Tips Memotret Mainan dari Toy Photographer Instagram @umam2830

Ini dia koleksi foto-foto toy photographer Instagram @umam2830 yang oke banget. Mau foto-foto mainan kamu seperti dia? Cek tipsnya nih! (doc. @umam2830)

Kamu hobi motret mainan, tapi nggak tahu dasar-dasarnya atau masih bingung mulai dari mana? Tenang, temen kita yang eksis di Instagram berkat deretan foto-foto SIC Kamen Rider-nya, @umam2830 atau akrab disapa Umam ini berbagi tips memotret mainan guys.

Tips yang diberikan cowok yang udah motret mainan sejak 2013 ini bisa banget kamu pelajari dan tiru, biar kamu hasil foto-foto mainan kamu bagus. Ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan sebelum memotret mainan, yaitu:

 

  • Konsep

 

Sebelum melakukan sesi foto, lebih baik  sehari sebelumnya kita membuat sebuah konsep. Entah itu temanya atau jalan cerita, sampai ke pose yang akan kita gunakan. Biasanya tergantung dari model figure yang kita foto nantinya. Contohnya seperti Monster Hutan, jadi ceritanya kita bikin seperti berada di hutan, ada pohon,ranting atau rawa-rawa.

“Kalau saya biasanya konsep atau cerita itu tergantung dari karakter atau ciri khas dari figure yang bakalan kita foto, tapi nggak menutup kemungkinan kita nggak mengikuti karakter si figure tersebut, ikutin saja imaginasimu,” kata Umam.

 

  • Properti

 

Hal yang sangat penting dan mendukung keberhasilan konsep yang kita tancang adalah properti yang kita gunakan. Contoh tema yang kita gunakan tadi Hutan, berarti kita harus mencari barang-barang yang bakal menggambarkan hutan.

“Saya pasti mencari ke jalan atau di hutannya langsung hahaha… Seperti dahan, bebatuan, atau bisa juga kita membeli diorama  yang udah dibikin oleh ahlinya.

Efek yang di jual seperti efek air, angin, api dan lain-lain juga bisa membantu,” sarannya.

 

  • Waktu

 

Setelah fix dengan tema atau konsep yang kita rencanakan dan segala sesuatu  kebutuhan pendukung sudah terkumpul, barulah kita mengatur waktu yang tepat.

Kalau  tema kita nggak ribet, misal cuma background gelap, waktu yang pendek sih cukup.

“Tapi kalau tema yang kita buat seperti yang saya katakan di atas, ada hutan dan segala macamnya, saran saya cari waktu yang lumayan panjang. Karena nanti kita akan sangat memakan waktu saat mendekorasi konsep yang sudah kita buat,” ujarnya.

 

  • Salah satu foto caem dari @umam2830 nih guys. Oke kan? (doc. @umam2830)

    Peralatan dan teknis

 

Jangan Lupa juga persiapkan peralatan teknis kita seperti kamera. Pastikan baterainya penuh ya! Peralatan lighting seperti lampu, flash jika diperlukan, biasanya menyiapkan kertas mika berwarna untuk membuat warna yang diinginkan juga perlu, tergantung konsep yang dipakai.

 

  • Persiapan terakhir, dekorasi

 

Setelah semuanya siap, barulah kita mendekorasi diorama. Letak-letak properti, posisi lighting, posisi si figure ini, semuanya disusun agar bisa sama dengan tema atau imajinasi yang kita pikirkan. Terakhir, jangan lupa pikirkan angle yang asik.

 

  • Ekseskusi

 

Semuanya sudah siap, tinggal melakukan sesi foto. Setting kamera, diafragma, ISO, aperture, disesuaikan dengan kondisi lapangan.

 

Itu dia tips memotret mainan dari toy photographer @umam2830 guys. Semoga bermanfaat dan bisa bikin feed Instagram kamu bagus!

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.