Panduan Nonton TV Series DC Comics

Kira-kira apa aja yaa serial tv yang diadaptasi dari DC Comics? Timeline yang mereka pakai apa terhubung satu sama lain?

DC Comics, selain dapat dinikmati cuma lewat bacaan, melebarkan sayapnya ke dunia perfilman. Entah itu animasi maupun live action. DC memang udah lama bikin animasi Justice League yang dibuat series. Selain itu, DC juga banyak buat animated movie, entah itu Justice League, Batman, Superman, Wonder Woman atau Teen Titans. Kini disusul oleh TV series DC Comics.

Beberapa tahun belakangan ada Arrow (Green Arrow), The Flash, Supergirl, Gotham, Constantine, dan yang nanti bakal tayang, Black Lightning dan masih banyak lagi lainnya. Sebagian orang masih banyak yang bingung buat mulai darimana untuk ngikutin serial TV tersebut. Termasuk kamu mungkin?

Supaya nggak bingung, alltimelines membahas TV series DC Comics mana yang harus ditonton lebih dulu. Khususnya serial-serial yang tayang di CW App. Yuk, kita bahas!

Constantine

TV series DC Comics dibuka oleh Constantine. Series ini bercerita tentang John Constantine, yang merupakan sosok seorang cenayang dan pembasmi iblis. Serial ini hadir di tahun 2014-2015 di channel NBC. Constantine sejauh ini cuma dibuat satu season aja dan belum ada kabar bakal dilanjut season baru atau nggak. Serial ini sebelumnya bertahan dan selesai dengan total episode yang nggak banyak, cuma 13 episode. NBC yang membatalkan buat season baru dari Constantine akhirnya berpindah tangan ke CW App, tapi yang jelas belum tahu kapan musim barunya akan tayang. Constantine sendiri dibintangi oleh Matt Ryan (John Constantine), Harold Perrineau (Manny), Angélica Celaya (Zed Martin), dan Charles Halford (Chas Chandler).

Arrow

Arrow atau Green Arrow yang sampai sekarang masih lanjut ke musim baru, udah tayang sebanyak 5 season dan bakalan lanjut ke season 6. Di setiap season-nya, Arrow hadir dengan 22-23 episode. Nah kenapa nih harus nonton Constantine dulu baru Arrow? Soalnya di salah satu season dan di beberapa episodenya ada yang bakal ikut crossover atau menghadirkan tokoh dari film yang berbeda. Arrow sendiri bercerita tentang Oliver “Ollie” Queen, anak orang kaya di Starling City dan terdampar di suatu pulau sampai akhirnya jadi seorang Vigilante di Starling City. Arrow sendiri diperankan oleh Stephen Amell (Olliver Queen), David Ramsey (John Diggle), Willa Holland (Thea Queen), Paul Blackthorne (Quentin Lance), Emily Bett Rickards (Felicity Smoak), Katie Cassidy (Laurel Lance), dan John Barrowman (Malcolm Merlyn).

The Flash

The Flash bercerita tentang Barry Allen yang harus tersambar petir sampai akhirnya jadi pahlawan di Central City ini udah tayang sampai 3 season di aplikasi CW, sama kayak Arrow. Tiap musimnya, The Flash tayang sebanyak 23 episode. Dan ada di beberapa episode yang di-crossover sama Arrow. Selain crossover, dunia yang diambil pun sama, yaitu Prime Earth. Alur waktu yang dimainkan juga sama, nggak bedanya. The Flash dibintangi oleh Grant Gustin (Barry Allen), Candice Patton (Iris West), Danielle Panabaker (Caitlin Snow), Carlos Valdes (Cisco Ramon), Tom Cavanagh (Dr. Harry Wells), Jesse L. Martin (Joe West), dan Keiynan Lonsdale (Wally West).

Supergirl

Sebelumnya, Supergirl ini nggak relate atau nggak ada sangkut pautnya sama DC versi CW. Soalnya Supergirl tayang di tempat yang beda yaitu di CBS, tapi di akhir episode, Supergirl yang waktu itu dirumorkan bakal diakuisisi sama CW akhirnya menghubungkan Supergirl dan The Flash. Kolaborasi yang dibuat kedua publisher berbeda ini menghasilkan 2 episode crossover yang masing-masing tayang di kedua serial.

