Mengenang Hiromi Tsuru, Seiyuu Bulma Selama 31 Tahun

Selamat jalan Hiromi Tsuru. (doc: Kotaku)

Kabar duka datang dari dunia anime khususnya Dragon Ball. Hiromi Tsuru, pengisi suara Bulma, meninggal dunia di usia 57 tahun. Dilansir dari ANN, penyebab meninggalnya pengisi suara yang memulai debutnya tahun 1978 ini belum diketahui. Sementara Oricon menyebutkan kematian Tsuru diakibatkan aortic dissection (robeknya pembuluh darah aorta).

Petugas kepolisian menemukan Tsuru tidak sadar di dalam mobilnya sekitar pukul 7.30 malam waktu setempat. Tsuru kemudian dibawa ke rumah sakit, tapi dinyatakan meninggal sesampainya di sana. Menurut pihak kepolisian, di lokasi ditemukannya Tsuru tidak ada tanda kecelakaan.

Kabar duka ini menjadi pukulan bagi fans Dragon Ball di seluruh dunia. Sejak debut, sudah banyak karakter yang diisi oleh Tsuru. Namun, dari sekian banyak karakter yang diperankan, Bulma-lah yang paling melekat padanya. Untuk mengenang beliau, dalam artikel ini kami bakal membahas perjalanan karir sang pengisi suara Bulma dalam 31 tahun terakhir ini.

PERJALANAN KARIR MENJADI SEIYUU

Hiromi Tsuru lahir pada 29 Maret 1960 di Hokkaido. Tsuru sudah penjadi seiyuu sejak usia 18 tahun. Tsuru memulai debutnya dalam anime Perrine Monogatari sebagai pengisi karakter utama Perrine Paindavoine. Anime ini berdasarkan novel berjudul En Famille karya Hector Malot.

Karir Hiromi Tsuru mulai menanjak ketika memasuki tahun 1980an. Dimulai dari anime Ohayō! Spank tahun 1981 sebagai Cat, sejumlah suara karakter dia isi termasuk Bulma dan Piccolo Jr. versi anak-anak dalam Dragon Ball tahun 1986 dan Dragon Ball Z tahun 1989 sebagai Bulma, Bayi Trunks, Bra (adik Trunks), dan juga Kaiō-shin Barat. Karir Tsuru di tahun 1980an ditutup dengan mengisi suara Ukyo Kuonji dan Kaori Daikoku dalam anime Ranma ½ Nettōhen.

Masuk era 1990an, Hiromi Tsuru hanya mengisi di 8 anime. Delapan anime tersebut  termasuk Dragon Ball GT sebagai Bulma, Bra, dan keturunan Bulma di episode terakhir serial tersebut. Tsuru juga mengisi karakter Undine di Monster Farm (Monster Rancher) dan Meryl Stryfe di Trigun. Kedua anime ini pernah tayang di stasiun TV di Indonesia.

Di tahun 2000an, sejumlah anime ternama juga menggunakan jasa Tsuru untuk mengisi suara karakter di dalamnya. Tercatat Tsuru terlibat dalam Detective Conan episode The Mysterious Retro Room Case sebagai Kuniko Yamamoto, Yubel dalam Yu-Gi-Oh! GX, dan Shakuyaku alias Shakky di One Piece. Karir di tahun 2000an ditutup dengan kembali hadir dalam Dragon Ball Kai sebagai Bulma, Bayi Trunks, Bra dan Kaiō-shin Barat.

Memasuki tahun 2010an, Hiromi Tsuru hanya terlibat dalam 4 anime. Ao no Exorcist sebagai Michelle, Chibi Maruko-chan sebagai Oyone, Saint Seiya Omega sebagai Pallas, dan Dragon Ball Super, tetap sebagai Bulma, Tights, dan Bra.

MENJADI SEIYUU DALAM GAMES DAN TOKUSATSU

Selain serial anime, Hiromi Tsuru juga pernah tampil dalam beberapa film anime layar lebar. Dari sekian banyak film layar lebar tersebut, film Dragon Ball-lah yang sering menyibukkannya.

Selain anime, ada juga karakter dalam video game yang pernah Tsuru perankan. Yang paling ikonik adalah Cobra series sebagai Utopia Moore yang dia perankan selama hampir 23 tahun. Selain itu, tentunya ia juga mengisi suara di game Dragon Ball sebagai Bulma. Tsuru juga menjadi seiyuu dalam Tekken 3 dan Tekken Tag Tournament sebagai Julia Chang, Ghost in the Shell sebagai Motoko Kusanagi, Metal Gear Solid dan Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots sebagai Dr. Naomi Hunter.

Enggak cuma itu, Hiromi Tsuru pun ternyata sempat merambah ke dunia tokusatsu. Dalam franchise Kamen Rider, Tsuru menjadi seiyuu dua kali yaitu dalam Kamen Rider Agito Movie sebagai Queen Ant Lord/Formica Regia dan Kamen Rider × Kamen Rider OOO & W Featuring Skull: Movie War Core sebagai pengisi suara Pteranodon Yammy (cewek). Sementara dalam franchise Super Sentai, Tsuru menjadi seiyuu dalam Engine Sentai Go-onger sebagai Banki (episode 38).

Kita tidak akan lagi mendengar lagi suara khas Hiromi Tsuru saat memerankan Bulma. Meninggalnya Hiromi Tsuru jelas akan berdampak besar terhadap serial Dragon Ball Super yang masih berlangsung hingga saat ini. Namun, siapapun yang menggantikan Tsuru, kita berharap karakter suara Bulma tidak berubah. Selamat jalan, Hiromi Tsuru.

 

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

1 0

Mengenang Hiromi Tsuru, Seiyuu Bulma Selama 31 Tahun

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

0 0