“Arjuna”, Kisah Pencarian Jati Diri dari Prasetiya Mulya

Kamu penggemar pertunjukan teater, Joyfriends? Kalau iya, dalam waktu dekat bakal ada satu pertunjukan yang nggak boleh kamu lewatkan lho! Para mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya akan mempersembahkan pertunjukan teater berjudul Arjuna!

Pertunjukan ini merupakan bagian dari event Sansekerta yang udah rutin diadakan oleh mahasiswa Prasetya Mulya sejak lima tahun lalu. Arjuna sendiri akan ditampilkan di Ciputra Artpreneur, Jakarta, pada 22 Juni 2019 mendatang.

Sesuai dengan judulnya, pertunjukan ini akan mengusung kisah perwayangan legendaris, Mahabharata, dengan berfokus pada kisah Pandawa Lima, terutama Arjuna. Yosua Andrew selaku Ketua Sansekerta menyebutkan pertunjukan ini akan menyoroti kisah hidup Arjuna dari seorang kesatria “ababil” hingga menjadi kesatria sejati. Yosua menjelaskan bahwa kisah tersebut sejalan dengan tema Sansekerta 2019, yaitu Courage and Humility.

“Kenapa kami mengangkat kedua tema ini? Karena kami melihat permasalahan di anak-anak muda saat ini adalah nggak tahu jati dirinya seperti apa,” ujar Yosua saat konferensi pers yang diadakan di Galeri Indonesia Kaya, Sabtu (4/5).

Lebih lanjut lagi, Yosua mengatakan kalau saat ini banyak anak muda Indonesia yang enggan mengakui kalau mereka belum mengetahui jati diri atau kelemahan-kelemahan yang mereka punya. Nah, melalui pementasan ini, Yosua dan kawan-kawan berharap penonton bisa melihat bagaimana sebuah proses pencarian jati diri yang baik.

It’s okay to feel weak. Yang penting adalah kita mau mengakui hal itu dan berani untuk mengambil langkah ke depan,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Reyhan Savero selaku penulis naskah menyebutkan bahwa kisah Arjuna dan saudara-saudaranya dipilih karena karakter-karakter tersebut udah dikenal banyak orang. Arjuna dinilai sebagai sosok paling tepat untuk menyampaikan value di atas kepada para penonton.

“Saya butuh karakter yang ‘dekat’ dengan para penonton. Saya menilai Arjuna-lah yang dikenal oleh banyak orang, walaupun mereka nggak tahu bagaimana kisah Arjuna itu sendiri,” jelas Rehan.

Biar kamu makin kebayang lagi kisah seperti apa yang akan ditampilkan, berikut ini sinopsis lengkapnya, JoyFriends:

“Terinspirasi dari salah satu kisah dari kitab Mahabharata yang juga dijadikan cerita dalam pewayangan di pulau Jawa, Arjuna mengangkat kisah perjalanan hidup para Pandawa 5 (Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa) dari sudut pandang Arjuna. Dimulai dari meninggalnya Prabu Pandu yang merupakan ayah dari kelima Pandawa ini hingga perang yang melibatkan para Kurawa. Melalui perjalanannya, Arjuna yang pada awalnya memiliki kesombongan diri tinggi kembali menyadari kelemahan-kelemahannya hingga akhirnya ia mampu menemukan jati dirinya sebagai seorang ksatria sejati.”

Ini dia penampilan sang Arjuna yang dperankan oleh Abednego. (doc: Jobs)

Pertunjukan teater Arjuna melibatkan kurang lebih 180 orang, di mana 75 di antaranya adalah para penampil yang akan naik panggung pada 22 Juni mendatang. Semua kostum dan lagu yang akan ditampilkan juga 100 persen karya orisinal para panitia lho, JoyFriends! Keren ya?

Tiket pertunjukan teater ini dihargai pada kisaran Rp99.000 hingga Rp329.000. JoyFriends bisa cek harga dan jadwal pertunjukan selengkapnya di sini.

Disutradarai oleh Markus Hardjanto dan dibintangi oleh Abednego sebagai Arjuna, pertunjukan teater persembahan mahasiswa Prasetiya Mulya ini akan naik panggung pada 22 Juni 2019 di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>