4 Konten Keren yang Cuma Ada di Popcon Asia 2017

Udah siap belum datang ke Popcon Asia 2017? Jangan lewatkan konten-konten keren ini guys!

Sebentar lagi kita bakal ketemu sama salah satu acara pop-culture paling ditunggu di Indonesia, Popcon Asia 2017! Kembali untuk keenam kalinya, Popcon tahun ini bakal berlokasi di Hall B Jakarta Convention Center pada 5 dan 6 Agustus 2017.

Tahun ini Popcon Asia bakal lebih keren dan lebih “Wah” dibanding tahun-tahun sebelumnya. Soalnya, tahun ini gelaran tahunan ini punya konten yang cuma ada di Popcon Asia 2017. Makanya jangan lewatin deh, konten-konten kerennya tahun ini! Seperti yang kami rangkum di bawah ini guys, konten-konten keren di Popcon tahun ini yang nggak boleh kamu lewatin…

Pop Connect dan berbagai macam Workshop

Apaan tuh Pop Connect? Sederhananya, Pop Connect ini semacam “biro jodoh” buat para kreator lokal dengan para publisher. Jadi buat kamu yang pengen berkecimpung di industri komik Indonesia, entah sebagai writer atau artist, bisa banget bawa karya kalian ke acara ini.

Bakal ada empat publisher yang ikutan dalam Pop Connect kali ini, yaitu Scroll Down Comics, Ciayo, Kosmik, dan Re-ON. Gimana, keren-keren kan? Oh iya, keempat publisher itu punya jadwalnya masing-masing ya, jangan sampai kelewat. Ini dia jadwalnya:

  • Scroll Down Comics : 5 Agustus 2017, 14.00 – 15.00
  • Ciayo : 5 Agustus 2017, 14.00 – 15.00
  • Kosmik : 5 Agustus 2017, 16.00 – 17.00
  • ReOn : 6 Agustus 2017, 16.00 – 17.00

Selain itu, ada juga berbagai macam workshop terkait industri kreatif, mulai dari bagaimana menjadi penulis yang baik, character design, cara meraih untung sebagai pembuat komik indie, dan masih banyak lagi. Kalian bisa liat jadwal lengkapnya di sini.

Power Ranger sampai Gaban beneran ada di sini!

Nah ini nih salah satu kelebihan Popcon Asia 2017 dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini Popcon dibanjiri oleh tokoh-tokoh pop culture ternama dari luar negeri! Antara lain Walter Jones alias si original Black Ranger dari Mighty Morphin Power Ranger; Yoshi dan Peter Sudarso, ranger biru dari Power Ranger Dino Charge dan Power Ranger Ninja Steel; serta Tooru Fujisawa, sang kreator dari manga terkenal Great Teacher Onizuka! Dan masih banyak lagi tokoh-tokoh pop-culture lainnya dari luar negeri, termasuk kembalinya Kenji Ohba alias Gavan original untuk kali keempatnya ke Jakarta!

Kalau menurut Grace Kusnadi, penggagas Popcon Asia dan CEO Popconinc, kehadiran tokoh-tokoh tersebut diharapkan dapat menghasilkan lebih banyak lagi kolaborasi antar segmen. Banyaknya bintang film yang diundang juga dikarenakan fokus utama Popcon tahun ini adalah industri film Indonesia.

Launching komik lokal NusaV (baca: Nusa Five)

Jagawana mana suaranyaaaaa!!?? Penantian kamu akhirnya berakhir di Popcon Asia 2017! Setelah absen dari belantara komik Indonesia selama hampir 3 tahun, Nusantaranger akhirnya bangkit kembali dengan konsep dan nama baru, NusaV!

NusaV sendiri merupakan hasil kolaborasi antara kreator Nusantaranger, Shani Budi dan kawan-kawan yang tergabung dalam tim Padma Pusaka Nusantara dengan Shogakukan Asia. Itu lho yang nerbitin manga terkenal macam Detective Conan, Doraemon, dan Pokemon. Kewl ya? Masih sama kayak Nusantaranger, NusaV juga masih mengusung konsep keragaman budaya di Indonesia.

Barangkali kamu belum tahu, Nusantaranger adalah komik superhero Indonesia yang dibuat oleh Shani Budi dan kawan-kawan pada 2014 silam. Bercerita tentang lima pemuda-pemudi Indonesia yang mendapatkan kekuatan dari lima  pulau besar di Indonesia.

Komik ini dengan cepat mencuri perhatian pecinta komik Indonesia, selain karena menggunakan konsep yang familiar (Power Ranger/Super Sentai), Nusantaranger digambar oleh salah satu komikus terkenal Indonesia, Sweta Kartika. Sayangnya, karena satu dan lain hal, Nusantaranger hanya beredar selama satu tahun dan harus berhenti setelah arc pertamanya usai.

Empat kompendium baru dari Kosmik

Nah, kalau yang ini buat para pembaca setia Kosmik. Di Popcon Asia 2017, Kosmik bakal merilis empat komik kompedium baru. Keempat komik itu adalah HeartXBreak vol. 2, 5 Menit Sebelum Tayang vol. 2, Flick Royale vol. 1, dan Bara vol.1. Beberapa komik ini bahkan udah bisa dipesan dari sekarang lho! Nih kami kasih sinopsis singkat soal keempat komik tersebut.

  • HeartXBreak bercerita tentang sekumpulan gadis yang memiliki kekuatan super yang kemudian dikenal dengan nama I.D.O.L. Nah, para I.D.O.L ini tinggal di Union Mandala, di mana mereka juga dilatih supaya bisa jadi superhero yang mampu melindungi masyarakat. By the way, tokoh-tokoh di HeartXBreak ini berasal dari idol group kenamaan itu lho~
  • 5 Menit Sebelum Tayang adalah kisah tentang Budi, seorang editor video dalam menghadapi tantangan dan tekanan sebagai bagian dari tim redaksi berita sebuah TV swasta. Buku ini cocok banget buat kamu yang pengen jadi wartawan di televisi, karena dinamika redaksi yang dihadirkan oleh Ockto Baringbing dan Matto itu udah real banget.
  • Flick Royale mengisahkan seorang anak kos bernama Romi yang terliibat dalam sebuah permainan misterius dan berbahaya bernama Flick Royale. Romi harus bertarung demi melindungi kost-kostannya, Cikarom 13 dari serangan Don Kusnoyo! Penasaran Flick Royale permainan kayak apa? Sok mangga dibaca komiknya biar nggak penasaran.
  • Yang terakhir ada Bara, komik adaptasi film dokumenter Banda: The Lost Forgotten Trail yang udah kami review di sini. Sama kayak filmnya, komik ini juga menceritakan sejarah kelam pulau Banda saat masih dijajah VOC pada abad 17.

Nah, itu dia 4 hal keren yang udah nunggu kamu di Popcon Asia 2017. Tentunya itu cuma sebagian kecil dari keseluruhan acara yang bakal berlangsung selama dua hari ini. Jadi, selamat bersenang-senang dan jangan salahkan kami kalau kamu khilaf jajan komik atau merchandise yang ada di sana!

Enjoy the parade!

 

 

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>