Mengulik Dunia Upside Down Stranger Things

Upside Down Stranger Things
Stranger Things bakal balik lagi. Simak lebih dalam yuk dunia ini! (doc. Netflix)

Dunia Upside Down emang nggak asing buat kamu yang ngikutin serial Stranger Things di Netflix. Namun apakah kamu benar-benar mengenal seluk-beluk dari dunia ini? Tentu membahas dunia yang ‘menyekap’ Will Byers selama season pertama ini menarik perhatian kami. Simak pembahasan kami tentang dunia Upside Down Stranger Things yang dihimpun dari berbagai sumber.

Sebenernya Upside Down itu apa sih?

Penampakan dunia Upside Down di Stranger Things musim pertama. (doc. Netflix)

Upside Down ini sebenernya bukan suatu tempat yang nyata, tapi sebenernya dunia ini merupakan dimensi lain dari kehidupan manusia. Kalo kata orang-orang, ini tuh parallel universe. Lokasinya persis kayak di dimensi manusia, tapi suasananya lebih kelam, lebih dingin, lebih berkabut, dan intinya lebih berbahaya ketimbang dimensi manusia. Nah, penduduk dunia ini adalah sekumpulan humanoid predator, ya sebangsa sama Demogorgon pastinya.

Kondisi alam di Upside Down penuh misteri

Chief Hopper lagi ngamatin sebuah telur di Upside Down. (doc. Netflix)

Kami nggak tahu secara pasti gimana persisnya kondisi alam di situ, itu biarin deh jadi misteri dunia itu sendiri. Namun, dari yang keliatan di season pertama, kira-kira kondisi alam di Upside Down begini:

  • Pandangan di sana begitu terbatas, dikarenakan kabut yang menyelimuti dunia tersebut serta spora yang menyebar di sekitarnya.
  • Gravitasi di dunia ini hampir sama kayak di Hawkins.
  • Upside Down cukup peka sama suara. Maksudnya, suara yang berasal dari Hawkins, bisa kedengeran dari situ. Jadi kayak ada efek gema gitu. Makanya Joyce bisa komunikasi sama Will.

Joyce ketika berkomunikasi dengan Will, yang lagi kejebak di Upside Down (doc. Netflix)

Teori tentang Upside Down

Tutorial exposing Upside Down bersama Mr. Clarke!

Menariknya misteri “dunia atas bawah” ini bikin Mike, Lucas, dan Dustin kewalahan buat mecahinnya. Maka dari itu mereka minta bantuan guru sains mereka, Mr. Clarke buat mecahin misteri dari dunia yang ‘menyekap’ Will selama season pertama ini. Dengan pengetahuan mereka tentang mainan Dungeons & Dragons, bocah-bocah ini dan Mr. Clarke akhirnya bisa nyimpulin bahwa:

  • Ketika Eleven melihat mainan Dungeons & Dragons, dia langsung membalik papan mainan tersebut dan nempatin pionnya Will di antara Demogorgon. Sebenernya Eleven lagi ngejelasin bahwa Will lagi terjebak di alam lain, yang nggak keliatan secara kasat mata, tapi secara nggak langsung berhubungan sama dunia mereka, persis kayak papan mainan itu.
  • Mike nganggep dunia yang menawan Will Byers ini sebagai dimensi alternatif dari alam manusia.
  • Mr. Clarke ngejelasin bahwa parallel universe sebenernya sama aja kayak dunia yang kita tinggalin pada umumnya, cuma bisa dibilang kalo kata kids jaman now, KW sekian. Nah, “dunia terbalik” ini termasuk KW kesekian itu.

Udah kebayang kan Upside Down Stranger Things kayak gimana? Sekarang kamu tinggal nunggu sampai tanggal 27 Oktober buat bisa nyelamin dunia ini lebih dalam lagi. Buat para fans setia Stranger Things, selamat menunggu! Buat yang baru ngikutin, selamat marathon season pertamanya, masih ada waktu sebulan lho!

Written by
An electronic music enthusiast. An avid pro-wrestling observer. An amateur photographer. You can check his photo journal on his Instagram. Oh, he's also a host/moderator for JoyPodcast.

Is the Story Interesting?

1 0