Mengenal Tower of God; Manhwa Hits Yang Jadi Anime

Tower of God

Semakin populernya manhwa di seluruh dunia, membuat studio animasi di Jepang berlomba untuk mengadaptasi manhwa ke dalam anime. Serial anime yang tayang pada musim semi 2020, Tower of God merupakan adaptasi manhwa karya Lee Jong-hwi alias SIU.

Jika diterjemahkan, manhwa berarti komik. Sementara, untuk di luar Korea, istilah manhwa merupakan komik buatan Korea.

Tower Of God mengisahkan seorang laki-laki bernama Bam yang menghabiskan hidupnya di bawah sebuah menara. Bam hidup bersama cewek bersama Rachel yang mengetahui rahasia menara tersebut. Di dalam menara tersebut dipenuhi energi sihir yang disebut Shinsu dan juga beragam spesies makhluk hidup selain manusia. Menara ini memiliki sistem kasta yang ketat, di mana peringkatnya berdasarkan kekuatan dan kecerdasan.

Sebut aja manusia yang hidup normal di sekitar menara bernama Regulars, Rankers yang merupakan pemimpin kelas menengah dan yang terkuat 10 Great Families. King Jahad adalah penguasa menara dengan kehidupan abadi dan termasuk dalam 10 Great Families. Selain itu masih ada Irregulars yang hidup di luar menara.

Demi mencari Rachel yang masuk ke dalam menara, Bam membentuk tim bersama Khun Aguero Agnes, salah satu anggota 10 Great Families. Khun bergabung bersama Bam karena menurutnya Baam adalah orang yang menarik. Selain Khun, Baam juga ditemani Rak Wraithraiser, yang memiliki wujud reptil.

ALASAN TOWER OF GOD POPULER

Korean Wave alias Hallyu yang melanda banyak negara juga menjadi salah satu alasan kepopuleran Tower of God. Bahkan, manhwa ini lebih dulu populer di Jepang daripada di negara lain. Padahal semua paham kalau Jepang memiliki komik lokal yang juga nggak kalah mutunya.

Pada tahun 2013, Tower of God mendapat adaptasi game di Google Play. Nggak lama kemudian, game ini udah dimainkan lebih dari 100 juta orang. Imbasnya di 2015 pembaca manhwa sudah mencapai jumlah 5 juta orang setiap minggunya. Bahkan Tower of God juga merilis action figure yang diantaranya dijual dengan edisi terbatas.

Penggemar mengatakan bila Tower of God memiliki banyak unsur yang membuatnya menarik. Suguhan battle system yang rumit dan intens pertarungan menjadi salah satu hal menarik untuk diikuti. Kalau dari style gambar, manhwa ini selalu menyuguhkan detil pertarungan yang enak buat pembacanya. Hal inilah yang membuat fans di luar sana sangat menantikan adaptasi anime-nya.

Dilansir CBR, beberapa penggemar bahkan menyebutkan bila terdapat kemiripan cerita antara Tower of God dengan film Snowpiercer karya sutradara peraih Oscar, Bong Joon-ho. Keduanya mengambil kisah kelompok kelas bawah yang ingin melawan kelompok elit.

Tower of God akan menjadi serial yang mulai tayang pada 1 April, dengan penayangan serentak di Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat. Serial ini diproduseri oleh Rialto Entertainment, anak perusahaan Aniplex.

Cek untuk lebih banyak lagi asupan informasi tentang ANIME atau tulisan-tulisan lainnya dari Roisul Umam, Joyfriends!

Editor: Amos Anugrah

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

2 0