Review Netflix Extracurricular : Hati-hati Sama Bae Gyu-ri

User Rating: 8.5
Dijamin lo akan baper sama Bae Gyu-ri walaupun udah ngancurin hidupnya Oji. (doc. Netflix)

First impression gue nonton Netflix Extracurricular itu sama kayak waktu nonton Descendants of the Sun. “Ini serial bikin baper!” gitu lah kira-kira. Sejujurnya gue melihat serial ini di-drive oleh karakter cewek yang punya strong personality.

Kalau Descendants of the Sun punya Kang Mo-yeon yang diperankan Song Hye-kyo. Nah, di Netflix Extracurricular ada Bae Gyu-ri yang diperankan pendatang baru Park Ju-hyun. Keduanya memiliki personality karakter yang kuat banget dan seiring berjalannya serial, perkembangan karakternya juga bagus dan unik.

Salah satu yang menurut gue pribadi ada kemiripan, yaitu di mana dua karakter ini sama-sama men-drive emosi penonton dan memainkan peran central di dalam serialnya. Instead of Yoo Shi-jin yang diperankan Song Joong-ki di Descendants of the Sun yang menjadi “motor” serialnya, justru buat gue Mo-yeon lah “motor”-nya.

Begitu pula dengan serial Netflix Extracurricular. Gyu-ri ibarat “playmaker” serial ini dan menentukan perkembangan karkater Oh Ji-soo yang diperankan Kim Dong-hee. Pasalnya, sedari awal memang kita melihat Oh Ji-soo atau Oji sebagai karakter utama yang akan memengaruhi jalannya cerita. Eh taunya selama ini memang yang jadi pemain pentingnya justru Gyu-ri!

Baca juga: TOMORROW X TOGETHER Rilis Mini Album The Dream Chapter: Eternity!

“Setelah ini review Netflix Extracurricular mungkin akan mengandung spoiler. Kalau nggak mau kena spoiler silahkan berhenti baca.”

Gyu-ri biang keladi, tapi…

Jadi gini. Netflix Extracurricular itu secara garis besar bercerita tentang seorang anak SMA bernama Oh Ji-soo yang bermimpi bisa kuliah dengan usaha sendiri. Dia adalah pelajar berprestasi di sekolahnya dan sedang mengumpulkan uang untuk bisa membayar kuliahnya sendiri. Karena ia kedua orang tuanya berpisah dan memiliki segudang problems.

One day, di tengah lamunannya di kelas ia melihat cewek yang ternyata satu kelas dengannya. Ya, dia adalah Bae Gyu-ri, cewek anak bos perusahaan entertainment, kaya dong, tapi dia lebih seneng gaul sama temen-temen sekolahnya yang middle class gitu deh.

Ah ya, jadi si Oji ini dalam usahanya mengumpulkan uang buat kuliah, dia bekerja “sampingan”. Dia jadi muncikari cewek-cewek untuk om-om senang. Tapi dia nggak pernah nongol di hadapan klien-klien, cuma sebatas lewat aplikasi dan bekerja sama dengan salah satu “bodyguard“, bernama pak Lee.

Suatu ketika, Oji dan Gyu-ri bertemu, tepatnya untuk sebuah kegiatan extracurricular. Kemudian ada momen di mana Oji ketahuan oleh Gyu-ri apa pekerjaan sampingan Oji. Smartphone yang dipakai Oji buat sampingan diambil oleh Gyu-ri dan setelah itu nasib buruk menimpa keduanya.

Bener-bener deh, andai Gyu-ri nggak segila itu dan senekat itu cuma buat diakui sama anak satu kelasnya, mungkin nasib Oji akan baik-baik aja. Serialnya gue harapkan sih akan berujung bahagia dan ada romantis-romantis kayak K-Drama lainnya.

Ternyata nggak!

Emosi gue dan lo yang nonton diombang-ambing. Antara mau maafin si Gyu-ri atas semua masalah yang menimpa Oji atau nggak. But in the end I forgave her. Apalagi mereka masih jadi remaja tanggung yang masih mencari jati diri.

Tapi ini serial gila banget. Gue jadi kebuka sama masalah-masalah kayak gini bisa terjadi di Korea Selatan. Karena denger-denger serial ini terinspirasi dari one of the real event lho. Dan apa yang akan lo lihat di serial ini cukup mencengangkan.

Ya mulai dari aktivitas si Oji yang jadi peranta penjaja seks komersial dan kliennya, kegilaan Gyu-ri yang nggak terbendung supaya Oji maafin kesalahannya, sampai another image anak SMA Korea Selatan yang gue kira akan lebih kalem ternyata sama aja bengalnya. Bahkan lebih parah, mereka berani buat ngajak ribu preman atau gangster setempat. Eh tapi gue nggak tahu kalau aslinya ada kayak gitu atau nggak ya.

Tapi bener-bener emang nih si Gyu-ri, dia bilang keladi dari semua masalahnya si Oji. But in the end she became someone who Oji wants to rely on. Ya itu lah kenapa akhirnya gue bisa memaafkan karakter Gyu-ri ini.

