LAFF Festival, Kemasan Festival Musik yang Hampir Sempurna

Penampilan Yura Yunita bareng Reza Rahardian jadi salah satu penampilan yang paling ditunggu-tunggu di Hope Area (doc: Fira Mellyanti)

Jakarta, Joypixel.id – Nggak bohong deh, waktu pertama kali liat line up artist yang bakal manggung di LAFF Festival, ngeliatnya aja sampe merinding. Berbagai musisi yang ciamik banget seperti Andien, Yura Yunita (yang bareng sama RAN, Reza Rahardian, Teza Sumendra), D’Essentials of Groove, Raisa, Barasuara, sampai CL dan Brand New Heavies. Asli, ngelihatnya aja sampe sesak!

Waktu melihat rundown, bawaan malah mau nangis. Mulanya saya kira acara dimulai dari sore sampai tengah malam, but sadly I got it wrong. Venue yang membagi semua line up terpisah di tiga stage berbeda, dan sialnya beberapa musisi incaran saya diletakkan di panggung berbeda tetapi di waktu yang berdekatan.

Thanks God ternyata pembagian rundown yang saya kira gila banget ternyata nggak se-strict itu. Emang hampir mustahil kalo mau nonton semua performer, tapi tetep aja LAFF Festival really made my day.

Penampilan Andien Metamorfosa menjadi pembuka yang manis di Love Area (photo by Fira Mellyanti)

Kalau mau diulik dari stage, rasa-rasanya setiap stage punya karakternya sendiri yang sesuai banget sama tiap performer-nya. Misalnya aja, stage Love Area tempat Andien, Raisa, Anne Marie, dan CL manggung. Dramatis, tapi dengan penampilan Andien dengan cerita Metamorfosa-nya, ditambah video-video yang fun dan lighting yang ceria membuat panggung lebih hidup. Saat penampilan Raisa pun suasana yang awalnya fun jadi manis banget.

Kalau pindah lokasi ke Hope Area, memang nggak semegah panggung di Love Area. Tapi dengan ruangan yang nggak terlalu besar dan jarak antara panggung dan penonton yang nggak terlalu jauh bikin suasana jadi semakin hidup. Vibe yang menyenangkan dan agak oldies juga pas dengan disco ball yang nggak berhenti berputar. Baik saat D’Essentials of Groove ataupun Brand New Heavies saat manggung rasanya bikin panggung selalu hidup.

Pengaturan lighting di Passion Area emang nggak ada obat sih, keren banget. (photo by Fira Mellyanti)

Memasuki Passion Area, dengan lighting di belakang panggung yang magically bisa memberikan efek dramatis saat Barasuara tampil, sekaligus jadi vibe yang asik banget buat joget di penampilan Jevin Julian. Lighting di Passion Area emang nggak ada obat sih.

Buat hopping dari satu area ke area lain nggak pernah semenyenangkan ini sebenarnya. Karena kalopun kamu capek, panitia pengertian banget karena udah memberikan chill area di aula tengah, lengkap sama bean bag buat ngelurusin kaki.

Keseluruhan acara? Nggak usah ditanya, karena semua penampilan literally entertaining. Sayangnya, sempet ada teknis saat penampilan D’Essentials of Groove yang bikin bunyi ngiiiiiing kedengeran sampai beberapa kali. Untungnya, baik Angga dari Maliq & D’Essentials ataupun Teh Rieka Roeslan masih asik membawa suasana, jadi penonoton pun nggak ada yang berhenti goyang. Kendala teknis serupa juga sempet kejadian saat penampilan Barasuara, karena terdengar ada bunyi kmresek di tengah performance yang technically agak mengganggu di suasana yang sudah khidmat.

Lighting panggungnya bener-bener bikin suasana makin khidmat! (photo by Fira Mellyanti)

Selain itu, Yura Yunita tampil di awal-awal acara membawakan lagu Dua Lipa, New Rules, yang ternyata lagu ini juga dibawakan lagi sama Andini saat manggung bareng Jevin Julian. Sekalipun masing-masing membawakannya dengan karakternya masing-masing, but I think either one of them should change their playlist.

 

I enjoy (almost) everything that they offer. Area photobooth yang super lucu juga siapa sih yang bisa nolak? Sayangnya, adanya kesalahan teknis, ataupun adanya pengulangan lagu (yang saya rasa semuanya bisa diantisipasi dari awal) membuat LAFF Festival nggak sempurna seutuhnya. Mungkin tahun depan kalau digelar lagi persiapannya bisa jauh lebih matang, ya nggak?

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>