Dibalik Cerita Cheers From Rocket Rockers, Album Baru Rocket Rockers

Rocket Rockers, bersama V1mast dan Midnight Quickie berbagi cerita soal penggarapan album keenam mereka. (photo by Satria Perdana)

Kalau di tahun 2000-an awal kamu denger lagu BangkitPesta, atau Hari Untukmu, tentu kamu nggak mungkin lupa sama Rocket Rockers. Ya, band asal Bandung ini baru aja kembali menelurkan album baru berjudul Cheers From Rocket Rockers lho.

Perilisan album keenam band yang kini beranggotakan Aska (vokal/gitar), Lowp (gitar), Bisma (bass), dan Ozom (drum) ini dikemas dalam “konser” intim dengan Rocket Rock Friends (sebutan fans Rocket Rockers) di High Volume, Tebet, Jakarta pada Rabu (18/10) malam. Keintiman tersebut juga turut diramaikan sejumlah musisi yang turut terlibat di album baru Rocket Rockers, seperti V1mast, Hoolahoop, dan duo Midnight Quickie, serta teman-teman musisi lainnya.

Oh ya, menarik kalau melihat ada band lain yang hadir dalam perilisan album Cheers From Rocket Rockers kemarin. Soalnya memang album baru Aska dan kawan-kawan ini isinya didominasi oleh teman-teman musisi masa kini, yang mengaransemen ulang lagu-lagu lama band yang “lahir” 1999 lalu ini menjadi lebih catchy dan easy listening buat “kids jaman now”.

“Sebenernya (ide album ini) berawal dari banyaknya Rocket Rock Friends angkatan baru yang eksis di setiap gig Rocket Rockers dan beli merchandise, tapi ketika ngobrol dan ditanya soal lagu-lagu lama, mereka nampak ‘gagap’,” cerita Aska tentang awal mula ide album Cheers From Rocket Rockers.

Bermula dari hal itu, dalam meracik formula serta konsep untuk album keenam ini, Aska dan kawan-kawan berani mencoba sesuatu yang baru untuk mereka kerjakan.

“Nah, dari situ kepikiran buat ngangkat lagi lagu-lagu Rocket Rockers yang dulu, tapi dibawakan oleh teman-teman musisi dan band lain. Supaya musiknya kekinian, biar yang dengernya juga anak-anak kekinian. Juga, album ini bisa jadi nostalgia buat teman-teman yang dengerin Rocket Rockers dari album Soundtrack For Your Life,” lanjut Aska.

Mereka pun “turun gunung”

Berusia 18 tahun, justru bikin kuartet ini merasa jumawa atau asal pilih siapa yang pantas bawain lagu-lagu lawas mereka yang bisa dibilang lagu-lagu legend. Rocket Rockers pun tetap rendah hati dan nggak sungkan buat “turun gunung”, which is menghubungi sejumlah band muda untuk diajak menggarap album baru mereka ini.

Aska selaku frontman nggak sungkan untuk menghubungi band-band muda lebih dulu untuk diajak turut serta dalam project ini. Proses pendekatan dilakukan oleh sang vokalis kepada para musisi serta band yang ada di album Cheers From Rocket Rockers ini lewat media sosial.

“Hampir semua proses pendekatannya dilakukan di dunia maya, saya teringat pensi di awal 2000-an yang pengisi acaranya benar-benar dari beragam genre,” cerita Aska, tentang keseruannya melakukan pendekatan dengan band-band lain untuk album ini.

“Apalagi perkembangan jumlah band dan musisi keren makin banyak bermunculan. Setelah ditawarin alhamdulillah mereka mau support.  Selain mereka yang muda, hal lain yang bikin terharu, bisa dibilang 30% musisi lain yang ikutan di album ini ada juga yang seangkatan kami. Mungkin karena kami jalan sama label sendiri, hal-hal seperti ini bisa lebih mudah direalisasikan,” tambah Bisma.

Band Jepang juga ikut serta

Siapa bilang cuma band-band lokal yang ikut serta dalam penggarapan album yang menandai usia Rocket Rockers ke-18 ini. Ada juga nih band Jepang yang ikut serta, Four Get Me A Nots, yang di album ini membuat ulang It’s Just Another Holiday. Menariknya, justru  mereka lah yang menawarkan diri untuk turut serta dalam penggarapan proyek album ini.

“Jadi beberapa waktu lalu, ada band Jepang, Four Get Me A Nots, manggung di Bandung. Kebetulan ngobrol-ngobrol dan ngenalin diri gue dari Rocket Rockers. Ngobrol-ngobrol sama salah satu personilnya, eh ternyata dia dengerin lagu-lagu kita,” ujar Ozom dalam sebuah sesi tanya jawab dalam peluncuran album keenam mereka kemarin.

“Sampai akhirnya dalam satu obrolan, dia bilang pengen bawain lagu kita. Yaudah sekalian diajakin sekalian buat untuk album ini deh,” lanjut Ozom.

“Terus kita cariin juga lagu yang cocok buat mereka. Kebetulan mereka nanyain ada nggak lagu yang temponya cepet, sampai akhirnya kita pilihin It’s Just Another Holiday deh,” tandas Aska.

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.