Deretan Perusahaan Animasi Korea Selatan Yang Kamu Perlu Tahu!

Animasi Korea

Kita sering kepikiran kalau membuat anime pasti ada orang-orang yang berkumpul bersama di satu studio animasi. Namun, seiring perkembangan zaman, staf anime bisa mengerjakannya tanpa harus ada di studio.

Selain Jepang, Korea Selatan juga negara yang memiliki tim produksi animasi di luar negara mereka, sebagian besar ada di Jepang dan Amerika Serikat. Kalau JoyFriends perhatikan di opening dan ending credit di salah satu judul anime, misalnya Naruto, ada beberapa nama khas Korea Selatan di sana.

Menurut buku The Agglomeration of the Animation Industry in East Asia, kurang lebih 75% studio animasi Korea Selatan melakukan kontrak dengan negara lain untuk penayangan animasi buatan mereka. Dilansir ANN, berikut studio animasi asal Korea Selatan yang udah dikenal lewat karyanya.

MOI ANIMATION

Neo Yukio buatan Moi Animation (doc. Netflix)

Staf Moi Animation udah berpengalaman di dunia anime. Aldnoah Zero, Sonic X, dan Berserk: The Golden Age Arc adalah beberapa judul yang pernah digarap oleh studio ini. Meski hanya sebatas 2nd Key Animation, pengalaman mereka pun diakui oleh tim produksi di Amerika. Neo Yukio merupakan karya utama mereka di negeri Paman Sam. Sementara, di negara sendiri, mereka dikenal lewat Dante’s Inferno dan versi animasi dari drama Korea populer Winter Sonata.

DR MOVIE

Adaptasi game Elsword karya DR Movie

Didirikan sejak 1990, DR Movie udah sering muncul di serial anime populer. Studio ini rata-rata sebagai 2nd Key Animation, In-Between Animation, atau Background Art. Dalam serial Naruto Shippuuden misalnya, studio ini berperan di Background Art. Tahun 2000, Madhouse membeli sebagian saham perusahaan ini karena terkesan dengan karya mereka. Sejak saat itu, studio ini mampu menjalin kerjasama dengan studio anime lainnya. Bahkan, mereka menggarap sendiri serial Elsword: El Lady yang diadaptasi dari game MMORPG terkenal Elsword. Bersama Moi Animation, mereka juga bekerjasama dalam versi animasi Winter Sonata.

SAMG ANIMATION

Power Battle Watch Car (doc. SAMG Animation)

Kesalahan Toei Animation adalah rezeki SAMG Animation. Kejadian ini berawal dari creator serial Miraculous dari Perancis. Mereka berniat membuat versi animasi dengan menggandeng Toei Animation. Namun, setelah PV dirilis, produser Miraculous malah kecewa dengan kualitasnya. Proyek ini pun dioper ke SAMG Animation, sebuah studio animasi 3D di Korea Selatan. SAMG pun sukses menyajikan animasi yang diinginkan sang produser Miraculous. Tim animasi SAMG Animation dikenal lewat karya mereka berjudul Power Battle Watch Car, yang bisa ditonton di YouTube.

COMMA STUDIO

Animasi Korea
Bo&To’s Family (doc. Comma Studio/Disney Channel/KBS)

Kalau studio sebelumnya soal animasi, Comma Studio mengambil langkah berbeda. Studio ini mencoba cara lain berkarya lewat stop-motion animation. Mereka dikenal di Korea Selatan lewat Bo&To’s Family yang tayang di Disney Channel Korea. Karya mereka ini sukses menembus pasar luar negeri dan mendapat penghargaan domestik. Comma Studio juga bekerjasama dengan sutradara asal Jepang Makoto Nakamura dalam membuat film Chieri and Cherry. Film ini mengisahkan anak yang kehilangan ayahnya saat gempa Tohoku 2011.

STUDIO MIR

Animasi Korea
The Legend of Korra (doc. Nickelodeon)

Nama Studio Mir mungkin yang paling terkenal di antara sebelumnya. Selain di negara sendiri, studio ini juga dikenal di Amerika Serikat dan Jepang. Studio ini didirikan pada 2010 oleh Jae-Myung Yoo, sutradara animasi Avatar: The Last Airbender.

Awalnya, studio ini memiliki 20 staf dan langsung dipercaya menggarap sekuel Avatar: The Last Airbender yaitu The Legend of Korra. Selanjutnya, studio ini dipercaya menggarap salah satu serial populer di Netflix, Voltron: Legendary Defender. Studio Mir juga sempat kerjasama dengan Warner Bros. Animation dan DC Entertainment dalam film animasi The Death of Superman.

Studio Mir juga berhasil menembus pasar di Cina lewat karya Big Fish & Begonia. Sayangnya, sebagian proses animasinya malah dikerjakan di Korea Selatan.

Kalau dari deretan perusahaan animasi di atas, ada nggak nih yang udah pernah kamu denger? Atau kamu mau tambahin list-nya? Langsung aja komentar di bawah ini!

Cek lebih banyak asupan informasi bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Roisul Umam.

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

0 0