Pekan Sinema Jepang 2018 Disebut Jadi Cara Baru Mengenal Jepang

Para pemeran One Cut of The Dead berfoto bersama brand ambassador Pekan Sinema Jepang. (JoyPixel.id/Amos Prabowo)

Mengenal kebudayaan tidak hanya bisa didapatkan dari pembelajaran textbook yang tebal. Lewat film kita pun bisa mengenal kebudayaan dan itulah salah satu tujuan dari diadakannya Pekan Sinema Jepang 2018.

Selama 10 hari, dari tanggal 7 sampai 16 Desember 2018, Pekan Sinema Jepang (PSJ) 2018 digelar di CGV Grand Indonesia. PSJ di tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena masuk dalam rangkaian perayaan 60 tahun persahabatan Indonesia – Jepang. Maka dari itu ada total ada 36 film, mulai dari klasik samurai sampai ke animasi, yang diputar, menjadikannya sebagai festival film Jepang terbesar di Asia Tenggara.

“Saya bangga PSJ 2018 bisa menjadi ruang apresiasi sekaligus menjadi momentum untuk bertukar pikiran dan membangun jejaring antar Indonesia dan Jepang,” beber Dian Sri Nursih, Kepala Bidang Pengendalian dan Perizinan Film di Jakarta dalam konferensi pers yang diadakan di CGV Grand Indonesia,Jumat (7/12)

Menurut perwakilan Kementrian Pendidikan dan Budaya Republik Indonesia tersebut, film bisa menjadi media yang ampuh untuk menyampaikan pesan. “Penyampaian ideologi dalam buku bisa dituangkan dalam bentuk yang mudah dipahami oleh para sineas dalam bentuk yang sinematik melalui film,” jelasnya. Maka dari itu potret suatu bangsa pun bisa juga dilihat dari film.

Sejalan dengan itu, Toshiya Naito dari Agency for Cultural Affairs Japan juga menyatakan bila PSJ 2018 sudah dirancang sedemikian rupa agar masyarakat Indonesia bisa menikmati budaya Jepang secara kekinian.

“Anda bisa melihat kehidupan Tokyo di film The Tokyo Night Sky Is Always the Densest Shade of Blue, animasi ala Jepang di film-film Studio Ponoc dan film Godzilla¬†yang mewakili genre spesial effect ,” jelasnya.

Joyfriends bisa ngecek jadwal lengkap pemutaran film-film Pekan Sinema Jepang 2018 di sini.

 

Written by
Mulai mengenal pop culture dari manga Dragon Ball dan Doraemon, hingga dihancurkan secara mental dengan Evangelion. Sekarang mencoba bermain secara lebih kreatif di Joypixel.id.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.