga
(c) Haruchi Furudate/Shueisha/Production I.G.

Anime ini mengisahkan Hinata yang bertekad mengalahkan Kageyama karena kalah di pertandingan voli pertamanya saat SMP, tapi malah satu tim dengannya saat SMA. Misinya kali ini harus diredam demi mengembalikan kejayaan SMA Karasuno di kejuaraan nasional.

Popularitas komiknya yang tinggi di seluruh dunia, membuat Haikyuu!! layak masuk daftar ini. Olahraga voli yang disajikan sebenernya nggak sepopuler sepakbola atau baseball di Jepang. Namun, Production I.G. selaku studio animasi yang udah menggarap ini dari musim pertama mampu menyihir penontonnya kalau voli emang olahraga yang seru untuk dinikmati.

Baca Juga: Alasan Haikyuu!! Menjadi Salah Satu Manga Olahraga Terbaik

SLAM DUNK

Anime Olahraga
(c) Takehiko Inoue/Shueisha/Toei Animation

Menceritakan tentang Hanamichi Sakuragi, bocah SMA dengan kelakuan kayak preman yang menemukan kecintaan pada olahraga basket setelah dirinya ditolak cewek. Plot cerita ini beda sama genre olahraga kebanyakan. Jika orang suka olahraga karena pengin jadi juara, Sakuragi main basket karena pengin disukai cewek.

Anime ini udah sangat dikenal di Indonesia karena pernah tayang di salah satu stasiun TV. Slam Dunk sampai saat ini dianggap serial legendaris meski anime-nya nggak sampai tamat karena saat itu manga-nya masih on-going saat tayang. Slam Dunk selalu menjadi patokan komik atau anime genre olahraga apapun, nggak cuma basket.

KUROKO NO BASKET

(c)Tadatoshi Fujimaki/Shueisha/Production I.G.

Anime ini mengisahkan tentang Kiseki no Sedai dari SMP Teiko karena kemampuannya yang hebat. Setelah lulus SMP, kelima pemain inti berpisah ke tim yang berbeda. Namun, ada isu yang mengatakan ada satu lagi pemain yang dijuluki pemain keenam bayangan.

Latar belakang serial ini adalah from zero to hero. Kuroko Tetsuya sebagai pemain keenam bayangan SMP Teiko ingin mengalahkan mantan rekan satu timnya di SMP. Misinya adalah menyadarkan mereka kalau basket adalah olahraga yang menyenangkan dan nggak melulu soal kemenangan.

YOWAMUSHI PEDAL

(c)Wataru Watanabe/Akita Shonen/TMS Entertainment

Mengisahkan Sakamichi Onoda yang seorang otaku baru masuk SMA. Di SMA, dia ingin masuk ke sebuah klub anime dan berharap bisa mendapatkan banyak teman dan orang yang sehobi dengannya. Hal ini karena saat SMP dia tak memiliki banyak teman yang bisa diajak ngobrol seputar topik otaku. Namun, klub tersebut baru saja bubar. Sakamichi pun diajak ke klub balap sepeda oleh temannya yang mengamati kemampuan Sakamichi dalam mengayuh sepeda.

Balap sepeda merupakan hal yang umum di dunia nyata. Ada banyak perlombaan balap sepeda di dunia. Sayangnya, olahraga ini nggak terlalu populer di Jepang. Namun, kehadiran Yowamushi Pedal membuat stigma olahraga balap sepeda berubah. Serial ini nggak cuma soal menang-kalah, tapi juga persahabatan, kerjasama tim, dan karakter masing-masing tokohnya.

EYESHIELD 21

(c)Riichiro Inagaki & Yuusuke Murata/Shueisha/Gallop/TV Tokyo

Anime ini bercerita tentang klub American Football, Devil Bats pimpinan Yoichi Hiruma. Dia merupakan quarterback cerdas yang menggunakan kecerdasannya untuk memenangkan pertandingan. Namun, klub ini kekurangan pemain untuk ikut serta dalam kejuaraan American Football antar sekolah. Di saat yang tepat, SMA Deimon High School (markas Devil Bats) kedatangan murid baru bernama Kobayakawa Sena yang memiliki kemampuan berlari cepat.

Eyeshield 21 menjadi salah satu serial olahraga legendaris yang pernah tayang di stasiun TV di Indonesia. Kalau kamu belum pernah nonton pertandingan American Football, di serial ini kamu bakal disuguhin betapa serunya olahraga tersebut. Meski olahraga ini tidak terlalu populer di Jepang, tapi di luar Jepang serial ini sangat digemari.

HAJIME NO IPPO

(c)George Morikawa/Kodansha/Madhouse

Serial ini mengisahkan Ippo Makunouchi, seorang siswa yang kutu buku dan pendiam. Karena sifatnya ini, dia sering di-bully oleh teman-temannya. Meski ingin melawan, tapi dia tidak pernah bisa melakukannya. Suatu hari, ada seorang petinju bernama Takamura Mamoru yang menyelamatkannya dari pengganggu dan memperkenalkannya ke dunia tinju.

Mengangkat olahraga tinju, serial ini dianggap legendaris karena hingga sekarang manga-nya masih on-going meski udah tembus lebih dari 1000 chapter. Meski tergolong serial lawas, Hajime no Ippo bakal nyuguhin olahraga tinju yang dikemas bagus dengan jalan cerita yang menarik.

ACE OF DIAMOND

Anime Olahraga
(c)Yuji Terajima/Kodansha/Madhouse

Mengisahkan seorang pitcher bernama Eijun Sawamura. Dia adalah pemain top di timnya saat SMP. Namun, ketika dia masuk ke SMA Seidou, dia tahu bahwa kemampuannya saat SMP tidak sehebat dibanding rekan satu timnya di SMA. Bersama Miyuki, sang catcher, Eijun bertekad menjadi pemain hebat dan membawa SMA Seidou juara nasional.

Olahraga baseball sangat populer di Jepang. Karena itulah ada banyak serial anime tentang olahraga ini salah satunya Ace of Diamond. Serial ini memiliki popularitas yang tinggi di negara asalnya. Selain itu, serial ini juga memiliki sekuel seperti manga-nya berjudul Ace of Diamond Act II.

PRINCE OF TENNIS

Anime Olahraga
(c)Takeshi Konomi/Shueisha/Trans Arts

Serial ini mengisahkan Echizen Ryoma yang dijuluki pangeran tenis karena kemampuannya yang sulit untuk dikalahkan dan memenangkan banyak piala. Meski jago, Echizen ternyata tidak bisa mengalahkan ayahnya. Selain itu, dia memiliki sifat yang sombong.

Ketika pindah ke Jepang, Echizen bergabung dengan klub tenis, Seishun Gakuen, untuk menjadi lebih kuat dan mengalahkan ayahnya. Namun, dia sadar kalau di Jepang ada banyak pemain tenis yang hebat. Sebuah tantangan bagi Echizan dengan julukannya.

Sejak dirilis pada 2001, serial ini mampu menarik minat para penggemar meski kurang tahu soal tenis. Dalam serial ini, kamu bakal disuguhin skill bermain tenis yang juga ada di dunia tenis profesional.

Itu dia beberapa judul anime bergenre olahraga pilihan JoyPixel. Beberapa judul di atas mungkin udah pernah kamu tonton karena populer di era sekarang. Kalau kamu juga punya rekomendasi anime genre olahraga, silakan beri komentar.

Cek lebih banyak asupan informasi bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Roisul Umam.

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

0 0