Mengintip Kekuatan Mazinger Z, Sang Robot Legendaris

Mazinger Z merupakan serial manga karya Go Nagai dan diserialisasikan di Weekly Shonen Jump mulai Oktober 1972 hingga Agustus 1973. Kemudian dilanjutkan di Kodansha TV Magazine dari Oktober 1973 hingga September 1974. Kesuksesan manga ini membuatnya diadaptasi menjadi serial anime sebanyak 92 episode yang tayang mulai Desember 1972 hingga September 1974.

Tahun depan, anime mecha legendaris ini akan kembali menyapa kamu. Film berjudul Mazinger Z: Infinity dibuat untuk memeringati 45 tahun Go Nagai dalam menciptakan Mazinger Z. Sebagai robot utama dalam film ini, mungkin kamu belum banyak tahu tentang robot legendaris ini. Seperti apa sih kekuatannya? Apa nanti di film terbarunya bakal ada upgrade kekuatan? Kami akan membahasnya satu per satu.

MECHA PERTAMA DENGAN SISTEM PILOT

Mazinger Z diciptakan Dr. Juzo Kabuto untuk melawan Dr. Hell dengan Mechanical Beasts-nya. Saat Dr. Kabuto tewas, sang cucu Koji Kabuto menjadi pilot robot ini dan melanjutkan misi sang kakek melawan Dr. Hell. Mazinger Z juga menjadi mecha pertama yang menerapkan sistem pilot untuk mengendalikan robot.

Konsep awal robot ini berasal dari robot Energer Z dan menggunakan sepeda motor sebagai pusat kontrol. Konsep ini sangat berbeda dengan mecha saat ini yaitu menggunakan pilder. Dengan kepopuleran Kamen Rider buatan Shotaro Ishinomori tahun 70-an, Go Nagai mengubah pusat kontrol dengan kendaraan terbang yang terinspirasi dari karyanya sebelumnya Demon Lord Dante. Nama Energer Z pun diubah menjadi Mazinger, yang diambil dari Bahasa Jepang majin yang berarti dewa iblis.

EQUIPMENT DAN SENJATA YANG MODERN

Meski Mazinger Z adalah anime jadul, tapi jangan remehin equipment di dalamnya. Semua equipment inilah yang menjadi cikal bakal robot mecha hingga sekarang. Bisa dibilang, Mazinger Z ini adalah bapak dari semua anime mecha. Lalu, apa aja equipment di dalam robot legendaris ini?

Hover Pilder

Statistik

Panjang: 5.6 meter

Lebar: 3.2 meter

Tinggi: 3 meter

Berat: 260 kilogram

Tinggi maksimal di udara: 10.500 meter

Kecepatan Minimal: 120 kilometer per jam

Kecepatan Maksimal: 3 Mach (3704,4 km/h)

Kekuatan: 20.000 tenaga kuda

Hover Pilder ini bertindak sebagai pusat kontrol dengan masuk ke dalam port di kepala robot tersebut untuk mengaktifkannya. Uniknya cara mengendalikannya mirip dengan sepeda motor. Hover Pilder ini juga dilengkapi semacam jet di bagian sayap agar bisa terbang dan mendarat dalam posisi vertikal. Dalam pertarungan Mazinger Zdengan Gusios βIII, Hover Pilder mengalami kerusakan parah dan digantikan Jet Pilder.

Selain itu, Hover Pilder juga memiliki equipment yang berguna yaitu:

– Pilder Beam: tembakan laser yang digunakan untuk mengalihkan perhatian musuh.

– Pilder Missile: misil yang digunakan untuk menyerang.

– Emergency Raft: Perahu keselamatan yang terpasang pada kursi pilot untuk tujuan keselamatan.

Jet Pilder

Jet Pilder merupakan pengganti Hover Pilder setelah mengalami kerusakan saat melawan Gusios βIII. Jet Pilder ini lebih cepat dan aerodinamis dibanding pendahulunya. Jet Pilder juga memiliki statistik dan equipment yang sama dengan Hover Pilder. Perbedaannya hanya dalam desain sayap dan memiliki baling-baling di bawah. Fungsi ini sangat berguna jika posisi Mazinger Z berada di belakang. Kaca spion juga ditambahkan dalam Jet Pilder. Selain mampu terbang dan mendarat dalam posisi vertikal, Jet Pilder juga mampu meluncur dalam sudut 90 derajat. Dengan fungsi pengendalian yang lebih modern dan tambahan senjata Koshiryoku Beam, membuatnya lebih kuat dari Hover Pilder. Karena kemampuan ini pula Emergency Raft dihilangkan dalam Jet Pilder.

Photon Rocket

Photon Rocket ada di bagian bawah kaki Mazinger Z. Dengan Photon Rocket, Mazinger Z mampu melompat 500 meter ke udara. Photon Rocket sering digunakan bersamaan dengan Oppai Missile System agar Mazinger Z bisa bertarung di udara melawan Mechanical Beasts. Fungsi ini kemudian digantikan Jet Scrander.

Jet Scrander

Didesain oleh Dr. Smith yang dipasang pada bagian punggung untuk memberikan Mazinger Z kemampuan terbang. Sayap Jet Scrander sangat tajam sehingga mampu memotong musuh saat terbang atau bisa juga digunakan sebagai senjata tambahan.

Fire Extinguisher

Cairan kimia di dalam mulut Mazinger Z yang digunakan untuk memadamkan api. Kemampuan ini hanya digunakan sekali pada episode 7.

Electromagnetic Wave

Fungsi Electromagnetic Wave dikeluarkan dari ujung jari untuk mematikan mesin musuh. Kemampuan ini digunakan saat melawan Blaster A7 di episode 77.

Anti-wave Barrier

Pelindung Mazinger Z dari gelombang ultrasonic. Kemampuan ini ditunjukkan di episode 85.

Missiles

Robot kurang lengkap tanpa misil. Begitu juga Mazinger Z. Di beberapa area tubuhnya, Mazinger Z memiliki misil untuk memperkuat serangan.

BAGAIMANA KEMAMPUAN MAZINGER Z DALAM FILM TERBARUNYA?

Dengan senjata yang disebutkan di atas, Mazinger Z rasanya udah cukup mumpuni dalam mengatasi musuhnya. Sejauh ini, belum ada info lebih lanjut mengenai kekuatan yang dimiliki Mazinger Z dalam film terbarunya. Dengan animasi yang lebih modern, tentu harapannya adalah wujud robot ini bakal lebih keren dengan tidak mengubah desain utama. Mungkin senjata yang baru digunakan sekali dalam anime-nya, bisa muncul lagi.

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

0 0