Reboot Serial Shaman King Akan Tayang Tahun Depan

Reboot Shaman King

Situs resmi manga Shaman King karya Hiroyuki Takei mengumumkan pada 12 Juni bahwa manga tersebut mendapatkan adaptasi serial anime baru yang akan tayang pada April tahun 2021. Dilansir dari Crunchyroll dan ANN, Shaman King versi reboot ini bakal mengadaptasi 35 volume manga-nya.

Selain mengumumkan adaptasi anime, Kondasha selaku penerbit manga-nya juga bakal mulai menerbitkan kembali volume cetak mulai tanggal 17 Juni. Selain itu, serial anime sebelumnya akan ditayangkan ulang di Jepang pada layanan streaming di Full Anime TV dan Bonbon TV.

Kasus yang dialami Shaman King ini kurang lebih mirip dengan Fullmetal Alchemist Brotherhood dan Fruits Basket. Kedua serial tersebut tamat ketika manga-nya sedang on-going sehingga ending yang disajikan dalam anime beda dengan versi manga. Namun, Shaman King memiliki kasus yang lebih rumit. Dua tahun setelah anime-nya tamat, manga-nya tamat tiba-tiba dengan ending yang kontroversial. Bahkan, ending versi anime-nya dianggap lebih baik.

Shaman King merupakan seri manga karya Hiroyuki Takei. Serial ini mengisahkan seorang anak bernama Yoh Asakura yang bisa berhubungan dengan arwah. Yoh berlatih untuk mengikuti shaman fight yang diadakan setiap 500 tahun sekali. Yoh berniat menjadi shaman king, mendapatkan Great Spirit (Roh Agung), dan memimpin dunia ke arah yang lebih baik.

Anna & gabungan Hao-Yoh (doc. Kodansha)
Panel terakhir Shaman King Vol. 32 (doc. Kodansha)

Shaman King kemudian dibuatkan spin-off berjudul Funbari no Uta. Berlatar 7 tahun setelah akhir manga-nya dan mengisahkan Hana Asakura, putri dari Yoh dan Anna, yang berpetualang bersama Ryu. Spin-off ini disajikan di volume 32. Di ending-nya, terdapat sosok wanita (Anna), dan pria. Pria ini dianggap Hao atau Yoh. Hiroyuki Takei kemudian mengatakan kalau pria itu adalah gabungan keduanya.

Ketika manga-nya berakhir di volume 32, banyak anggapan kalau ending-nya tidak sesuai harapan. Namun, di bab terakhir terdapat gambar jeruk mandarin atau mikan dalam bahasa Jepang. Kode yang diberikan Hiroyuki Takei ini berarti ceritanya masih berlanjut.

Reboot Shaman King
cover Shaman King KanZenBan Vol.1 (doc. Kodansha)

Dalam sebuah interview di majalah Animeland, Hiroyuki Takei mengungkapkan bukan penurunan penjualan yang memaksanya menamatkan Shaman King. Namun, akibat kelelahan karena dirinya tidak bisa lagi memenuhi harapan fans. Menurutnya, Shaman King sudah kehilangan jati dirinya ketika memenuhi keinginan pembaca.

Dari pengalaman inilah, dirinya membuat ending sesuai keinginannya. Hiroyuki Takei kemudian merilis Shaman King KanZenBan (Perfect Edition). Manga ini berjumlah 27 volume yang berisi missing chapters dan true ending dari Shaman King.

Pada tahun 2017 lalu, Hiroyuki Takei lewat cuitan di twitter mengatakan versi reboot Shaman King udah direncanakan tapi menemui kendala.

“Jujur saja, ada diskusi soal remake ini, tapi… karena kami tidak bisa menggunakan para voice actor dan musik dari karya sebelumnya, saya menolak. Namun, saya menunggu kesempatan berikutnya.”

Sebelumnya, Shaman King hadir di era awal 2000-an. Saat itu, serial ini diproduseri oleh Studio XEBEC yang saat ini telah bangkrut. Serial ini sempat tayang di Indonesia di RCTI dan ANTV.

Cek lebih banyak asupan informasi bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Roisul Umam.

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

0 0

Reboot Serial Shaman King Akan Tayang Tahun Depan

Reboot Shaman King

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

0 0