Isu mental health diangkat di serial ini

Di satu sisi gue juga ngelihat ternyata di Korea Selatan itu concern banget sama masalah mental health. Di serial ini gue jadi ngelihat kalau mental health pelajar tuh bukan sekedar hate speech yang mungkin selalu jadi highlight. Melainkan masalah hari-hari di sana juga sama aja.

Love storynya Netflix Extracurricular khas Korea banget, love-hate relationship gitu. (doc. Netflix)

Ya mulai dari bully verbal anak bengal, lo anak pinter tapi ansos, dan yang jelas masalah lainnya adalah karena ada di antara temen-temen yang ternyata punya kerjaan sampingan yang sangat “personal”. Ya emang ada banyak faktornya ya, tapi di serial ini lo jadi ngeliat perspektif lain soal masalah mental ini.

Pasalnya di setiap opening dan closing serial ini peringatan yang kurang lebih mengingatkan kalau punya masalah, jangan dipendem. Segera lapor ke pihak berwenang yang siap membantu lo menyelesaikan masalah lo. Ah ya, plus mengingatkan pemirsa alias penonton bahwa ini serial adalah kejadian fiksi, jadi jangan sampai setelah menonton serial ini malah menyerang aktor maupun aktrisnya.

Ya, kalau gue sih jujur-jujuran aja, setelah nonton Extracurricular jadi sayang sama Park Ju-hyun, hehehe… Serius ini serial bikin baper deh. Gue nggak bohong.

Baca juga: Lady Gaga dan Blackpink Kuasai Tangga Lagu Sejumlah Negara

Serial yang bagus, tapi ada bolong-bolongnya juga

Menurut gue apa yang bolong di serial ini lebih kepada sejumlah karakter second bahkan third tier yang tiba-tiba nggak tahu nasibnya ke mana di episode-episode akhir.

Contohnya kayak bokapnya Oji. Ke mana dia setelah si Oji ke rumahnya dan marah-marahin bokapnya yang nggak bisa balikin duit yang udah dicolong dari rumahnya Oji. Belum lagi sama pentolan PSK tempat karakter Seo Min-hee yang diperankan Jung Da-bin, yaitu Na Sung-mi. Setelah ketemu bos baru buat kelola kelompok PSK-nya, terus nggak ada bau-baunya lagi ke mana dia.

Anyway si Min-hee juga biang masalah sih… (doc. Netflix)

Belum lagi nasib si Kwak Ki-Tae yang diperankan Nam Yoon-soo, yang di episode akhir bales dendam sama Oji. Setelah pingsan dia ke mana nggak dikasi tahu. Ditambah polisi cewek rese yang menurut gue ngerjain tugas yang bukan ranahnya dia, ya itu lah si Lee Hae-Kyung yang diperankan Kim Yeo-jin.

Padahal lagi penasaran banget sama si Kwak Ki-Tae atau Kwakki yang tiba-tiba secara karakter bisa berubah banget di episode akhir. Bakal jadi sadis juga nih orang. Eh, abis itu ilang ke mana nggak tahu. Si Lee Hae-Kyung juga cukup penasaran sih, apakah in the end dia akan udahin aja kasusnya yang sebenernya kasus orang lain juga.

Pada akhirnya kita digantungin nih. Apakah cerita Netflix Extracurricular ini bener-bener selesai? Apakah Oji dan Gyu-ri akhirnya kabur ke luar negeri? Kita nggak tahu. Mungkin nanti di Season 2 akan terjawab. Itu juga kalau akhirnya beneran digarap.

Karena jujur aja, gue penasaran apakah si Min-hee akan lumpuh atau amnesia. Lalu apakah akhirnya si Oji dan Gyu-ri akan ena-ena, nggak tahu lah ya. Pokoknya memang kalau ada Season 2 gue akan nunggu banget.

Summary
Secara keseluruhan serial Netflix Extracurricular ini seru banget dan lo harus siap-siap baper deh sama Bae Gyu-ri. Meskipun endingnya kentang, ada chance kalau musim keduanya akan dibuat. Soalnya penasaran banget sama nasib dari Oji dan Gyu-ri nih.
Good
  • Aktor dan aktrisnya memainkan perannya dengan baik, sehingga penonton jadi terbawa suasana. Bahkan jadi baper!
  • Secara cerita cukup unik dan berbeda dari kebanyakan serial drama Korea yang ada beberapa tahun terakhir
  • Perkembangan dan pendewasaan setiap karakternya baik dan nggak terburu-buru
  • Bisa dibilang ini serial drama Korea yang Netflix banget. Kecuali untuk bagian nudity-nya ya.
Bad
  • Nasib karakter seperti ayah Oji dan Sung-mi nggak dijelasin akhirnya seperti apa di serial ini.
  • Background dari Oji kurang tereksplor secara lebih dalam
  • Preman di Banana sadis dan jahatnya nanggung. Bahkan ada beberapa scene di mana Mi-jung kayak nggak guna.
8.5
Great
Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

1 0

Review Netflix Extracurricular – Hati-hati Sama Bae Gyu-ri

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0