Underground Bizniz Club X Juni Records, Ekspansi Genre dan Talenta!

(dari kiri-kanan) Dipha Barus, Ramengvrl, Raisa, Josh Kunze, Kunto Aji, dan Marco Steffiano saat jumpa pers di Juni HQ, Kemang, Kamis (22/2) lalu. (doc. Ramengvrl)

Kabar terbaru datang dari musik hip-hop di Indonesia. Kolektif hip-hop Underground Bizniz Club resmi bergabung dengan label Juni Records, bersamaan dengan solois pendatang baru Josh Kunze. Ya, bener banget, labelnya Raisa Andriana yang meroket namanya lewat Serba Salah itu.

Bergabungnya kolektif yang digawangi oleh Ramengvrl, Gbrand, dan Keilanboi ini jadi hal baru bagi label yang dibentuk sejak 2015 ini. Soalnya, seperti kita tahu, Juni Records sebelumnya sukses mewarnai musik Indonesia lewat artis-artis mereka seperti Barasuara, Kunto Aji, Dengarkan Dia (Ayudia Bing Slamet & Ditto Percussion), dan nggak ketinggalan ya si Raisa sendiri.

Dilansir dari detikHot, direktur dari Juni Records, Adryanto a.k.a. Boim ngeliat scene hip-hop emang lagi naik dan bakal terus berkembang ke depannya; jadi menurutnya Juni bisa jadi wadah baru buat talenta-talenta hip-hop Tanah Air.

“Dengan kerja sama ini, Juni Records melakukan ekspansi genre ke hip-hop. Langkah ini diambil karena selain memang ada talenta seperti Ramengvrl, Gbrand dan Keilanboi, hip-hop juga lagi menggebrak tren musik dunia, dan akan semakin berkembang lagi ke depannya,” katanya dalam wawancara di Juni HQ Bangka, Kemang, Jakarta Selatan.

Dengan adanya kerjasama ini, kami mulai menerka bakal kayak apa musik hip-hop lokal di masa depan. Kira-kira ini bayangan kami:

Hip-hop rises again!

Berlabuhnya UBC ke Juni Records jadi salah satu bukti bahwa musik hip-hop lokal udah mulai kembali diperhitungkan. Setelah Rich Brian sukses menggebrak pasar internasional, talenta baru hip-hop lokal mulai bermunculan, seperti contohnya Ramengvrl, A. Nayaka, Gbrand, NIKI, dan lain-lain.

Selain talenta-talenta baru, pemain lama genre ini juga mulai kembali unjuk gigi, seperti Saykoji yang baru aja ngerilis single terbarunya, Crisis minggu kemarin,

Fade 2 Black yang baru aja ngeluarin album perdana mereka akhir tahun lalu,

Serta Yacko yang berkolaborasi dengan DJ & produser Mardial dalam beberapa lagu, seperti Hands Off dan Spread Love yang juga berkolaborasi dengan Matter Mos.

Sejalan dengan Mardial, Dipha Barus juga merilis single bernuansa hip-hop yang berjudul Decide. Di lagu ini, Dipha menggaet Ramengvrl, A. Nayaka, dan Matter Mos buat ngisi vokal di lagu tersebut.

Dengan momentum hip-hop yang lagi di atas angin, bukan nggak mungkin kolektif sejenis UBC atau artis-artis hip-hop baru di Indonesia bakalan ikut terekspos sama label-label gede. Dan talenta-talenta hip-hop baru bakalan lebih diperhitungkan di masa mendatang. Secara, wadah buat mereka bakalan bertambah banyak dan terus berkembang. Selain itu, ini bisa jadi ajang buat nentuin karakteristik hip-hop di Indonesia bakal kayak gimana, sehingga hip-hop di Indonesia bakalan lebih keliatan ciri khasnya.

Peminat musik hip-hop lokal makin berkembang

(dari ki-ka) Ramengvrl, A. Nayaka, dan Matter Mos.

Berkembangnya musik hip-hop akhir-akhir ini juga punya pengaruh besar buat pendengarnya. Bisa dibilang, hip-hop udah mulai menjamah semua kalangan. Bahkan di antara mereka, ada juga yang nyoba buat bikin karya hip-hop mereka sendiri. Kita ambil contoh, Bocah Kampung yang dibawain sama Rapper Bunot.

Dengan makin banyaknya musisi hip-hop yang naik ke permukaan, para pendengar hip-hop di Indonesia bakal makin banyak pilihan, jadi mereka nggak terpaku sama Rich Brian atau musisi hip-hop lainnya doang. Selain itu juga komunitas penikmat musik hip-hop di Tanah Air bakalan semakin berkembang dengan banyaknya musisi hip-hop yang lahir lengkap dengan karakter yang pengen mereka bawa.

So, the conclusion?

Jadi, kesimpulannya adalah: Di 2018 mungkin bakal lebih banyak lagi talenta-talenta hip-hop baru yang bakalan muncul ke permukaan. Adanya kerja sama Juni Records dengan Underground Bizniz Club jadi tanda bahwa musik hip-hop udah mulai kembali diperhatikan dan diperhitungkan buat jadi genre papan atas musik Tanah Air kita. Kita lihat gebrakan apa lagi yang bakal dikeluarin sama Juni Records dan Underground Bizniz Club di tahun ini!

Written by
An electronic music enthusiast. An avid pro-wrestling observer. An amateur photographer. You can check his photo journal on his Instagram.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.