Kenalan dengan @rams_ands, Toyphotographer Pecinta Mainan S.I.C.

MIRROR WORLD, salah satu foto dari @rams_ands yang paling oke nih di Instagram. Keren kan? (doc. @rams_ands)

Penggiat toyphotography tentu biasanya bakal mem-posting foto-foto mainannya setiap jam 10 pagi atau jam 8.30 malam, lewat campaign harian yang biasanya di-post akun Instagram seperti @toypops2, @btstp_id, serta @toptoyphotos, maupun akun-akun toyphotography lainnya. Dalam setiap posting-an campaign tersebut, kamu tentu nggak asing dengan toyphotographer bernama @rams_ands lewat foto mainan S.I.C. andalannya di Instagram.

Baru-baru ini kami ngobrol dengan pemilik akun @rams_ands atau pemilik nama asli Rama Andika, cowok kelahiran Mei 33 tahun lalu ini. Cowok yang udah mulai bergelut di dunia toyphotography sejak 2006 ini terbilang rajin dan selalu mendapatkan apresiasi dari para penggiat toyphotography lainnya. Foto-foto mainan S.I.C.-nya tampil memukau, tajam, dan bener-bener merupakan hasil imajinasi banget deh.

Buat Rama, toyphotography membuat kita jadi seorang art director yang pegang kendali penuh atas apa yang muncul dan apa yang nggak dalam karya-karya kita.

Ah ya, mulai mengoleksi mainan sejak 2004, cowok yang hobi nonton film ini bisa dibilang kolektor mainan yang bernasib baik. Yang mungkin jarang di antara kolektor lain yang biasanya suka diomelin keluarga maupun dicengin temen.

Baca Juga :

“Sejauh ini belum ada protes atau apa dari keluarga. Sekarang pun istri mendukung aja hobi gue. Kita sebagai kolektor yang udah berkeluarga pasti paham prioritas terkait budgeting antara hobi dan keluarga,” ujarnya.

Penasaran lebih lanjut sama cowok yang identik dengan foto-foto S.I.C.-nya, kami pun mengulik ceritanya lebih dalam lagi lewat surat elektronik alias surel alias email. Simak deh obrolan kami di bawah ini, yang tentu bakal membakar semangat kamu untuk lebih kreatif dalam mendalami dunia toyphotography!

Ini dia si Rama Andika, pemilik akun Instagram @rams_ands guys. (doc. @rams_ands)

Dari sudut pandang lo, kenapa sih mainan itu menarik untuk difoto?

Gue melihat mainan (tertentu) sebagai suatu produk karya seni. Dibalik mainan-mainan itu ada orang yang mengkonsep, mendesain, mengukir, dan paint secara presisi. Nah produk semacam itu asik banget buat gue jadiin objek foto.

Kalau diliat-liat di akun Instagram lo, lebih banyak foto-foto mainan S.I.C., dari kapan mengoleksinya dan kenapa tertarik buat koleksi S.I.C.?

Koleksi S.I.C. sejak 2004. Alasan kenapa tertarik koleksi mainan S.I.C., karena obsesi jaman SMA dulu. Waktu SMA gue sering browsing di warnet (warung internet) dan nemu ada yang namanya S.I.C. Herosaga. Semacam booklet kumpulan foto-foto S.I.C. bernarasi lengkap dengan diorama set dan difoto secara profesional dengan lighting dan efek-efek fotografi.

Saat itu gue shock kagum dan kepingin suatu hari nanti bisa punya figure S.I.C. dan bisa motret seperti di booklet itu. Masuk dunia kerja, obsesi itu mulai terealisasi satu persatu sampai sekarang.

Menurut lo apa yang paling menarik dari mainan S.I.C.? Dan seri apa yang paling sering dibeli?

S.I.C. menarik karena konsepnya. Unik banget dan sesuai sama bertambahnya usia gue. Konsep yang mereka usung adalah super imaginative. Mereka mendesain ulang tampilan jagoan-jagoan klasik khususnya dari lini Kamen Rider, jadi terlihat lebih seram dan cocok untuk orang dewasa dengan detail sculpt yang bagus banget.

Paling sering gue beli Rider-Rider klasik era showa dan Rider-Rider utama era Heisei. Kadang Rider-Rider pendukung yang menarik juga gue beli.

Dari semua foto-foto lo di Instagram, kayaknya sering banget main visual/special effect. Kenapa memilih menggunakan visual/special effect di Instagram, nggak pakai natural aja?

Gue mengadaptasi konsep Tokusatsu, dari pengertiannya bisa diartikan “special effect” maka gue merasa perlu untuk memunculkan unsur special effects khas Tokusatsu melalui visual editing di foto-foto gue, supaya karakter-karakter yang gue tampilkan terasa authentic dengan aslinya. Metode editing juga gue pake karena gue merasa metode ini paling mudah dan praktis buat merealisaikan konsep-konsep yang mau gue tampilkan.           

#tcb_childtraining

A post shared by rama andika (@rams_ands) on

Berapa lama waktu yang dibutuhin buat lo bikin satu foto yang menggunakan visual/special effect?

Tergantung kompleksitas efek yang gue pakai. Kalau cuma nambah efek-efek khas paling sekitar 30 menitan. Kalau yang full scene semacam Rider Wwar sekitar setengah hari.

Pakai tools apa sih? Apakah di-edit-nya di smartphone atau di laptop?

Gue selama ini pake Adobe Photoshop Portable di laptop. Tapi kadang di-edit di Pics Art juga, tergantung mood.

Di fotonya kan ada beberapa diorama, itu bikin sendiri atau mesen?

Beberapa diorama buatan teman, ada juga yang pesan, dan ada juga yang pemberian orang yang seneng toyphotography.

Background-nya itu biasanya menggunakan apa sih? Foto yang ditempel karton atau diakalin lagi?

Gue pakai dua jenis background. Untuk shot-shot close-up yang sederhana gue pakai background yang di-print di kertas A3. Untuk foto-foto yang full action chaos gue pake background digital.

Menurut lo foto mainan yang oke dan bagus itu yang seperti apa sih?

Foto mainan yang bagus menurut gue adalah yang tidak absurd alias tidak terlalu melenceng jauh dari pakem source material aslinya. Kita boleh eksplorasi, tapi sebaiknya jangan kebablasan. Menurut gue toyphoto juga harus lebih dari sekedar taro, keker, jepret, belakangnya bokeh. Toyphoto yang bagus harus mateng secara konsep, eksekusi, post production, dan bercerita. Kalau unsur-unsur itu udah terpenuhi toyphoto akan lebih berbobot dan itulah toyphoto yang bagus.

Salah satu foto yang ikonik dari serial Kamen Rider Decade yang dibuat ulang Rama. (doc. @rams_ands)

Terakhir nih, kasih tips dong cara supaya foto-foto mainannya jadi bagus dan mendapatkan banyak apresiasi!

Konsisten dengan gaya foto kita, perdalam konsep, kuasai minimal 1 teknik fotografi  terus ikutan session harian international toyphoto deh, hahaha…

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>