Musim baru, Supergirl akhirnya berhasil diadopsi sama CW dan akhirnya banyak muncul crossover dengan serial TV lain. Tapi untuk Supergirl, dunia yang digunain beda sama Arrow atau pun The Flash. Supergirl ada di dunia multiverse. Supergirl dibintangi oleh Mellisa Benoist (Kara Danvers), Mehcad Brooks (James Olsen), Chyler Leigh (Alex Danvers), Jeremy Jordan (Winn Schott), David Harewood (J’onn J’onzz), Calista Flockhart (Cat Grant), Chris Wood (Mon-El), Floriana Lima (Maggie Sawyer).

Vixen

Vixen ini tayang per episodenya cuma beberapa menit dan nggak makan durasi banyak. Selain itu, Vixen ini animated series, beda sama serial CW lainnya. Gunanya tuh untuk memperkenalkan Vixen yang bakal hadir di salah satu episode Arrow. Ya supaya kamu nggak bingung sama asal-usulnya Vixen, sampai akhirnya diangkut sama serial TV CW lainnya, Legends of Tomorrow. Selain berdurasi pendek, episode Vixen juga nggak banyak kok, cuma 12 episode. Vixen sendiri punya beberapa pengisi suara yang di antaranya, Megalyn Echikunwoke (Mari McCabe), Anika Nani Rose (Kuasa), Stephen Amell (Olliver Queen), Emily Bett Rickards (Felicity Smoak), Grant Gustin (Barry Allen), dan Carlos Valdes (Cisco Ramon).

Legends of Tomorrow

Gabungan tokoh pahlawan dan beberapa musuh pahlawan ini dihadirkan sama CW. Tokoh yang tergabung dari yang sebelumnya berperan di The Flash ataupun Arrow dibuatkan acara sendiri. Legends of Tomorrow udah jalan sampai Season 3, menghadirkan karakter kayak White Canary/Sara Lance, Firestorm/Jefferson Jackson dan Prof. Martin Stein, Captain Cold/Leonard Snart , Heat Wave/Mick Rory , Vixen/Amaya Jiwe , The Atom/Ray Palmer, Rip Hunter, dan Steel/Nate Heywood. Mereka bakal membawa kamu melintasi arus waktu karena peran mereka sebagai Time Traveller dan berusaha mengatasi musuh yang mencoba buat acak-acak waktu.

Legends of Tomorrow juga harus diikuti barengan dengan serial DC versi CW lainnya. Ibaratnya kamu nggak bisa cuma fokus ke satu judul doang, harus bener-bener mengikuti keseluruhannya. Legends of Tommor pun dibintangi oleh Victor Garber (Martin Stein), Brandon Routh (Ray Palmer), Caity Lotz (Sara Lance), Franz Dammeh (Jefferson Jackson), Dominic Purcell (Mick Rory), Maisie Richardson-Sellers (Amaya Jiwe), Nick Zano (Nate Heywood), Arthur Darvill (Rip Hunter).

Gotham

Lain sama serial-serial sebelumnya yang diangkat sama streaming app, CW app, Gotham ini ditangani oleh FOX. Gotham yang udah masuk musim keempat ini dan bakal mulai lagi ke musim baru, dan menceritakan perjalanan Bruce Wayne dari kecil sebelum akhirnya ia menjadi The Dark Knight, Batman. Tone yang dimainkan di serial TV ini asik banget, nggak jauh sama yang film DC yang di layar lebar.

Kualitas serial TV ini juga nggak bisa diremehin gitu aja. Gotham cocok banget buat pecinta cerita Batman, apalagi ceritanya beneran dibuat dari awal mulanya. Gotham ini ceritanya murni dan nggak ada sangkut pautnya sama serial TV DC lainnya, memang ada beberapa karakter yang muncul tapi nggak ada sangkut paut secara ceritanya. Gotham dibintangi oleh Ben McKenzie (Jim Gordon), Donal Logue (Harvey Bullock), Robin Lord Taylor (Penguin), Cory Michael Smith (Edward Nigma), David Mazouz (Bruce Wayne), Sean Pertwee (Alfred Pennyworth), Erin Richards (Barbara Kean), Camren Bicondova (Seline Kyle).

