Fakta Unik Yang Bikin Mazinger Z Menjadi Anime Mecha Legendaris

Mazinger Z, "bapak" anime mecha yang legendaris akan hadir dalam tampilan lebih fresh awal 2018 mendatang.

Bagi generasi era 1980 sampai 1990-an awal tentu familiar dengan serial anime seperti Mobile Suit Gundam, Voltron, maupun kartun animasi Tranformers. Pada masa itu, serial anime atau kartun bertema super-robot begitu populer. Di mana salah satunya yang paling populer, bahkan jadi legendaris sampai saat ini adalah Mazinger Z.

Serial anime mecha yang diadaptasi dari manga berjudul sama ini juga sukses di era 1980-an. Bahkan menjadi salah satu anime mecha paling berpengaruh di dunia sampai saat ini. Nggak heran kalau 2018 nanti anime ini mendapatkan versi lebih segarnya, entah reboot atau remake.

Kesuksesan Mazinger Z sendiri meninggalkan sejumlah fakta menarik. Fakta-fakta tersebut lah yang pada akhirnya mempengaruhi film-film anime mecha lainnya yang ada sampai saat ini. Bahkan sebenarnya karakter robot satu ini juga masih eksis wira-wiri di situs streaming film dan tetap eksis di layar kaca TV Jepang lewat sejumlah iklan.

Penampakan Mazinger Z The Movie yang akan tayang awal 2018 mendatang.

Anime mecha pertama yang didaptasi dari manga

Mazinger Z merupakan anime mecha pertama yang diadaptasi dari manga. Ini merupakan fakta yang menarik. Sebab, kebanyakan anime mecha dibuat bukan berdasarkan manga, tapi berdasarkan naskah. Anime mecha yang diadaptasi dari manga setelah Mazinger Series adalah Code Geass, Magic Knight Rayearth, Evangelion, Real Robots, Super Robots, dan Tetsujin 28-go.

Anime mecha pertama di Jepang

Kalau kamu pikir Voltus V merupakan cikal bakal lahirnya anime mecha di Jepang, salah. Justru Mazinger Z duluan yang lahir. Alasan ini berdasarkan fakta bahwa manga dan serial anime-nya hadir sejak 1972, sedangkan Voltus V pada 1977. Sementara anime mecha legendaris lain seperti Mobile Suit Gundam baru hadir tahun 1979.

Mazinger Z masuk ke dalam 100 Anime yang Wajib Ditonton

Buku berjudul “Anime Classic Zettai: 100 Must-see Japanese Animation Masterpiece” memasukkan anime mecha ini ke dalam daftar. Buku ini merupakan karangan dari Brian Camp dan Julian Davis, pengamat dan juga anime veteran.

Hadirnya super-robot cewek

Di beberapa anime mecha, kebanyakan desain mecha-nya macho banget meskipun pilotnya cewek. Di anime yang tayang di Fuji Television ini nggak begitu. Kehadiran Aphrodite A maupun Diana A, sebagai super-robot cewek seolah memberikan kesan kalau anime mecha nggak melulu soal cowok. Sampai sekarang, konsep super-robot cewek ini biasanya muncul dalam serial tokusatsu aja.

Memiliki patung di luar Jepang

Kehebatan robot dengan kokpit di kepala ini nggak cuma di Jepang. Kalau di Negeri Sakura punya Gundam skala 1:1, di Spanyol ada patung Mazinger Z di pinggiran kota Mas del Plata, Tarragona. Patung ini dibuat pada 1980 silam sebagai pintu masuk kota tersebut. Meskipun proyek Mas del Plata nggak selesai, patung super-robot ini masih kokoh berdiri di sana.

Keliling di Beberapa Negara

Untuk ukuran anime jadul, siapa yang sangka kalau Mazinger Z udah “jalan-jalan” keliling dunia. Di Eropa, super-robot ini pernah tayang di Perancis pada 1988, di Spanyol pada 1978, dan di Italia pada 1980. Bapak” anime mecha ini juga pernah tayang di Amerika (1985), Meksiko (1984), dan Filipina (1979). Di Indonesia, Mazinger Z hadir dalam format VHS dengan judul Red Shadow.

Well, itu dia sejumlah fakta unik yag bikin Mazinger Z dapat menjadi anime legendaris di Jepang, khususnya di dunia pop culture. Bahkan, di luar Jepang pun anime ini mampu menarik minat penonton, yang nggak sedikit. Luar biasa kan? Tertarik nggak sih buat nonton reboot/remake-nya tahun depan? Atau malah udah mulai streaming versi jadulnya?

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

1 0

Fakta Unik Yang Bikin Mazinger Z Menjadi Anime Mecha Legendaris

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0