Black Panther: The Album – Review: Soundtrack Terbaik 2018 Sejauh Ini!

User Rating: 9
Soundtracknya ini bener-bener bikin film Black Panther lebih hidup! (doc. Kendrick Lamar)

Okay, film Black Panther akhirnya menyapa para fans setia Marvel dan penikmat film di Indonesia pada Rabu (14/2) kemarin. Berbeda dengan film-film Marvel sebelumnya, saya tergugah dengan soundtrack yang ditawarkan oleh film karya Ryan Coogler ini. Kenapa saya berkata demikian? Karena Coogler mempercayakan project soundtrack film ini kepada…. Kendrick Lamar!

Alasan Ryan Coogler milih Kendrick sebagai otak dari pembuatan soundtrack ini karena menurutnya, tema artistik yang diusung oleh pelantun HUMBLE. ini sejalan dengan konsep yang ingin Ryan eksplor di film yang dibintangi oleh Chadwick Boseman tersebut. Ngeliat gimana proses kolaborasi dari Ryan Coogler dan Kendrick yang berperan sebagai kurator dan produser eksekutif dalam album ini bikin saya berekspektasi tinggi. Saya mutusin buat berkiblat pada DAMN. yang dirilis oleh Kendrick tahun lalu, yang kebetulan jadi album terbaik yang pernah saya dengar selama tahun tersebut.

Baca Juga :

Inilah impresi saya mengenai soundtrack dari film terakhir Marvel Cinematic Universe sebelum masuk ke Avengers Infinity War yang dirilis April mendatang; kamu boleh setuju atau nggak, karena user experience lebih penting hehehe…

The monumental ‘I Am T’Challa!’

Album soundtrack ini dibuka dengan Black Panther, di mana Kendrick memposisikan dirinya sebagai T’Challa dengan segala statement di setiap liriknya. Determinasi T’Challa dalam mengayomi Wakanda berasa banget di lagu ini. Kalimat ‘I am T’Challa!‘ yang diucapin di akhir lagu seakan jadi gong untuk denger album ini lebih jauh lagi. Sedikit fun fact aja nih, liriknya ngingetin saya sama gelar-gelarnya Daenerys Targaryen, tapi versi lebih lantang dan mantap pas diucap!

Lagu dan filmnya saling mengisi satu sama lain

Lagu-lagu di album ini menurut saya mewakili setiap elemen cerita dalam film ini sendiri. Contohnya Black Panther yang nunjukkin bagaimana determinasi T’Challa dalam memimpin Wakanda, The Ways yang ngegambarin kekaguman kepada Nakia, dan juga King’s Dead yang merupakan ‘ejekan’ dari Erik Killmonger kepada T’Challa. Baik lagu dan filmnya saling mengisi satu sama lain sehingga ketika didengerin, lagu-lagunya punya jiwa tersendiri.

Presentasi budaya yang sangat apik

Di album ini, Kendrick nggak cuma bekerja sama dengan rapper/penyanyi kenamaan seperti SZA, Future, The Weeknd, dan lain-lain. Pria kelahiran 17 Juni 1987 ini juga memboyong rapper/penyanyi lokal Afrika seperti Yugen Blakrok, Sjava, Reason, dan Babes Wodumo buat ikut mengisi album ini. Nah, strategi yang dilakuin sama Kendrick ini sukses bikin saya ingin pindah ke Wakanda! Saat ini juga!

Baca Juga : Lima Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Nonton Black Panther!

Kok gitu? Karena balutan budaya Afrika berasa kental banget di album ini. Apa lagi di lagu Redemption dan Seasons, disisipin lirik berbahasa Afrika di dalamnya. Saya ngerasa presentasi budaya yang ingin dilancarkan oleh tangan dingin seorang Kendrick Lamar sangat berhasil di album ini!

Bukan nggak mungkin bakal mengulang kesuksesan DAMN.

Dengan poin-poin yang disebut di atas, saya rasa bukan nggak mungkin album ini bakal mengulang kesuksesan DAMN. di mana pria asal Compton ini keluarin tahun lalu. Saya nggak bilang ini cuma aji mumpung doang loh; balutan budaya yang kental, kolaborasi yang nggak biasa, musik yang merepresentasi Wakanda banget, udah cukup jadi alasan bahwa Ryan Coogler nggak salah untuk mendaulat Kendrick Lamar sebagai kurator dari soundtrack film Black Panther. Upaya menjaga momentum DAMN. oleh Kendrick juga terlihat di album ini. Bisa dibilang, he keeps his genius move, and he’s unstoppable!

 

Summary
Black Panther: The Album ini merupakan sebuah representatif yang apik buat filmnya. Dengan fakta bahwa sutradara Ryan Coogler sejalan sama tema artistik dari Kendrick-nya sendiri, terbukti album ini sukses membawa suasana Wakanda secara utuh, nggak cuma asal masukin lagu doang. Dan juga, menurut saya baru kali ini Marvel ngeluarin soundtrack album yang kaya experience banget, dibanding film mereka yang lain seperti Guardians of the Galaxy misalnya.
Good
  • Ryan Coogler dan Kendrick Lamar berjalan seirama
  • Sukses mewakili filmnya secara apik
  • Dirancang bukan sekedar pengiring film Black Panther semata, tapi sebagai experience para fans Marvel buat mengenal Wakanda lebih dalam lagi
  • Soundtrack dengan pembawaan yang hampir sempurna di tahun ini
Bad
  • Ada beberapa jembatan antar lagu yang kurang ngegigit, tapi nggak begitu ngaruh sama keseluruhan albumnya
9
Amazing
Written by
Currently keeping up with WWE and RuPaul's Drag Race. And also, he bleeds Liverpool red.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>