Mantan Personil The Adams Meninggal Dunia

Kaka Retiara, keyboardist The Adams menghembuskan nafas terakhirnya pada (4/1) karena memiliki penyakit paru-paru. (doc: metrotvnews.com)

Belum seminggu memasuki tahun 2018,  kabar duka sudah terdengar di dunia permusikan Indonesia. Pada 4 Januari 2018, keyboardist The Adams Retiara Haswidya Nasution atau yang akrab dipanggil Kaka Retiara meninggal dunia. Seperti yang dijelaskan oleh Tempo, Kaka akhirnya menghembuskan nafas terakhir setelah melalui masa kritis melawan penyakit paru-parunya. Berita mengenai meninggalnya Kaka diinformasikan oleh The Adams melalui media sosial mereka, baik Instagram, Twitter, ataupun Facebook.

Ungkapan duka banyak disampaikan melalui rekan-rekan musisi, salah satunya adalah band indie Sore, yang juga merupakan sahabat Kaka sebagai sesama musisi.

The Adams sendiri adalah sebuah band power pop yang digawangi oleh Ario Hendarwan (gitar, vokal), Saleh Bin Husein alias Ale (gitar, suara latar), Pandu Fuzztoni (bass, suara latar), Gigih Suryoprayogo alias Kiting (drum, suara latar). Band yang terbentuk semenjak tahun 2001 ini asalnya memiliki nama “Lonely Band”, tetapi berubah menjadi The Adams karena asalnya seluruh personel band ini laki-laki. Setelah memasuki pasang surut anggota di dalamnya, Kaka yang asalnya personel tambahan untuk membantu di keyboard, bergabung saat pengerjaan album V2.05 (2006).

Sayangnya, setelah berjalan beberapa tahun kondisi kesehatan Kaka terus menurun sehingga ia tidak memungkinkan untuk selalu berpartisipasi  di berbagai event. Pada beberapa kesempatan, Kaka ikut manggung dengan The Adams, hingga panggung terakhir Kaka saat The Adams tampil di Gudang Sarinah pada 17 April 2016.

Beberapa film nasional seperti Janji Joni dan Quickie Express ikut melibatkan band ini untuk mengisi soundtrack mereka. Lagu-lagu populer seperti Konservatif  yang mengisi film Janji Joni ataupun Hanya Kau dari album V2.05 sempat meramaikan radio pada tahun 2005-2006.

Tribute to Kaka, beberapa postingan twitter dan stories Instagram The Adams (5/1) juga berisi kenangan-kenangan terakhir mereka. Selain itu, ungkapan duka nggak cuma diungkapkan oleh rekan sesama musisi, tetapi juga berbagai pendengar setia mereka.

Selamat beristirahat Kaka, sekarang Kaka udah nggak perlu ngerasain sakit lagi. Terima kasih untuk kontribusinya di kancah musik Indonesia.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.