Young Justice

Para side-kick jagoan utama DC yang tergabung jadi satu kelompok, harus menjalankan misi yang nggak gampang. Diadaptasi jadi serial TV animasi, Young Justice berhasil jadi tontonan favorit kalangan geeks. Setelah berhasil dibuat dan udah jalan dua musim, Young Justice akhirnya resmi dilanjutkan ke musim baru yang direncanakan tayang tahun 2017 ini. Serial TV ini cocok buat kamu yang suka peran para side-kick hero, kayak Robin, Nightwing, Superboy, Miss Martian, Kid-Flash, Beastboy dan lain-lain. Di setiap season-nya karakter yang ada nggak cuma itu-itu aja, pasti ada karakter baru dan timeline yang dimainin juga asik. Young Justice harus diikutin dari musim pertama dan serial TV ini nggak ada sangkut paut sama serial tv lainnya.

Smallville

Serial TV jadul yang mulai tayang di tahun 2001 ini menceritakan kisah perjalanan Clark Kent yang diadopsi sama keluarga petani, setelah Pod yang ia tumpangin terdampar ke bumi. Smallville akhirnya harus berhenti di Season 10 atau dengan jumlah total episodenya 218 episode. Smallville diisi sama banyak pemain seperti, Tom Welling (Clark Kent), Michael Rosenbaum (Lex Luthor), Erica Durance (Lois Lane), Allison Mack (Chloe Sullivan), Kristin Kreuk (Lana Lang), John Glover (Lionel Luthor), Annette O’Toole (Martha Kent), dan John Schneider (Jonathan Kent).

Black Lightning

Lagi dan lagi, CW angkat satu cerita asli dari DC Comics, Black Lightning. Black Lightning yang dijadwalkan tayang 2018 diperkirakan bakal satu universe sama serial DC versi CW lainnya. Karakter kulit hitam pertama yang dimiliki sama DC ini punya kekuatan bisa ngehantar listrik. Beda sama The Flash yang unsur utamanya Petir. Black Lightning sendiri bakalan diperankan oleh Cress WIlliams (Jefferson Pierce), Nafessa Williams (Anissa Pierce), China Anna McClain (Jennifer Pierce), dan Christine Adams (Lynn Pierce).

Powerless

Sebelumnya cerita yang berbasis Sitkom atau situasi komedi punya DC ini tayang di channel CBS, tapi harus berhenti di tengah jalan karena satu dan lain hal. Alur timeline yang digunakan bersangkutan sama DCEU biarpun cuma dampak atau efeknya aja. Para pemeran Powerless di antaranya ada Vanessa Hudgens (Emily Locke), Danny Pudi (Teddy), Christina Kirk (Jackie), Ron Funches (Ron), Alan Tudyk (Van Wayne), dan Jennie Pierson (Wendy).

Watchmen

Watchmen yang sebelumnya tayang di bioskop dan ditangani sama Zack Snyder bakal diangkat jadi sebuah serial TV sama HBO. Sayang untuk waktu kapan rilisnya belum ada kabar terkini.

Krypton

Terakhir ada Krypton yang bakal ditayangkan di Syfy. Namun masih belum jelas detailnya akan seperti apa TV series ini. Akan tetapi yang jelas bakal mengkisahkan Kryptonian dan lebih ke House of S. Krypton diprediksi bakalan tayang tahun 2018 nanti. Krypton nanti bakal dibintangi oleh Cameron Cuffe (Seyg-El), Georgina Campbell (Lyta Zod), Ian McElhinney (Val-El), Elliot Cowan (Daron-Vex), Ann Ogbomo (Alura Zod), dan Aaron Pierre (Dev-Em)

Jadi, secara keseluruhan alur dan timeline dari TV series DC Comics banyak yang bersangkutan. Seperti serial yang diangkat sama CW, pasti bakal dibuat crossover dan ada keterpautan satu sama lain tapi nggak semua serial TV-nya DC punya timeline yang sama. Lebih ke publisher yang menentukannya. Kira-kira dari banyaknya judul serial TV DC di atas, mana yang kamu ikuti? Siapa karakter favorit kamu di Justice League?

 

Written by
Comic makes you alive.

Is the Story Interesting?

3 2